7 Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Jan 17, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    409
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Penyakit asam urat ini merupakan sebuah penyakit sejuta umat. Ketika penyakit yang satu ini kambuh, maka akan menyebabkan timbulnya rasa sakit yang sangat luar biasa.

    Kambuhnya penyakit asam urat ini sering disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pilihan makanan yang salah. Untuk itu, Apa saja makanan yang aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit asam urat ini ?

    Pada umumnya, makanan yang baik bagi penderita asam urat adalah yang rendah purin. Karena secara mekanisme di dalam tubuh, kandungan purin ini biasa diubah menjadi asam urat. Apabila kadar asam urat di dalam tubuh melebihi batas, maka tentu saja organ ginjal tidak akan mampu untuk mengeluarkannya. Pada akhirnya, kristal dari asam urat tersebut akan menumpuk pada daerah persendian.

    Jika sudah dapat menerapkan pola makan yang sehat, maka kadar asam urat di dalam darah tentu saja akan ikut turun. Tidak hanya asam urat saja, penyakit kronis lainnya pun dapat dihindari.

    Pada saat anda terkena suatu penyakit, maka segala apapun yang dikonsumsi akan menjadi lebih terbatas, salah satunya jika menderita penyakit asam urat. Ketika asam urat sudah mulai tinggi, maka dianjurkan untuk segera mengkonsumsi makanan penurun asam urat. Berikut ini adalah beberapa Daftar Makanan Untuk Penderita Asam Urat, diantaranya :

    1. Cuka Apel

    Cuka apel ini merupakan sebuah makanan yang tinggi kalium yang sangat membantu dalam menjaga keseimbangan pH tubuh. Meskipun di dalam cuka apel memang mengandung asam, namun kandungan asam asetat dalam cuka apel justru membantu merangsang pembentukan basa di pencernaan. Pada saat kadar asam basa tubuh lebih berimbang atau cenderung lebih basa, maka penumpukan asam urat akan lebih berkurang.

    2. Teh Hijau

    Apakah anda sering mengkonsumsi teh hijau ? Sudahkah anda mengetahui bahwa teh hijau juga mempunyai banyak manfaat untuk mengobati asam urat tinggi ? Benar, dengan meminum 3-4 cangkir teh hijau setiap harinya, maka asam urat anda akan hilang secara perlahan.

    3. Jeruk Nipis

    Mengkonsumsi air dari perasan jeruk nipis sebanyak 2 kali sehari merupakan salah satu cara mudah untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Bukan hanya mengandungn vitamin C, jeruk nipis ini juga mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan asam urat secara alami.

    4. Stroberi

    Makanan yang dapat menurunkan kandungan asam urat selanjutnya adalah buah stroberi. Tidak kalah dengan makanan seperti di atas, stroberi ini mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan karena asam urat.

    5. Air Putih

    Air putih merupakan sesuatu hal yang penting bagi kehidupan manusia itu sendiri. Air putih ini sangat penting untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat, Banyak mengkonsumsi air putih ( 8-10 gelas ) setiap hari agar dapat menjaga kadar urine tetap encer sehingga asam urat tidak menumpuk dan lebih mudah untuk dilarutkan.

    6. Pisang Dan Kentang

    Makanan-makanan ini sangat baik untuk menetralkan kadar asam basa di dalam tubuh karena mengandung kalium yang tinggi. Kandungan kalium sendiri merupakan salah satu ion tubuh yang sangat penting dalam menjaga kadar keasamam tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, konsumsi buah pisang dan kentang ini sebagai makanan untuk penderita asam urat yang ampuh.

    7. Ceri

    Makanan yang terakhir untuk penderita asam urat adalah buah ceri. Buah yang satu ini sangat baik untuk mengurangi peradangan karena kandungan zat anti inflamasi yang dimilikinnya. Selain itu, khasiat adari buah ceri untuk menurunkan asam urat didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan oleh Jurnal of Nutrition pada tahun 2003.
     
Loading...

Share This Page