7 Alasan Kenapa Minuman Alkohol Harus Dijauhi

Discussion in 'Health & Medical' started by doninurdians, Jul 13, 2016.

Tags:
  1. doninurdians

    doninurdians Guest

    [​IMG]

    Alkohol bisa berasal dari mana saja, tapi yang paling populer terdapat dalam minuman anggur, bir atau minuman keras lainnya. Ada 10 alasan kenapa minuman alkohol memang harus dijauhi. Minuman alkohol memang bisa bagus untuk kesehatan, misalnya menghangatkan tubuh di udara yang dingin. Tapi yang banyak terjadi alkohol dikonsumsi secara berlebihan hingga manfaatnya hilang. Tidak peduli berapa pun usia seseorang, alkohol bisa menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan dirinya sendiri. Dikutip dari Livestrong, ada 7 alasan kenapa minuman alkohol layak dijauhi, yaitu:

    1. Kecanduan
    Kecanduan adalah salah satu efek yang paling terlihat jika seseorang menggunakan alkohol dalam jangka waktu panjang. Hal ini berarti seseorang harus minum lebih banyak sebelum mabuk atau agar bisa merasa lebih rileks.

    2. Gejala balikan (withdrawal)
    Seseorang akan mengalami gejala penarikan (withdrawal) ketika mencoba untuk berhenti minum secara tiba-tiba atau saat bangun keesokan harinya. Gejala ini termasuk merasa cemas, mual, muntah, mudah marah, kehilangan nafsu makan dan perasaan gemetar.

    3. Penyakit hati
    Menurut University of Maryland Medical Center, penggunaan alkohol bisa menyebabkan penyakit hati kronis, seperti fatty liver (lebih dari 90 persen pengguna alkohol), serta hepatitis alkoholik dan sirosis alkohol yang bisa mengakibatkan kegagalan hati.

    4. Mengakibatkan kecelakaan
    Alkohol akan mengganggu kemampuan seseorang mengemudi dan memperlambat proses berpikir. Gabungan kondisi ini menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan setelah minum alkohol.

    5. Perilaku berbahaya
    Alkohol bisa mengurangi kemampuan inhibisi alami seseorang, sehingga orang yang mabuk seringkali melakukan hal-hal berbahaya tanpa disadarinya seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau menyeberang jalan sembarangan.

    6. Efek negatif terhadap suatu hubungan
    Mengonsumsi alkohol tidak hanya berefek terhadap diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarnya seperti anak-anak. Karenanya kekerasan rumah tangga seringkali terjadi pada orang yang menyalahgunakan alkohol dan anak-anak, mungkin menderita trauma jangka panjang akibat kebiasaan minum orangtuanya tersebut.

    7. Depresi
    Dalam jangka pendek, alkohol bisa memberikan efek rileksasi, tapi tanpa disadari, alkohol justru memberikan kontribusi terhadap perkembangan depresi. Sekitar 40 persen peminum berat menunjukkan tanda-tanda depresi.

    Baca Juga
    1. 8 Gedung Tertinggi di Dunia 2016
    2. 5 Negara yang Memiliki Jalur Kereta Terpanjang
     
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, Alkohol itu sangat bermanfaat bagi dunia medis dan non medis tapi kadang masyarakat kita yang menyalahgunakan alkohol. Satu lagi jika kalian rutin konsumsi alkohol, di jamin dah Gak bakalan punya anak dan ini terbukti, karena sel kromosom akan mati dan sel ovum pada wanita (peminum) juga jablazz,,,*bergaya*
     
  3. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    1,045
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Alkohol dalam bidang medis digunakan untuk sterilisasi dan keperluan lainnya. Sedangkan dalam bidang minuman alkohol (alcoholic beverages), ini digunakan sebagai penghangat tubuh, terutama di Barat (Eropa/Amerika) yang cuacanya ekstrim dingin, terutama di malam hari; di samping untuk memabukkan. Ini jadi kebiasaan dan menjadi budaya sebagaimana di negeri Jerman.

    Kalau pendapat saya pribadi, minuman alkohol tidak diperlukan di daerah tropis atau sejenisnya. Sudah panas, juga kalau dingin tidak akan sedingin cuaca salju. Kalau ada yang berpendapat karena cuaca, itu hanya ngeles agar bisa mabuk-mabokan. Lagi pula, di Indonesia terdapat banyak rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, bandrek, dsb -- yang bisa menghangatkan tubuh dan tidak memabukkan.

    Dalam sisi Agama Islam, jelas ini hukumnya HARAM dikarenakan memabukkan. Bisa terkena dosa besar. Banyak juga fadilah dan hadist yang membahas ini. Kalian bisa cari tahu.
     
    Last edited: Jul 14, 2016
    katon likes this.
  4. dorman

    dorman Member

    Joined:
    Jul 13, 2015
    Messages:
    102
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    dalam agama juga sudah dilarang, besar bahaya daripada manfaatnya kl disalahgunakan ....
     
  5. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Bukan hanya minuman dan obat-obatan saja yang dapat menyebabkan mabuk dan fly. Bahkan saat ini lagi trend apa yang namanya "NARKOBA DIGITAL" atau biasa disebut dengan " I-DOSER "

    I-Doser adalah produsen gelombang otak Binaural. Dalam situs resminya, I-Doser merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi gelombak otak Binaural yang bisa diputar pada pemutar CD dan MP3. Selain itu I-Doser juga bisa digunakan pada ponsel dan komputer melalui aplikasi yang mereka buat.

    I-Doser atau yang disebut-sebut sebagai "NARKOBA DIGITAL" di beberapa media online yang menyebutnya sebagai 'narkoba' yang berbahaya. Pernyataan ini muncul tahun lalu, disebabkan adanya kasus di Amerika Serikat, diberitakan situs Emirates247, Dubai juga sudah memblokir situs-situs yang memasarkan aplikasi ini. Karena "NARKOBA DIGITAL" dapat memberikan efek yang sama dengan ganja.
     
  6. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    1,045
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Terdengar seperti musik rock, Silk Road, atau sejenisnya yang kita bisa dapatkan di YouTube dengan durasi 2j+. Yang berlirik umumnya bersifat sugesti bagi pendengarnya.
     
    Last edited: Jul 14, 2016
  7. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Sudah seharusnya alkhol dimusnahkan... sekarang aja banyak anak sekolah yang sudah mengenal minuman beralkohol ... masyaallah...
     
  8. bekenid

    bekenid Member

    Joined:
    Jun 27, 2016
    Messages:
    173
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    untung uda lama berhenti..
     
  9. Pedialicious

    Pedialicious New Member

    Joined:
    Dec 10, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya pernah download I-Doser (nyari di google) tapi belum pernah di-install.. keburu tahu kalau I-Doser itu berbahaya...
     
  10. rismawan

    rismawan Member

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    151
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    thanks nih gan thread nya bermanfaat banget, selain bahaya di agama juga di larang semoga tambah banyak yang berhenti*bagus*
     
  11. Galih P

    Galih P Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    untung gak suka minum alkohol*keren2*
     
Loading...

Share This Page