7 Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Discussion in 'General Lifestyle' started by tikars, Jan 14, 2014.

  1. tikars

    tikars Member

    Joined:
    Oct 7, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Cara menumbuhkan percaya diri pada anak – Percaya diri adalah modal utama dalam menjalani kehidupan ini. Sebaiknya rasa percaya diri harus sudah ditanamkan pada diri setiap anak agar kelak mereka dapat menemukan jati dirinya dan dapat mempercepatkan menemukan kesuksesannya.
    [​IMG]
    Orang tua sangat berperan dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. nah bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak?

    1. Berikan cinta dan kasih sayang anda dengan tulus

    Didiklah anak anda dengan memberikan pujian bila mereka melakukan kebaikan. namun bila mereka melakukan kesalahan jangan memarahinya dengan begitu keras. cukup berikan penjelasan mengenai efek perbuatannya. Dengan demikian mereka akan belajar bagaimana bersikap yang benar dengan percaya diri bahwa apa yang dilakukannya itu benar.



    2. Berikan perhatian.

    Sesibuk apapun anda sehari – hari cobalah berikan perhatian yang lebih kepada anak anda. jangan membeda – bedakan perhatian anda dengan saudara – saudaranya. Cara paling mudah memberikan perhatian adalah dengan menanyakan apa saja aktivitasnya di sekolah. menanyakan pelajaran yang didapatkannya selama 1 hari di sekolah.



    3. Hindari bantuan secara lamngsung

    Sebgai orang tua didiklah anak anda agar dapat menyelesaikan masalahnya sendirian. Jangan selalu membantunya, biarkanlah ia mengeluarkan segala kreativitasnya. Saat mengerjakan puzzel cobalah amati dan jagnan sekali – sekali membantunya sampai ia berhasil menyelesaikan puzzelnya.



    4. Biarkan anak anda salah

    masa kanak – kanak adalah masa untuk belajar banyak hal. Selama proses belajar tersebut anak akan mengalami banyak kesalahan. Nah tugas orang tua adalah mengajarkan dan memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. jangan pernah marah karena mereka selalu salah. Tapi ajarkan kebenaran itu dengan tulus dan ikhlas agar mereka dapat belajar dengan baik.



    5. Berikan kata – kata semangat

    Saat belajar kadang – kadang anak – akan akan kehilangan semangat. Nah tuas orang tua adalah menjadi motivator bagi mereka. Berikanlah motivasi dan semangat secara rutin agar mereka dapat mencapai cita – citanya.



    6. Ajarkan keadilan

    Banyak kesalahan yang sering dilakukan orang tua yaitu dengan membanding – bandingkan anaknya dengan adik atau kakak – kakaknya. Nah hal ini adalah sesuatu yang berbahaya bagi masa depan seorang anak, bisa jadi anak tersebut akan nakal selama di sekolah dan lingkungannya. jadi ajarkanlah keadilan.



    7. Berikan penghargaan

    Berikanlah penghargaan saat anak anda telah melakukan hal – hal yang positif dan baik sehingga dapat memicu semangatnya untuk terus belajar dan berkarya.
    sumber
     
  2. seowaps

    seowaps Member

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    64
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    @seowaps

    Ane stuju ama yg nomor dua gan perhatian kepada anak apalagi ibu bisa menumbuhkan rasa percaya diri diajarin secara perlahan
     
  3. Ghazali

    Ghazali Member

    Joined:
    Jan 14, 2014
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    DR.Ghazali Say

    Tips yang bagus gan
    Klo ane harus ditanamkan nilai aga jg.maklum remaja sekarang dah benar2 menghawatirkan.jadi kalo bisa dipipuk dari anak2 pasti lebih bagus. Blog ane temanya juga hampir sama kaya artikel agan ini.
     
  4. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Nomer tiga sebutan lainnya

    Nomer tiga sebutan lainnya adalah mengajarkan kemandirian ;)
     
  5. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah bagus juga nih tipsnya

    wah bagus juga nih tipsnya *bagus*
     
Loading...

Share This Page