6 Penyebab Kartu KIS Kenapa di Non Aktifkan

Discussion in 'Health & Medical' started by kalicindil, Apr 17, 2021.

  1. kalicindil

    kalicindil New Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kartu KIS merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Kartu KIS ini mengutamakan masyarakatnya yang kurang mampu sesuai dengan data Dinas Sosial Setempat.

    Untuk iuran bagi penerima kartu KIS yang diberikan langsung dari pemerintah nantinya akan ditiadakan dan akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Namun peserta kartu KIS hanya akan diberikan sebuah layanan kesehatan hanya di kelas 3 saja, hal ini memang berbeda dengan peserta mandiri yang bisa memilih kelasnya sesuai dengan kemampuannya.

    Namun masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan kartu KIS dan kartu BPJS. Sebenarnya, kartu KIS merupakan kartu yang ditujukan kepada masyarakat kurang mampu dan untuk biaya iurannya ditanggung pemerintah, sedangkan kartu BPJS Kesehatan merupakan kartu yang ditujukan untuk masyarakatnya yang mampu dan harus membayarkan iuran pada setiap bulannya sesuai kelas.

    Nah pada kali ini kami akan membahas tentang penyebab kartu KIS-mu di non aktifkan dan cara mengaktifkannya kembali. Ada beberapa hal yang bisa membuat kartu KIS-mu di non aktifkan. Maka dari itu dibawah ini kami akan membahasnya untuk kamu semua. Perlu menjadi catatan bahwa untuk kartu KIS Hilang maka caranya untuk mendapatkan kembali sama seperti cara aktifkan kembali KIS yang saya beritahukan disini.

    Penyebab Kartu KIS di Non Aktifkan
    Penyebab-Kartu-KIS-di-Non-Aktifkan.jpg

    Jika kartu KIS yang kamu miliki di non aktifkan, maka kamu tidak dapat menggunakan kartu tersebut untuk layanan kesehatan. Kartu KIS di non aktifkan juga ada penyebabnya, dibawah ini ada beberapa penyebab kartu KIS yang kamu miliki di non aktifkan.
    1. Peserta PBI Jaminan Kesehatan sudah berubah status menjadi mampu.
    2. Peserta PBI Jaminan Kesehatan sudah berubah menjadi pekerja penerima upah.
    3. Peserta PBI Jaminan Kesehatan sudah meninggal dunia.
    4. Peserta PBI Jaminan Kesehatan memiliki data ganda.
    5. Peserta yang terdaftar sudah lebih dari satu kali.
    6. Peserta yang terdaftar berada di luar PBI Jaminan Kesehatan.
    Cara Cek Kartu KIS Melalui Aplikasi

    Jika kamu ingin tahu apakah kartu KIS yang kamu miliki aktif atau tidak, kamu bisa melakukan pengecekan melalui ponsel yang kamu miliki di aplikasi Mobile JKN. Jika kamu bingung maka kami akan jelaskan langkah-langkahnya dibawah ini.
    1. Download terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN di Play Store.
    2. Bukalah aplikasi Mobile JKN yang sudah kamu download.
    3. Lalu pada halaman utama pilihlah menu Pendaftaran Pengguna Mobile.
    4. Isilah formulir yang disediakan meliputi Nomor Kartu BPJS, No KTP/NIK, Tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, Password, Konfirmasi Password, Nomor HP, dan juga Email dengan tepat dan benar.
    5. Jika semua sudah diisi maka pilih menu Register.
    6. Dihalaman ini pilihlah menu Peserta.
    7. Jika kamu sudah memilih menu Peserta maka kamu akan diperlihatkan semua anggota keluargamu yang memiliki kartu KIS. Disitu kamu bisa melihat apakah kartu KIS yang kamu miliki masih aktif atau tidak. Untuk kartu KIS yang masih aktif biasanya memiliki warna hijau, sedangkan yang sudah tidak aktif akan berwarna merah.
    Cara Mengaktifkan Katu KIS yang sudah Tidak Aktif

    Jika kamu ingin mengaktifkan kartu KIS-mu kembali, kamu hanya perlu mendatangi kantor BPJS terdekat. Kamu hanya perlu mengkonfirmasikan kepada pihak BPJS atas masalah pada kartu KIS-mu. Biasanya pihak BPJS akan menyuruh kamu harus menunggu selama kurang lebih satu minggu agar kartu KIS dapat aktif kembali.

    Kesimpulan

    Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kartu KIS yang sudah tidak aktif. Setiap kartu KIS yang di non aktifkan pasti ada penyebabnya, untuk mengetahui hal itu kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Mobile JKN dengan langkah-langkah yang sudah kami jelaskan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa mengetahui apakah kartu KIS yang kamu miliki masih aktif atau tidak dan juga kamu bisa mengetahui penyabab kartu KIS kamu di non aktifkan. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang memiliki masalah pada kartu KIS.

    Sumber : Pakaibpjs
     
Loading...

Share This Page