6 Penyebab Kopling Motor Tidak Bisa Bebas

Discussion in 'Otomotif' started by kalicindil, Oct 26, 2020.

  1. kalicindil

    kalicindil New Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Dalam sebuah sepeda motor terdapat banyak sekali komponen, dimana komponen komponen tersebut akan saling berhubungan agar supaya motor bisa bergerak. Salah satu bagian yang cukup penting dari begitu banyaknya komponen yang ada pada motor yaitu komponen yang bernama kopling.

    Sebab kopling motorlah yang bisa memutus dan menyambungkan energi yang dimiliki mesin ke system transmisi pada saat akan memasukan gigi. Disamping itu dengan adanya komponen ini, motor akan tetap bisa berhenti walaupun mesin motor tetap hidup bahkan ketika posisi gigi masuk.

    Jika kopling motor bermasalah dan tidak berfungsi dengan benar, hal ini akan sangat membahayakan buat keselamatan pengendara. Apalagi terjadi pada saat di tengah jalan, laju motor akan sulit dikendalikan. Sebab tidak akan bisa mengganti posisi gigi transmisi.

    Permasalahan yang terjadi pada komponen yang satu ini jelas akan mempengaruhi kinerja dari motor itu sendiri. Perpindahan gigi akan sulit dilakukan yang mengakibatkan performa motor tidak seperti yang diharapkan. Motor akan kedodoran, akselerasinya loyo karena setelanya berubah ataupun kampas kopling sudah aus. Untuk itu di artikel ini akan dibahal hal hal apa saja penyebab ataupun penyakit utama seputar komponen kopling ini. Simak pembahasanya dibawah ini.

    Penyebab Kopling Motor Tidak Bisa Bebas
    [​IMG]
    Di kebanyakan kasus penyebab kopling motor tidak bebas atau tidak berfungsi dengan baik bisa terjadi karena kesalahan pada kampas dan plat kopling yang saling terus menempel satu sama lain. Tetapi sebenarnya bukan Cuma itu saja penyebab terjadinya permasalahan pada komponen kopling. Berdasarkan pengalaman ada beberapa penyebab utama mengapa kopling tidak berfungsi dengan baik, untuk itu mari bahas permasalahan tersebut satu persatu.

    1. Kampas Kopling Habis

    Penyebab yang pertama karena kampas kopling yang telah habis. Gesekan antara bingkai plat kopling dengan plat penekan inilah yang menyebabkan kampas kopling habis. Gesekan antar logam ini akan menyebabkan plat plat kopling menempel yang mengakibatkan kopling tidak berfungsi dengan baik meski handle kopling sudah mentok.

    Ciri ciri kampas kopling yang habis adalah:
    • Kendaraan tidak bertenaga, walaupun sudah pada rpm tinggi serta mesin masih menyala dan sudah lepas kopling.
    • Akselerasi jelek.
    • Bau hangus yang menyengat
    • Akselerasi kurang responsif, ini ditandai dengan terjadinya selip kopling dan juga kecepatan maksimal susah diraih.
    Solusi kampas kopling yang habis yaitu dengan menggantinya dengan yang baru. Harganya berkisar antara Rp. 22.000 hingga Rp. 50.000 untuk jenis motor seperti Jupiter mx, sedangkan untuk jenis motor gede (moge) tentu akan lebih mahal di kisaran Rp. 350 000 hingga satu jutaan.

    2. Kopling Kurang Pelumas

    Ada beragam jenis kopling diantaranya seperti kopling fluida, kopling sentrifugal, kopling gesak, serta kopling magnet. Diantara beberapa kopling tersebut, kopling jenis geseklah yang sering banyak digunakan. Khususnya pada kendaraan sepeda motor.

    Sedangkan kopling gesek sendiri ada dua jenis, yaitu :
    • Kopling Basah, pada kopling jenis ini memerlukan pelumnas untuk bisa bekerja dengan baik. Kurangnya pelumas pada jenis kopling ini bisa menyebabkan plat plat kopling lengket sehingga bisa mengakibatkan kopling tidak dapat bekerja dengan semestinya, hal inilah yang terjadi pada sebuah sepeda motor dimana kopling tidak berfungsi optimal.
    • Kopling Kering, pada kopling jenis ini oli akan tidak berpengaruh apa apa. Berbeda dengan kopling basah yang system kerjanya bergantung pada jumlah oli.
    Solusi mengatasinya adalah dengan memastikan oli mesin harus selalu dalam kondisi cukup. Segeralah melakukan penggantian oli jika dirasa kopling tidak berfungsi dan olinya kurang.

    Jadi rajin rajinlah mengecek oli mesin. Lakukan penggantian oli secara berkala agar permasalahan kopling motor tidak bisa bebas bisa diminimalisir. Setelah melakukan penggantian oli biasanya pada pemakaian awal, motor akan tetap terasa kurang nyaman tapi seiring dengan pemakaian lama lama akan terbiasa.

    3. Plat Kopling Bengkok

    Di dalam komponen ini, yaitu kopling motor terdapat lima plat kopling. Dimana jika salah satunya bengkok, dapat menyebabkan plat saling menempel. Jika sudah begitu jalan satu satunya adalah menggantinya dengan yang baru agar performa motor Kembali normal.

    Untuk menggantinya usahakan dengan merk atau versi original agar kualitasnya terjamin.

    4. Plat Kopling Terlalu Tebal

    Penyebab selanjutnya yaitu karena bentuk plat kopling yang terlalu tebal. Biasanya ini terjadi karena pada saat mengganti plat kopling, plat kopling penggantinya menggunakan barang aftermarket atau bukan produk barang original. Sehingga ketebalan plat berbeda.

    Hal ini mengakibatkan jarak main antara kopling dengan plat kopling cukup atau tidak sesuai dengan jarak main yang seharusnya. Akibatnya pada saat kopling ditekan putaran mesin masih terhubung dengan transmisi, yang berakibat tidak bisa untuk melakukan pergantian gigi.

    5. Kopling Terlalu Pendek

    Jarak bebas kopling yang terlalu jauh atau kopling yang terlalu pendek juga bisa menyebabkan kopling tidak bisa bebas atau berfungsi dengan baik. Hal seperti ini biasanya terjadi karena setelan tuas yang diubah.

    Cara mengetahui apakah setelan pedal sudah diubah atau belum, bisa dilihat atau perhatikan jarak bebas. Ada baiknya sebelum berkendara tekan tekan dulu tuas koplingnya, jika ternyata terlalu jauh dan perlu disetel ulang. Sebaiknya disetel ulang dengan mengandalkan mur penyetal.

    Permasalahan seperti ini bisa terjadi karena sebab pada saat tali kopling putus terus diganti dengan yang baru, nah Ketika melakukan penggantian tali kopling yang baru inilah kurang dilakukan pemeriksaan dengan baik dan benar pada saat melakukan penyetelan. Untuk itu lakukanlah penyetelan dengan baik dan benar, supaya permasalahan seperti ini bisa diminimalisir.

    Nah itu pembahasan mengenai penyebab kopling motor tidak bisa bebas. Jadi jika motor anda mengalami permasalahan tersebut, tinggal dicek yang manakah penyebabnya kemudian lakukan Langkah perbaikan dengan mengikuti solusi penyebab permasalahan tersebut. Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat.

    Sumber : Spbukita.com
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,530
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Pengetahuan tentang kendaraan tentang kopling ini menambah wawasan
    ternyata ada berbagai macam jenis kopling, setau saya cuma manual sama otomatis.
     
Loading...

Share This Page