7 Hal yang Diperhatikan Saat Beli Motor Bekas

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 13, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Inovasi pada kendaraan bermotor terbilang cukup pesat. Berbagai tipe motor baru dari berbagai merek dirilis tiap tahun. Tapi ternyata, mokas alias motor bekas ini juga memiliki pasar tersendiri karena harganya terjangkau dibanding motor baru.

    Meskipun demikian, calon pembeli harus pandai dan jeli memperhatikan kualitas motor bekas yang akan dibeli. Apabila motor bermasalah, pemilik baru pasti akan repot nantinya. Nah, berikut beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas idaman.


    1. Bodi Masih Bagus Gambarkan Kondisi Umum Motor
    [​IMG]
    Bodi motor bagus gambarkan kondisi umum motor

    Tidak perlu terlalu kinclong, asal masih terlihat bagus, berarti motor tersebut secara umum terbilang layak. Motor yang tampak rusak pada bagian bodinya merupakan pertanda bahwa kendaraan tersebut pernah mengalami kecelakaan. Akibat kecelakaan, tingkat kenyamanan mengendarai motor bisa jadi akan berkurang.

    Karena itu, selalu perhatikan kondisi luar motor sebagai langkah awal untuk menentukan apakah kendaraan tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk mempercantik tampilan motor apabila dibeli dalam kondisi mulus.


    2. Surat Kendaraan Wajib Lengkap
    Apakah Anda pernah ditawari motor yang harganya sangat murah hingga terasa kurang masuk akal? Biasanya motor dijual tanpa surat-surat yang lengkap. Apabila mendapati tawaran semacam ini, sebaiknya waspada. Bukan rahasia lagi jika kejahatan pencurian motor semakin marak. Motor tanpa surat-surat yang lengkap bisa jadi merupakan hasil curian.

    Jika surat kendaraan lengkap, jangan lupa untuk memeriksanya terlebih dahulu. Cocokkan informasi nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di BPKB dan STNK dengan yang ada di bodi motor. Apabila ada perbedaan, motor tersebut berisiko bermasalah.


    3. Cek Fungsi-Fungsi Fitur kendaraan
    Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengecekan terhadap fungsi-fungsi standard pada kendaraan bermotor. Mulailah dengan menyalakan mesin dengan starter. Dengarkan suara mesin, apakah halus atau justru kasar. Suara motor bekas yang bagus biasanya memiliki suara normal.

    Untuk melihat perbedaannya, tutuplah bagian lubang knalpot. Jika terdengar suara berisik yang tidak wajar, mesin biasanya membutuhkan perbaikan. Suara berisik ini bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada laher bandul. Pemasangan leher bandul di bengkel biasa biasanya tidak seperti presisi yang dilakukan oleh pabrik motor.

    Cobalah untuk menghidupkan lampu motor, baik lampu depan, lampu sein, maupun lampu rem belakang. Pastikan bagian-bagian ini menyala dengan benar. Perhatikan pula panel indikator, sebaiknya semua komponen masih berfungsi dengan baik. Demikian pula rem kendaraan, baik depan maupun belakang, periksa kondisinya dengan teliti. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Entah kenapa saya lebih suka membeli motor bekas daripada beli baru, alasanya adalah motor bekas lebih murah
    tapi kondisi sampai sekarang juga masih oke, cuma butuh perawatan meski pernah mogok tapi masih teratasi
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iyaa gan betul, kalau kita bisa merawatnya motor bekas pun bisa jadi kayak baru gan:D:D
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page