6 Langkah Jitu Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by CityDirectory, Dec 4, 2013.

  1. CityDirectory

    CityDirectory New Member

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Saat ini, bisnis kafe terbilang cukup potensial. Ya, karena tempat yang satu ini seringkali dicari sebagai tempat makan atau sekadar bersantai bersama orang-orang terdekat. Keuntungan dari usaha kafe juga sangat menggiurkan. Menurut informasi yang ada, keuntungan yang didapat dari mengelola makanan ini bisa mencapai 100% dari modal awal.

    Kini, untuk menarik perhatian konsumen, kafe-kafe yang ada pun berusaha keras menciptakan strategi pemasaran yang tepat dan cerdas. Lalu, langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan agar kafe Anda terus menerus dibanjiri pengunjung?

    Berikut kami informasikan 6 langkah pemasaran yang dapat Anda terapkan pada usaha kafe Anda, seperti dilansir dari ciputraentrepreneurship.com.

    1.Promosi Kafe ke Komunitas Tertentu

    Mengapa harus fokus ke suatu komunitas? Ya, komunitas tertentu seperti klub motor, klub sepeda, komunitas blogger dan lain sebagainya tentu terdiri dari banyak anggota. Pertemuan rutin yang mereka lakukan pasti membutuhkan tempat berkumpul yang “cozy”. Di sinilah peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial.

    2.Promosi dari Mulut ke Mulut (word of mouth)

    Promosi yang dilakukan secara konvensional ini memang terbilang kuno. Tapi percayalah, cara tersebut sangat ampuh untuk mengundang orang berkunjung ke kafe Anda. Jika kafe Anda mengusung tema tertentu dan menawarkan hidangan lain daripada yang lainnya, maka pengunjung yang pernah datang ke kafe Anda kemungkinan besar akan menginformasikannya kepada kerabat mereka. Hal-hal beda atau unik yang mereka ketahui dari kafe Anda akan mengundang rasa penasaran pastinya. Sehingga, mereka yang penasaran akan sengaja menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kafe Anda. Efektif bukan?

    3.Manfaatkan Layanan Short Message Service (SMS)

    Di era digital seperti ini, sayang sekali jika kita melewatkan manfaat dari teknologi yang ada. Maka, permudahlah pelanggan kafe Anda dengan layanan pesan antar makanan atau reservasi tempat. Pastikan kafe Anda memiliki nomor yang bisa dihubungi baik melalui telepon atau SMS. Dan ada baiknya jika nomor tersebut mudah diingat.

    4. Promosi di Media Sosial

    Media sosial sebagai alat komunikasi saat ini sudah sangat akrab dengan keseharian seseorang. Promosi melalui media sosial terbilang cukup efektif untuk memaksimalkan jangkauan sekaligus meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran.

    Ada baiknya lagi jika kafe Anda memiliki situs yang terus diperbarui kontennya, sehingga pelanggan tahu apa saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda.

    5.Terapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa)

    Pelayanan prima sangat diperlukan saat menghadapi pelanggan yang datang ke kafe Anda. Ya, pastikan setiap waiter yang bekerja di kafe Anda menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) kepada pelanggan yang datang. Hal ini membuktikan bahwa keramahan menjadi point plus dari kafe Anda.

    6.Ciptakan Menu Unik

    Dalam hal ini, pemilik kafe harus memiliki koki yang kreatif dan berani bereksperimen untuk menciptakan menu-menu unik atau tak biasa. Menu yang ditawarkan tentu saja merupakan hidangan-hidangan tertentu yang hanya bisa didapatkan di kafe Anda.
     
  2. ncang

    ncang Well-Known Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,335
    Likes Received:
    644
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Sekarang serba mudah, bisa

    Sekarang serba mudah, bisa melalui banyak media yang penting usaha dan berdoa *bagus*
    Tapi kalau prediksi jitu tersebut salah malah banjir beneran apalagi kalau musim hujan *ketawa4*
     
  3. CityDirectory

    CityDirectory New Member

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    ncang wrote:

    *bagus* *bagus*
     
  4. begyanggara

    begyanggara New Member

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap

    Terima kasih mastah langkah-langkahnya, siapa tau nanti mau buka kafe bisa menggunakan cara ini.
     
  5. downarea

    downarea Member

    Joined:
    Nov 5, 2013
    Messages:
    45
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ciptakan menu yang unik.. ini

    ciptakan menu yang unik.. ini nih..
    intinya mesti berpikir kreatif..
     
  6. CityDirectory

    CityDirectory New Member

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    begywahyuanggara wrote:

    AMIN kalo buka jangan lupa promo diskon 90% dulu ya, ntar pasti ane mampir om *jail*
     
  7. CityDirectory

    CityDirectory New Member

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    downarea wrote:

    Iya Gan Penting tuh, menu unik = konsumen ga bosen *belajar*
     
  8. royger

    royger Member

    Joined:
    Feb 15, 2013
    Messages:
    388
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    ncang wrote:

    *ketawa4* Musim hujan kayak sekarang ya,.. Strategi pemasaran memang penting,, yang gag kalah penting ya pelayanannya itu. *bagus*
     
  9. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    848
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Boleh juga nih kali aja ane

    Boleh juga nih kali aja ane mau bikin kafe *ketawa4*
     
  10. adi hasan

    adi hasan Active Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    783
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    saya tambahin,,,, promokan cafe kita di jasa buzzer twitter atau IG, pasti laris apalagi kalo makananya enak bgt...
     
  11. bespe

    bespe Active Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    923
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Usahakan lokasi cafe berada di pinggiran sungai ciliwung,.:D kalo kata pengusaha rumus bisnis kuliner ada 3 : 1. lokasi 2. lokasi 3. lokasi:D
     
  12. Marc99

    Marc99 New Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ada banyak trik yang bisa kita coba membuat kafe kita selalu ramai di kunjungi oleh para customer hahah salah satunya adalah lokasi. Nah kalau konsep cafe Anda oke, lokasinya salah. Sama saja bohong. Maka dari itu konsep cafe harus disesuaikan dengan lokasi cafe hehe kalau konsepnya anak muda, boleh buka di tempat kuliahan atau lingkungan sekolah.
     
  13. Intan Kirana

    Intan Kirana New Member

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bisa diterpakan ke warung kopi angkringan kayaknya nih, oke juga.
     
  14. sukmadinata

    sukmadinata Member

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    56
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    kenyamanan tempat juga berpengaruh sama pengunjung dan coba di kasih live akustik gitu, bisa juga itu buat menarik pengunjung
     
  15. miftah09

    miftah09 New Member

    Joined:
    Jun 30, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah kalau cafenya mau dikunjungi banyak orang tentunya kenyamanan tempat juga akan jadi alasan utama. Jangan sampai cafenya punya bangunan yang atapnya tidak tahan panas, nanti yang ada pengunjungnya tidak betah karena cafenya jadi tidak nyaman.
     
  16. antonsunaryo

    antonsunaryo New Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tambahan lagi, daftarin menu ke Go Food, makin booming layanan ini dikota-kota besar
     
  17. Bimmaz

    Bimmaz New Member

    Joined:
    Sep 26, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dari beberapa cara diatas mungkin yang cara yang paling cepat adalah promosi lewat social media. Mau itu foto kafe nya atau menu-menu dapat dipost. Contohnya instagram dapat dimanfaatin.
     
Loading...

Share This Page