7 Aplikasi Socmed VR: Tetap Bisa Nongkrong Bareng Walau Gabisa Keluar Rumah Karena Lockdown

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by MonsterAR, Mar 27, 2020 at 10:58 AM.

  1. MonsterAR

    MonsterAR Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Virtual Reality (VR) bukan hanya sekedar untuk bermain game dan menghabiskan waktu sendirian saja, tetapi bisa menjadi solusi untuk bisa tetap nongkrong bersama teman dan bepergian ke tempat tak terbatas, walau harus menjaga jarak karena social distancing, terjebak di dalam rumah demi keselamatan, dan segala hal yang membatasi kita untuk berinteraksi dengan orang lain akibat virus corona (COVID-19) yang melanda indonesia saat ini. Dengan aplikasi socmed VR, kamu benar-benar dapat mengobrol, bermain, dan menonton film bersama teman-teman, sehingga bisa tetap bisa menghabiskan waktu bersama walau tidak bisa keluar rumah.

    Berikut, beberapa aplikasi socmed VR yang telah kami pilih, tempat dimana kamu bisa terhubung dengan teman, atau bertemu teman baru juga. Tentunya, ini lebih menarik dibandingkan facetime, dan yang lebih penting lagi semuanya bisa kamu gunakan secara gratis!

    1. VRChat

    Sudah hampir enam tahun sejak aplikasi socmed VR ini release untuk pertama kalinya di Oculus Rift DK1 pada tahun 2014. VRChat memiliki fitur untuk membuat avatar terbuka dan kreasi dunia, sehingga menjadikannya kaya akan konten yang bisa di kustomisasi sesuai keinginan penggunanya. Kamu juga bisa terhubung dengan pengguna yang tidak mengenakan headset VR di sini, sehingga menjadikannya titik pertemuan yang bisa di akses oleh siapapun. Namun cukup disayangkan, untuk saat ini pengguna headset PSVR masih belum bisa mengaksesnya.

    2. Bigscreen

    Kini sudah ada tempat nongkrong dan ngobrol yang bisa sekaligus sambil nonton TV di dunia VR lho, dimana kamu dapat duduk bersama teman atau orang asing dengan aksesibilitas menonton tanpa batas. Apa pun yang dapat kamu akses di komputer akan ditampilkan di monitor dan dapat dibagikan kepada siapa saja, menjadikan Bigscreen sebagai platform terbaik untuk menonton dan berinteraksi dengan orang lain. Kamu juga bisa membayar untuk menonton film yang sudah tayang, yang merupakan alternatif menonton yang bagus jika kamu belum mendaftar ke layanan streaming seperti Netflix atau Prime Video.

    3. Rec Room
    Bersantai sambil mengobrol itu asik, dan kamu benar-benar dapat melakukannya di aplikasi socmed VR ini. Terlebih lagi keindahan lintas platform ini menyatukan semua komunitas pemilik headset VR di satu tempat yang dinamis dan menyenangkan. Ada beberapa 'petualangan' yang harus kamu lakukan di sini, permainan battle royale shooter, dan banyak lagi alasan lainnya buat kamu untuk tetap tinggal dan bersenang-senang di sini bersama teman-teman.

    Baca juga: Berikut, Panduan dan Tips Cara Menggunakan VR di Ponsel Androidmu

    4. OrbusVR


    Semua aplikasi socmed VR dalam daftar ini gratis, dan itu secara teknis masih berlaku untuk OrbusVR. Bisa dibilang ini merupakan MMORPG VR dengan fitur terlengkap. Kamu dapat bermain secara gratis hingga level 10, dan bermain dengan seluruh playerbase dalam prosesnya. Disini kamu bisa bermain sebagai bard, penyihir, paladin, dan banyak lagi yang lainnya ketika kamu menjelajahi dunia Patraeyl yang begitu luas.

    5. Mozilla Hubs
    Mozilla Hubs adalah program sosial ringan, merupakan pengalaman sosial berbasis WebXR yang menjadikan kamar virtual dengan satu klik dan mudah diklik siapa saja — dari peramban desktop ponsel pintar hingga headset VR — secara langsung dari browser. Cukup masukkan kode kamarmu untuk ruang obrolan pribadi dan bergabunglah dengan teman-teman di perangkat apa pun.

    6. vTime

    vTime kurang begitu menonjol dibanding aplikasi socmed VR lainnya, karena tidak menawarkan berbagi layar atau konten buatan pengguna. Tetapi, jika kamu merasa kewalahan dengan semua fitur tersebut dan hanya mencari tempat bersantai untuk mengobrol dengan minimal pengaturan, vTime adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Bekerja agak seperti jejaring sosial, kamu berteman dan mengirim undangan obrolan kepada orang-orang, dan kemudian duduk untuk obrolan gaya meja bundar di berbagai lokasi yang menawan.

    7. Altspace VR

    AltspaceVR memiliki banyak hal seperti pertunjukan langsung, pertemuan, kelas, dan dapat diakses di sejumlah headset VR. Walaupun sudah tidak begitu hype lagi seperti di masa-masa awal VR terdahulu, namun tempat ini masih asik untuk dikunjungi, dan keterlibatan komunitasnya masih sangat tinggi. Lihat semua acara mendatang dalam Altspace VR di sini.


     

    Attached Files:

Loading...

Share This Page