6 Tips Membeli Mobil Bekas dari Lelang

Discussion in 'Otomotif' started by jagain, Aug 22, 2019.

  1. jagain

    jagain New Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Lelang mobil bekas – Mobil menjadi kendaraan yang banyak diminati, tidak mengherankan jika dari waktu ke waktu jumlah pembelian mobil ini meningkat. Tidak hanya mobil baru saja, namun mobil bekas pun angka penjualannya meningkat tajam. Pembelian mobil bekas banyak di incar karena harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil baru. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil bekas, ada cara terbaru yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan unit mobil dengan harga terbaik yaitu melalui tempat lelang atau balai lelang. Dibandingkan melalui dealer atau perseorangan membeli lewat balai lelang akan jauh lebih menguntungkan. Meski begitu ada beberapa trik atau tips yang harus Anda ketahui agar pembelian mobil bekas di balai lelang tersebut menguntungkan bukan membuntungkan, seperti ini tipsnya:


    Pahami Prosedurnya
    Tips lelang mobil bekas yang bisa Anda lakukan pertama adalah pahami prosedurnya. Prosedur ini sangat penting diketahui sebelum ikut lelang. Agar Anda bisa paham tentang prosedur lelang dengan pasti ada baiknya jika Anda mengakses website tempat lelang tersebut karena setiap tempat lelang ini memiliki prosedurnya masing-masing. Selain dari website Anda bisa bertanya langsung ke balai lelang bersangkutan atau bertanya langsung ke pihak customer service.

    Pilih Kendaraan
    Bila sudah memahami tata caranya, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih kendaraan incaran. Tempat lelang akan menginformasikan mobil apa saja yang akan di lelang pada hari H di saat acara lelang tersebut berlangsung. Pastikan jika saat jadwal lelang tersebut mobil incaran Anda ada pada daftar mobil yang akan di lelang. Penting bagi Anda untuk mengecek tipe mobil, jenis, tahun produksi, nilai kondisi mobil, warna, sampai dengan kelengkapan dokumen. Jangan lupa untuk mencatat telepon kontak untuk bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan mobil bekas.

    Cek Kondisi Kendaraan
    Setelah Anda melakukan beberapa cara di atas, cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memeriksa kondisi kendaraan. Untuk mengeceknya Anda bisa datang langsung ke tempat open house. Anda bisa bertanya kepada balai lelang kapan open house lelang mobil bekas tersebut dilakukan. Di open house ini Anda bisa melihat fisik kendaraan secara menyeluruh. Ada baiknya saat open house ini Anda mengajak teman Anda yang mengerti soal mesin, desain eksterior maupun interior mobil. Jika Anda menemukan kecacatan atau kondisi mesin yang tidak bagus Anda bisa membatalkannya, sedangkan jika semua kondisinya bagus Anda bisa melanjutkan ke pendaftaran.

    Riwayat Service
    Tips mengikuti lelang mobil yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah perhatikanlah riwayat service. Dengan mengetahui riwayat service ini Anda akan tahu bagaimana pemilik mobil bekas merawat dan memperlakukan mobilnya. Meski begitu tidak semua balai lelang menyediakan riwayat service ini.

    Dokumen
    Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat akan mengikuti lelang mobil bekas adalah periksalah kelengkapan dokumennya. Kelengkapan dokumen ini sebenarnya sudah ada dan sudah disebutkan di katalog seperti masa berlaku BPKB dan juga STNK. Namun Anda harus memastikan kembali ketersediaan dokumen tersebut secara langsung di balai lelang. Apakah dokumen benar-benar ada seperti yang di katalog atau tidak.

    Jangan Bernafsu
    Dengan mengikuti lelang itu tandanya Anda sudah siap berkompetisi. Unit mobil yang Anda sukai bisa saja menjadi incaran orang lain. Saat proses tawar menawar, jangan libatkan emosi karena ingin memang. Hal ini justru akan membuat Anda mengalami over priced atau lebih mahal dari harga pasaran.

    Demikianlah beberapa tips mengikuti lelang mobil bekas yang penting untuk Anda perhatikan, semoga in formasi ini bermanfaat.
     
Loading...

Share This Page