7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Melakukan Presentasi

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Oct 11, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    189
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Melakukan Presentasi.jpg

    Sobat TOG, Presentasi adalah sebuah kegiatan berbicara di depan publik (banyak orang) atau kalangan terbatas. Tujuannya tidak lain adalah memberikan informasi atau mempengaruhi orang lain.

    Presentasi kantor seringkali di anggap sebagai presentasi formal dan membosankan. Padahal, yang namanya presentasi atau berbicara di depan umum sudah seharusnya menarik agar mendapatkan perhatian dari para pendengarnya.

    Contoh:

    presentasi yang memberikan informasi adalah presentasi pelaksanaan proyek, sedangkan presentasi dengan tujuan memengaruhi orang lain adalah presentasi produk asuransi atau multi level marketing.

    Berikut ini 7 hal yang tidak boleh dilakukan:

    1 Jangan datang terlambat


    [​IMG]

    Jangan datang terlambat karena Anda akan kerepotan mempersiapkan segalanya. Selain itu, peserta juga mungkin akan kecewa karena harus menunggu Anda datang terlambat.

    Datanglah lebih awal, misalnya 30 menit sebelum akan dimulai. Dengan datang lebih awal, Anda dapat mengenali tempat, mengetahui latar belakang peserta, dan memeriksa semua alat bantu yang akan digunakan nanti.

    2. Jangan membagikan materi


    [​IMG]

    Anda ingin para peserta fokus memperhatikan Anda? Jika ya, salah satu triknya adalah dengan tidak membagikan materi (handout) sebelum presentasi dimulai.

    Jika dibagikan sebelumnya, peserta akan terfokus membaca materi daripada mendengarkan presentasi Anda. Bagikan materi setelah selesai jadi informasi yang sudah Anda berikan akan diingat kembali oleh mereka.

    3. Jangan gugup


    [​IMG]

    Anda jangan gugup bila ada hal yang tidak diperkirakan sebelumnya, misalkan ada kejadian lampu mati atau peserta acuh tak acuh. Jika lampu mati, bersikaplah tenang karena panitia akan bertindak.

    Jika peserta acuh tak acuh, alihkan perhatian mereka kepada hal-hal yang menarik atau buatlah humor ringan yang memancing mereka untuk memperhatikan Anda dan kembali fokus ke Anda.

    4. Jangan menciptakan humor secara berlebihan
    [​IMG]



    Terkait humor, jangan menciptakan humor secara berlebihan karena akan membuat Anda menjadi ajang melawak. Selain itu, upayakan humor yang Anda lontarkan ada hubungannya dengan materi yang sedang dipresentasikan.

    Waktu yang pas untuk mengeluarkan humor adalah saat para peserta mulai mengantuk atau lelah bahkan tidak fokus kepada Anda.

    5. Jangan menghindari kontak mata
    [​IMG]

    Jangan menghindari kontak mata saat Anda melakukan presentasi. Mengapa? Karena hal tersebut dapat memperlihatkan rasa tidak percaya diri, gugup, dan tidak siap.

    Oleh karena itu, lakukan kontak mata dengan peserta secara sopan dan ramah. Ingat, kontak mata dapat diartikan sebagai perhatian Anda kepada peserta. Selain itu, Anda tidak harus selalu memperhatikan ke slide materi Anda.

    6. Jangan berdiri kaku seperti patung
    [​IMG]

    Saat melakukan ini, Anda jangan hanya berdiri seperti patung. Mengapa? Karena bahasa tubuh seperti itu memperlihatkan sikap Anda yang dingin dan kaku.

    Solusinya adalah cobalah Anda bergerak dan berjalan, misalnya menghampiri peserta atau berpindah sedikit dari posisi semula Anda berdiri.

    7. Jangan memasukkan tangan ke dalam saku celana
    Apakah Anda sering memasukkan tangan ke dalam saku celana Anda saat melakukan presentasi? Jika ya, mulai sekarang coba tolong jangan lakukan lagi.

    Memasukkan tangan ke dalam saku celana menunjukkan sikap Anda yang tidak bersahabat dan merasa terancam.

    -

    Sebelum mengakhiri, Anda perlu memastikan kembali bahwa para peserta memahami apa yang telah Anda sampaikan dengan mengulang poin pembahasan Anda. Hal ini berguna untuk menambahkan ingatan mereka mengenai apa yang baru saja disampaikan.

    Dengan menghindari 7 hal di atas, semoga akan bertambah baik sehingga tujuan presentasi Anda juga tercapai.

    Selamat mempraktikannya sobat TOG !

    -

    PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.

    -

    Salam Sukses

    [​IMG]
     
  2. Ibrohim Ilyas

    Ibrohim Ilyas New Member

    Joined:
    Saturday
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice share. menghindari gugup juga bisa dilakukan dengan meyakinkan diri sendiri bahwa apa yang akan kita sampaikan itu berguna buat peserta. Kalau untuk masalah materi yang tak perlu dibagikan, memang bagus untuk membuat peserta fokus pada pembicara. Tapi handout juga bisa berguna agar peserta bisa dengan mudah mempertalikan apa yang sedang dibicarakan dengan apa yang sudah dibahas. Jadi ada positif negatifnya menurut saya. BTW, perhatian peserta juga kadang terpecah antara pembicara dengan screen tampilan slide. Itu juga perlu diperhatikan.
     
Loading...

Share This Page