7 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mau Kredit Motor

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 15, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    395
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum ketika bepergian. Alasannya si karena lebih fleksibel, maka dari itu saat ini banyak orang membeli kendaraan roda dua dengan cara kredit.

    Saat ini, ada sejumlah perusahaan leasing yang menawarkan kredit motor dengan berbagai keunggulan, seperti bunga rendah, uang muka kecil, atau tenor pinjaman yang lama. Nah, sebelum memutuskan, sebaiknya ketahui beberapa kesalahan yang harus dihindari saat kredit motor berikut ini.


    1. Kurang cermat menghitung kemampuan finansial
    Apakah Anda telah benar-benar mempertimbangkan kemampuan finansial sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit motor? Setuju untuk membeli motor secara kredit berarti Anda harus siap untuk membayar cicilan tiap bulan dengan jumlah tertentu. Ingat, semakin pendek tenor pinjaman yang dipilih, cicilan tiap bulan akan semakin besar.

    Idealnya, persentase jumlah cicilan utang, termasuk kredit motor, dari pemasukan tiap bulan adalah sekitar 30%. Jika melebihi persentase tersebut, Anda berisiko mengalami masalah keuangan.


    2. Memilih perusahaan leasing yang tidak profesional
    Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah memilih perusahaan leasing yang tidak profesional atau justru palsu. Tingginya tingkat permintaan terhadap kredit motor mendorong banyak perusahaan kredit menawarkan sejumlah keuntungan kepada calon pembeli dalam bentuk promo.

    Akan tetapi, jangan mudah tergiur oleh berbagai tawaran promo tersebut, apalagi jika kurang masuk akal. Terlebih dahulu, teliti rekam jejak perusahaan leasing. Sebaiknya, pilihlah perusahaan leasing yang sudah tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).


    3. Memilih tenor pinjaman yang paling panjang


    [​IMG]
    Pilihlah tenor yang paling panjang

    Tenor pinjaman yang panjang memang membuat cicilan tiap bulan lebih ringan. Namun, perlu diketahui bahwa besar bunga yang harus dibayar justru lebih banyak. Nah, banyak orang yang salah memahami hal ini sehingga tanpa pikir panjang memilih tenor pinjaman maksimal yang diperbolehkan pihak leasing.

    Sebaiknya, jika kondisi finansial memungkinkan, pilihlah tenor yang menawarkan cicilan dengan nilai yang masih mampu ditanggung. Bukan hanya lebih untung dalam pembayaran, kredit motor Anda pun akan lebih cepat lunas. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kalau di hitung, total harga kredit sangat tinggi dari harga kes. Tapi kalau mentok gak punya uang, dan sudah berusaha pinjam kesana kemari tidak ada, ya terpaksa harus nyicil tiap bulan*huh*
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    395
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iyaa bener banget gan, jadi serba salah ya gan
     
Loading...

Share This Page