7 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Discussion in 'General Internet' started by joshua, Nov 19, 2020.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    101
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Usaha makanan memang tiada matinya. Hal ini membuat persaingan usaha makanan menjadi sangat ketat. Agar bisa bersaing, makanan yang kamu jual haruslah berbeda. Yuk, simak ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa menjadi rekomendasi.

    Makanan menjadi salah satu usaha yang paling umum dan banyak dilakukan orang. Hal ini dikarenakan usaha makanan memiliki peluang yang sangat tinggi jika dibandingkan jenis usaha lainnya. Usaha makanan tidak akan pernah sepi konsumen sehingga bisa dikatakan kalau usaha makanan sifatnya abadi karena makanan menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang. Selain itu, usaha makanan tidak membutuhkan modal yang banyak tetapi untung yang didapat bisa dua kali lipat lebih.

    Sayangnya karena terlalu banyak orang yang membuka usaha makanan, maka persaingannya akan semakin tinggi. Tak sedikit usaha makanan yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa bersaing. Oleh karena itu, ketika akan membuka usaha makanan, kamu diharuskan untuk selalu berinovasi dengan ide-ide kreatif sehingga bisa bersaing dan menarik perhatian para calon pembeli.

    Sebagai bahan rekomendasi, Sambilnongkrong akan memberikanmu ide usaha makanan unik dengan modal kecil, yaitu:

    1. Buah goreng
    Pernah menyantap buah goreng? Buah goreng terdengar tidak asing lagi di telinga dan lidah orang Indonesia karena sebelumnya kita sudah mengenal aneka gorengan yang terbuat dari buah seperti pisang goreng, nangka goreng, dan nanas goreng. Supaya tidak sama, kamu bisa menjadikan buah-buahan lain seperti buah strawberry, alpukat, kiwi, apel, melon, semangka, hingga durian yang bisa dijadikan gorengan unik.

    Untuk menambah citarasa, kamu bisa menambahkan gula halus atau cokelat leleh sebagai topping di atasnya. Usaha makanan unik dengan modal kecil ini bisa kamu jajakan dengan menggunakan gerobak kaki lima sehingga tidak membutuhkan modal yang banyak.

    2. Bola ubi
    Masih dengan makanan yang berjenis gorengan, ada bola ubi yang saat ini sedang hits di kalangan jajanan anak muda karena harganya sangat terjangkau dan kelezatannya tidak perlu kamu pertanyakan lagi. Bola ubi sebenarnya merupakan hasil inovasi dari kuliner ubi goreng yang dibuat dengan bentuk bola sehingga terlihat lebih menarik dan mudah disantap.

    Untuk citarasanya, meski sama-sama berbasis ubi goreng, tapi bola ubi memiliki citarasa yang berbeda karena teksturnya lebih lembut dan ada bahan campuran di dalamnya. Kamu bisa menggunakan jenis ubi ungu atau ubi kuning untuk membuat tampilan warnanya jadi lebih cantik dan menambahkan taburan gula halus di atasnya.

    3. Martabak manis gulung
    Martabak menjadi kuliner malam yang memiliki banyak penggemar sehingga kalau kamu membuka usaha martabak pasti akan laris manis. Tapi jika tampilan martabakmu sama seperti yang lain, pasti tidak akan terlihat istimewa. Martabak di Indonesia memiliki dua jenis, yakni martabak telur dan martabak manis. Kedua jenis martabak ini selalu mengalami inovasi, terutama dari segi citarasa.

    Agar tidak sama seperti yang lain, cobalah untuk membuat tampilan martabak manis jadi lebih unik dengan cara menggulungnya seperti kue bolu gulung. Bentuknya yang unik bisa menarik perhatian dan membuat orang ingin mencobanya. Apalagi jika kamu membuatnya dengan varian warna berbeda sesuai dengan rasanya. Misalkan warna hijau untuk rasa pandan, warna hitam untuk rasa blackforest, dan lain sebagainya.

    4. Bolu bakar
    Usaha makanan unik dengan modal kecil selanjutnya ada bolu bakar yang menghadirkan kue bolu dengan tampilan dan citarasa berbeda. Bolu bakar sebenarnya bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Bandung karena di kota kembang tersebut, bolu bakar menjadi jajanan kali lima khas Bandung. Tapi tidak ada salahnya mencoba peruntungan usaha makanan unik dengan modal kecil ini.

    Bolu bakar merupakan kue bolu biasa yang disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu, lalu dioles dengan beragam jenis isian di dalamnya sehingga citarasanya jadi berbeda. Ketika dibakar, bolu akan mengeluarkan aroma wangi yang bisa menggugah selera siapa saja.

