7 Fakta Unik Keju Mozarella yang Jarang Diketahui Orang

Discussion in 'Cooking' started by AndroidApkApps, Sep 8, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Melalui proses koagulasi yang panjang, keju jadi olahan susu yang sangat populer. Penambahan keju dalam setiap makanan akan memberikan cita rasa khusus.

    Berdasarkan pengolahan dan rasa yang dihasilkan, keju terbagi atas 2.000 jenis. Negara yang dikenal dengan kualitas keju terbaik adalah Italia dan Selandia Baru.

    Ngomongin keju, kita gak akan bisa terlepas jenis paling lezat dan diminati di dunia. Yup, keju mozzarella. Apa pun makannya, olahan keju yang sangat digemari masyarakat adalah sensasi lumer di mulut ini.

    Kalau kamu salah satu pecinta keju mozzarella, sudah tahu tujuh fakta uniknya ini, belum?

    1. Alasan di balik penamaan keju ini

    Pernah kepikiran gak kenapa namanya mozzarella? Ternyata nama mozzarella berasal dari proses pembuatannya. Sejak 500 tahun yang lalu, Campania, Italia, "mozze" berarti memotong, "rella" berarti alang-alang.

    Dalam proses pembuatannya, susu yang telah difermentasi ini dipotong berbentuk bulat dengan menggunakan alang-alang. Wah, gak terduga banget, kan?

    2. Keju mozzarella pertama kali dibuat dengan susu kerbau

    Cita rasa awal mozzarella ternyata berasal dari susu kerbau. Para petani di Italia menganggap kandungan protein dan lemak susu kerbau lebih tinggi daripada susu sapi. Hasilnya pun lebih banyak.

    Satu ton susu kerbau dapat menghasilkan 24 kilogram mozzarella, sedangkan susu kerbau hanya menghasilkan 13 kilogram saja. Meski pada akhirnya untuk memenuhi kebutuhan yang semakin tinggi, mozzarella mulai dibuat dengan susu sapi.

    3. Kenyataan bahwa mozzarella tidak rendah kalori

    Terkadang kita sering melihat iklan keju mozzarella yang rendah lemak. Hal ini sebenarnya lebih kepada keperluan komersil. Sangat mustahil untuk memproduksi sesuatu rendah lemak dari bahan dasar susu, apalagi dari kerbau atau sapi.

    4. Mozzarella terdiri dari 12 jenis

    Nah, jika mozzarella adalah salah satu jenis keju, maka mozzarella sendiri terdiri dari 12 jenis, tergantung bentuk dan pengolahannya. Di antaranya mozzarella curd, fresh mozzarela, ovoline, bocconcini, perline, mozzarella di bufala, burrata, stracciatella, string, shedded, scamorza, dan smoked. Jangan sampai salah beli ya.

    5. Keju mozzarella baik untuk kesehatan tulang

    Terbuat dari susu, pastinya kandungan kalsium dalam mozzarella sangat melimpah. Baik pula untuk proses pertumbuhan. Satu ons mozzarella ternyata mengandung 183 miligram kalsium, lho. Kebayang kan jika tubuhmu rutin mendapat asupan kalsium?

    6. Sebaiknya tidak dimasukkan ke kulkas

    Hayo ngaku, kamu salah satu orang yang berpikiran makanan akan selalu aman ketika disimpan di dalam kulkas, gak? Mulai sekarang, keju mozzarella jadi pengecualian ya. Mozzarella sebaiknya tetap berada di suhu ruang berkisar 18 derajat Celcius. Sebab, penurunan suhu drastis justru dapat merusak tekstur keju.

    7. Jenis keju yang paling mudah dicerna tubuh

    Selain lezat, ternyata mozzarella juga baik untuk kesehatan. Pepton dan asam amino dalam keju ini bisa mencegah kenaikan asam lambung yang berlebih. Baik untuk penderita maag juga nih.

    Ulasan mozzarella ini penting untuk meluruskan berbagai mitos yang keliru selama ini. Bahas mozzarella, kamu paling suka keju disajikan dengan nugget atau pizza?

    Sumber: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/andi-aris/7-fakta-unik-keju-mozzarella-1
     
    Ganyool likes this.
Loading...

Share This Page