6 Fungsi Berguna 'Mode Pesawat' di Smartphone

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by renderware, Mar 20, 2019.

  1. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Smartphone merupakan produk perkembangan dari ponsel yang memiliki banyak kegunaan dan fitur-fitur untuk mendukung kehidupan manusia agar lebih mudah. Jika dulunya ponsel hanya sebatas menghubungi via suara dan via surat elektronik, kini smartphone memiliki kelengkapan aplikasi yang memungkinkan kita untuk lebih mudah mendapatkan informasi atau juga berbisinis.

    Tapi ada banyak yang masih belum memiliki kepahaman terhadap fungsi-fungsi dari beberapa fitur yang ada. Misalnya saja fitur mode pesawat yang biasanya hanya digunakan ketika hendak take off saat memakai transportasi pesawat.

    Untuk Anda yang ingin tahu, berikut fungsi airplane mode di smartphone yang mungkin belum diketahui.

    [​IMG]

    1. Mempercepat Pengisian Baterai

    Fungsi mode pesawat di smartphone yang tak banyak diketahui orang yang pertama adalah mempercepat pengisian baterai. Selain dengan mematikan sistem smartphone, mengisi smartphone akan jauh lebih cepat dengan mengaktifkan mode pesawat tersebut. Ketika diaktifkan, airplane mode akan membuat seluruh jaringan internet tidak bisa digunakan (terhenti).

    Mencari jaringan adalah satu kegiatan smartphone yang memerlukan daya baterai, sehingga ketika kita mengisi daya seketika itu juga sebagian daya akan dipergunakan untuk kegiatan tersebut. Maka dari itu Anda perlu mengaktifkan airplane mode apabila menginginkan untuk mengisi daya smartphone dalam waktu yang singkat.

    2. Memperkuat Sinyal

    Ternyata fungsi mode pesawat di smartphone bukan hanya sekedar untuk melindungi perjalanan udara, namun juga untuk me-restart smartphone agar bisa menemukan jaringan smartphone yang lebih kuat. Ketika Anda mengaktifkan mode pesawat, maka jaringan akan terputus sehingga semua media yang menggunakan internet akan terputus dan akan kembali terkirim ketika mode pesawat dimatikan.

    Sesaat setelah dimatikan, maka ponsel akan berusaha untuk menemukan jaringan baru yang lebih kuat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan mode pesawat ketika hendak berpergian ke suatu daerah yang lumayan jauh dari tempat tinggal. Dengan begitu ponsel Anda akan lebih mudah untuk mencari jaringan baru yang lebih kuat dan dekat dari lokasi.

    3. Hindari Gangguan Notifikasi

    Anda pasti tahu kan, apabila mode pesawat diaktifkan maka seluruh notifikasi yang membutuhkan internet seperti pesan dan panggilan akan terblokir sementara. Semua pesan dan panggilan akan kembali terkirim ke smartphone ketika Anda mematikan mode pesawat tersebut.

    Jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin menikmati hari tanpa gangguan, maka Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut. Anda bisa mengaktifkannya ketika hendak tidur agar tidak terganggu akan suara notifikasi dari pesan teks, notifikasi aplikasi dan lain sebagainya.

    4. Menghemat Baterai

    Jika kita kebetulan berada di suatu perjalanan dan lupa membawa powerbank pasti kebingungan kalau smartphone tiba-tiba kehabisan daya, bukan? Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur airplane mode untuk menghemat baterai agar tidak boros.

    5. Mempercepat Kerja Smartphone

    Selain karena penuhnya memori smartphone dan beroperasinya aplikasi yang ada, smartphone juga menjadi lemot karena keluar masuknya lalu lintas jaringan. Dengan mengaktifkan mode pesawat maka seluruh kegiatan lalu lintas jaringan tersebut akan terhenti.

    Sesaat setelah lalu lintas jaringan tersebut berhenti maka smartphone akan bekerja jauh lebih ringan dan tidak akan kembali lemot. Usahakan untuk tidak terlalu menginstal banyak aplikasi agar smartphone tidak lemot kembali.

    6. Bermain Games Tanpa Gangguan

    Biasanya ketika bermain games akan ada media iklan yang akan muncul tiba-tiba dan mengganggu Anda ketika memainkannya, bukan? Dengan mengaktifkan mode pesawat, Anda tidak akan lagi mengalami gangguan dalam bermain games, seperti gangguan iklan karena seluruh sistem internet diblokir. Tentunya fungsi ini hanya bisa diaplikasikan ketika main game offline (tidak membutuhkan internet).

    Sekian~
     
Loading...

Share This Page