    5. Pisang bakar Milo
    Tren pisang bakar memang sudah lama berlalu, lantas apakah usaha pisang bakar masih bisa laku? Kamu jangan menganggap remeh pisang bakar terlebih dahulu karena jika dilakukan inovasi, maka pisang bakar bisa hadir dengan tampilan dan citarasa yang berbeda. Terinspirasi dari es kepal milo yang sedang banyak digandrungi, kamu bisa membuka usaha pisang bakar milo. Pisang bakar milo merupakan pisang yang dibakar hingga matang lalu disajikan bersama dengan susu kental manis atau lelehan cokelat dan pastinya taburan milo bubuk.

    Untuk menjalankan usaha makanan unik dengan modal kecil ini, kamu harus mencari pisang yang memiliki tekstur lembut ketika dibakar seperti pisang kepok atau pisang uli. Agar modal yang dibutuhkan tidak banyak, kamu bisa mulai mempromosikan makanan ini secara online atau menjualnya di depan rumah.

    6. Nasi goreng volcano
    Inovasi kuliner memang tidak akan pernah berhenti karena dengan adanya inovasi, masyarakat tidak akan merasa bosan untuk membeli kuliner tersebut secara terus menerus. Hal ini berlaku pada nasi goreng yang masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia. Nasi goreng merupakan kuliner yang sangat mudah dibuat sehingga jika kamu ingin membuka usaha nasi goreng, maka kamu harus membuat nasi goreng yang berbeda.

    Cobalah untuk membuat nasi goreng volcano yang memadukan citarasa tradisional dengan western karena menggunakan campuran keju untuk digunakan sebagai lelehan volcanonya. Selain keju, kamu juga bisa membuat aneka saus leleh lainnya seperti saus BBQ, saus tomat, saus jamur, dan lain sebagainya.

    7. Cakwe isi kekinian
    Terakhir ada cakwe isi kekinian yang menjadi usaha makanan unik dengan modal kecil karena tidak membutuhkan banyak dana untuk membuatnya. Seperti yang kamu ketahui, cakwe merupakan street food yang berasal dari negeri China. Jajanan ini biasanya dijual di gerobak kaki lima bersama dengan saus cocolannya.

    Supaya tampil berbeda, kamu bisa memadukan cakwe dengan aneka isian menarik yang akan membuat citarasanya jadi berbeda. Misalkan saja memadukan cakwe dengan isian cincangan daging burger, okonomiyaki, dan lain sebagainya. Dengan begitu, orang akan penasaran dengan cakwe milikmu.

    Strategi untuk menjalankan usaha makanan unik dengan modal kecil
    Layaknya usaha lainnya, usaha makanan juga perlu strategi tertentu agar bisa terus berjalan dan bertahan lama. Coba kita lihat dulu apa saja strategi yang bisa kamu lakukan!

    • Rajin bereksperimen dan berinovasi
    Namanya juga usaha makanan, jika kita menyajikan menu yang itu-itu saja, orang pasti akan bosan dan berpindah ke yang lain. Oleh karena itu, kamu harus rajin melalukan eksperimen dengan mencoba menggabungkan menu makanan milikmu dengan makanan lain sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baru.

    • Uji coba makanan
    Setelah mendapatkan menu makanan baru, jangan langsung memasarkannya begitu saja karena kamu harus melakukan uji coba terlebih dahulu dengan memberikan sampel makanan kepada orang-orang terdekat atau pelanggan secara gratis dan meminta pendapat dari mereka. Dengan begitu, makanan baru hasil eksperimenmu bisa lebih berkembang dan diterima oleh pasar.

    • Promosikan melalui sosial media
    Punya budget yang terbatas bukan berarti tidak bisa melakukan promosi usaha. Manfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, hingga instagram untuk mempromosikan usaha makanan unik dengan modal kecil milikmu. Kunci utama dari promosi di media sosial adalah buat foto makananmu semenarik mungkin dan posting di jam-jam tertentu seperti setengah jam sebelum makan siang atau jam pulang kantor. Jangan lupa untuk memberikan diskon menarik seperti memberikan cashback hingga potongan harga agar dapat menggaet calon pelanggan.

    • Kembangkan usaha dengan pinjaman modal KTA
    Kamu pastinya ingin usaha yang dimiliki terus berkembang. Tapi untuk mengembangkan usaha makanan unik dengan modal kecil pasti dibutuhkan modal untuk biaya bahan baku, operasional, promosi, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usahamu. Selain KUR (Kredit Usaha Rakyat), kamu juga bisa mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang prosesnya jauh lebih mudah dan cepat. KTA memberikan pinjaman cepat cair dalam jangka waktu 1-14 hari kerja. Ditambah lagi, pinjaman yang diberikan bisa mencapai ratusan juta dan masa tenor cicilan bisa sampai 60 bulan.

    Sumber
     
  2. Tas Fandy

    Tas Fandy New Member

    Joined:
    Sep 26, 2019
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Terimakasih om sudah membantu sekali. Tp gak berani lah kalau suruh pinjam modal
     
  3. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    bisnis kecil memang harus dari makanan dulu ya karna modalnya juga gak gede
    tapi saingannya juga byk :D
     
Loading...

Share This Page