6 Langkah Strategi Masuk Kuliah yang Harus Diketahui Anak SMA

Discussion in 'Education' started by ninabobo, May 3, 2018.

  1. ninabobo

    ninabobo Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pada awal tahun, biasanya banyak siswa kelas 12 & alumni SMA/sederajat yang mulai berpikir untuk masuk kuliah. Bagi mereka yang udah ngebet banget untuk masuk kuliah, segala upaya akan dilakukan untuk mencapai tujuan tsb. Tapi dalam upaya mencapai tujuan ini, para calon mahasiswa ini seringkali dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan yang membingungkan, contohnya seperti:

    • Saya cocoknya berkuliah di jurusan apa?
    • Universitas yang bagus di Indonesia ada apa saja sih?
    • Ada apa aja sih jalur penerimaan masuk mahasiswa di Indonesia?
    • Sebaiknya cara masuk universitas A itu lewat jalur seleksi apa ya?
    • Bagaimana taktik menentukan urutan pemilihan jurusan ketika daftar SNMPTN/SBMPTN?
    • Apa saja indikator dalam menentukan urutan prodi dalam pendaftaran SNMPTN/SBMPTN?
    • Apakah passing grade itu adalah tolak ukur yang akurat untuk memprediksi persaingan calon mahasiswa?
    … dan masih banyak pertanyaan lain yang biasanya membingungkan bagi para calon mahasiswa. Tidak jarang banyak peserta seleksi masuk universitas yang gagal, hanya karena kurang informasi. Oke intinya sih, semua pertanyaan di atas akan gua jawab dalam tulisan ini. Jadi bagi lo yang mau masuk kuliah, harap disimak baik-baik tulisan ini karena isinya penting banget.

    Buat lo yang lebih memilih untuk membaca, daripada nonton video, lo bisa lanjutin baca artikel ini. Pada intinya isinya sama aja kok. Oke pada artikel ini, gua secara khusus akan membahas seluruh tahap-tahap atau langkah-langkah strategis untuk masuk universitas. Secara umum, gua membagi menjadi 6 langkah:

    1. Langkah 1: Tentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni
    2. Langkah 2: Tentukan beberapa PROGRAM STUDI yang mendukung bidang ilmu yang kamu pilih
    3. Langkah 3: Cari tau PERGURUAN TINGGI yang menawarkan program studi tersebut
    4. Langkah 4: Tentukan JALUR SELEKSI yang akan ditempuh untuk masuk universitas
    5. Langkah 5: Petakan TINGKAT PERSAINGAN dari alternatif prodi yang diminati
    6. Langkah 6: Optimalkan Peluang Penerimaan di setiap jalur seleksi
    Dengan menerapkan 6 langkah yang gua bahas di sini, gua harap lo akan punya perencanaan dan strategi yang lebih matang untuk mengoptimalkan peluang lo untuk bisa masuk kuliah.

    Sumber
     
  2. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    571
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Jadi keinget dulu saya di tolak SNMPTN yang BIDIKMISI.. padahal sudah berusaha cukup keras *merana* Nilainya juga nggak jelek jelek bgt .. seharian nangis sampe mata bengkak.. giliran minta SBMPTN nggak dikasih izin sama ortu .. Alhamdulilah sekarang sydah lebih baik .. Alhamdulilah
     
  3. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    381
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    lulus kuliah aja dah seneng guaa..hhhh
     
  4. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,189
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kuliah memang yang paling pas sesuai bidang yang kita senangi, jangan sampai kita kuliah dengan jurusan yang kita tidak suka, bisa putus di tengah jalan
     
  5. GaluhRama

    GaluhRama Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    142
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Nah langkah pertama itu penting banget tuh! jangan sampai salah jurusan.. sayang uangnya :D
     
Loading...

Share This Page