6 Pantangan Makanan Bagi Penderita Pengapuran Tulang

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 15, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    396
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Kesehatan tulang memang perlu dijaga supaya tidak menderita berbagai macam penyakit tulang. Terlebih lagi jika anda sudah menderita beberapa kelainan pada tulang, seperti pengapuran, patah tulang, pergeseran, peradangan, atau kelainan tulang lainnya.

    Banyak hal yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan tulang tersebut, salah satunya adalah menjaga pola makan dan juga menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga.

    Menghindari pantangan makanan pengapuran tulang dan mengkonsumsi makanan untuk kepadatan tulang merupakan sebuah cara agar tidak terjadi pengapuran tulang yang semakin parah. Berikut ini adalah beberapa Pantangan Makanan Bagi Penderita Pengapuran Tulang, diantaranya :

    1. Garam

    Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan sel akan menahan air, hal ini tentu saja sel akan mengalami pembengkakan. Jika sodium yang ada pada garam dikonsumsi secara berlebihan, maka akan dapat memicu inflamasi atau peradangan.

    Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada sendi.

    Agar dapat menghindari atau mengurangi asupan garam, cobalah untuk menggantikan bahan bumbu makanan ini dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Hal tersebut akan lebih sehat dibanding dengan garam serta dapat menguatkan rasa makanan jika menggunakan rempah-rempah.

    2. Tepung Putih

    Tepung gandum atau bukan gandum utuh akan dapat merangsang respon inflamasi pada tubuh. Oleh sebab itulah mengkonsumsi makanan olahan seperti sereal, roti, dan pasta dapat membuat sakit akibat pengapuran tulang yang semakin parah.

    Supaya menghindari hal tersebut, disarankan untuk menggunakan tepung gandum yag utuh, hal ini juga berlaku untuk biji-bijian lainnya. Kemudian, hindari juga mengkonsumsi roti terlebih lagi yang mengandung gluten dan ragi dalam makanan ini dapat mempengaruhi rasa sakit akibat arthritis.

    3. Produk Olahan Susu

    Mengkonsumsi produk yang dibuat dari susu seperti keju akan dapat menyebabkan peradangan dan memicu timbulnya arthritis. Menurut sebuah studi yang dilakukan, ditemukan bahwa penderita arthritis yang menghindari produk susu hewan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada kesehatannya.

    Maka dari itu, coba ganti susu dengan sumber lemak yang rendah dan juga sehat, seperti susu flax ( terbuat dari biji rami ) atau susu almond. Selain itu, pastikan juga anda menghindari kandungan karagenan ( pengenyal alami ) pada produk susu, karena zat adiktif yang berasal dari rumput lau ini akan dapat menyebabkan gejala gastrointestinal dan melemahkan permeabilitas usus.

    4. Alkohol

    Mengkonsumsi minuman beralkohol memang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terutama bagi penderita pengapuran tulang, hal ini sudah sangat tidak dianjurkan secara langsung oleh para ahli. Meminum minuman beralkohol seperti bir akan dapat memperburuk arthritis karena mengandung purin yang tinggi di dalam minuman alkohol komersil. Efektifitas obat akan menurun jika terjadi interaksi antara obat arthritis dengan minuman beralkohol di dalam pencernaan.

    5. Gorengan

    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh The Arthritis Foundation diketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya seperti donat dan kentang goreng dapat meningkatkan peradangan pada tubuh dan memperburuk gejala dari pengapuran tulang. Biasanya, reaksi kimia di dalam tubuh yang disebabkan oleh minyak yang kurang sehat yang digunakan untuk menggoreng juga dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam aliran darah.

    Maka dari itu, konsumsi makanan yang direbus atau pun dipanggan tanpa menggunakan tambahan minyak. Jika minyak memang sangat dibutuhkan di dalam masakan anda, coba untuk menggantinya dengan minyak zaitun atau minyak alpukat.

    6. Asam Lemak Omega-6

    Pernah mendengar asam lemak omega-6 ? Mungkin hanya sebagai orang yang mengetahui hal ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menyatakan bahwa penderita pengapuran tulang harus membatasi asupan makanan yang mengandung asam lemak omega-6, seperti yang ada pada daging merah dan kuning telur.

    Kandungan lemak jenuh ini akan dapat meningkatkan peradangan pada tubuh, sehingga dapat memperburuk kondisi dari Osteoarthritis. Maka dari itu, ganti makanan yang mengandung omega-6 ini dengan makanan yang kaya akan omega-3 seperti kacang almond, teri, dan juga salmon.
     
Loading...

Share This Page