7 Manfaat Bersepeda Berdasarkan Penelitian Ilmiah, Kamu Wajib Tau!

Discussion in 'Health & Medical' started by Taufiq Fadhilah, Jul 26, 2020.

  1. Taufiq Fadhilah

    Taufiq Fadhilah New Member

    Joined:
    May 15, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    manfaat bersepda-rubrikpena-unsplash.jpg Rubrikpena.com - Olahraga bersepeda kini tengah menjadi tren di Indonesia. Tepatnya ketika masa PSSB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa wilayah diakhiri. Kemudian diikuti oleh himbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga, dan bersepeda menjadi pilihan. Karena manfaat bersepeda juga cukup kompleks.

    Misalnya bersepeda selain dapat dijadikan sebagai alat transportasi sekaligus bisa menjaga kebugaran tubuh, dan pastinya lebih ramah terhadap lingkungan.

    Akhirnya, tak sedikit masyarakat yang kemudian merogoh kocek untuk membeli sepeda, mengikuti tren sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dari bersepeda.

    Lalu apa saja sih manfaat dari olahraga bersepeda? Agar kemudian bersepeda ini bisa terus menjadi tren olahraga di seluruh kalangan masyarakat.

    1. Mengontrol Berat Badan
    Bersepeda adalah salah satu pilihan olahraga yang dapat membantu mensukseskan program diet. Karena bersepeda dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga dapat mengurangi lemak dan terhindar dari obesitas.

    Sebuah penelitian menunjukkan orang yang beralih dari pengemudi kendaraan bermotor ke sepeda dapat menurunkan berat badan rata-rata 7 kg selama setahun ketika mengendarai sepeda 30 menit sekali jalan.
    Selain itu, masih dalam sebuah penelitian bersepeda selama setengah jam dapat membakar 300 kalori.

    Bersepeda Yuk! Karena bersepeda adalah salah satu latihan kardio terbaik yang cocok untuk segala usia, yang menginginkan dampak kesehatan.

    Namun kembali lagi, sukses tidaknya mengontrol berat badan melalui bersepeda akan bergantung pada kita. Karena harus dilakukan dengan konsisten dengan diikuti pola makan yang sehat dan teratur.

    2. Menjaga Kesehatan Jantung
    Penyakit jantung adalah salah satu kasus penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Masyarakat pun menyadari keadaan ini, agar kemudian dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

    Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa melakukan olahraga bersepeda secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga mencapai angka 50 persen.

    Sehingga mengikuti tren bersepeda juga dapat dijadikan sebagai alasan untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya ketika mengayuh sepeda detak jantung akan meningkat dan dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lancar.

    3. Memperkuat Sistem Imun
    Imunitas yang kuat dikala pandemi ini adalah salah satu hal terpenting yang harus kita jaga. Karena ketika imunitas kita menurun maka virus akan mudah masuk ke tubuh sehingga akan berdampak pada kesehatan.

    Bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab bersepeda dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh dan membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

    Penelitian pun membuktikan olahraga aerobik yang salah satunya bersepeda dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

    4. Mampu Menghilangkan Stres
    Salah satu dampak akibat pandemi COVID-19 ini adalah masyarakat harus beraktivitas #DirumahAja, akibatnya banyak orang merasakan jenuh atau bahkan stres dengan keadaan yang tidak biasa ini.

    Sedangkan stres akan berpengaruh pada kekebalan tubuh yang menjadi menurun, dan hal lain yang ditakutkan adalah tubuh kita akan mudah terserang virus yang mengakibatkan penyakit.

    Maka kita perlu kemudian mengendalikan stres menjadi energi positif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

    Nah, bersepeda memiliki salah satu manfaat untuk menghilangkan stres. Karena dengan bersepeda dapat meningkatkan endorfin di dalam tubuh. Hal ini salah satunya didapatkan dari proses mengayuh pedal sepeda secara berulang karena ada irama yang tercipta darinya.

    Menurut sebuah organisasi kesehatan di Inggris, manfaat dari bersepeda ialah dapat meningkatkan suasana hati, yaitu mempengaruhi pelepasan dan penyerapan kimia di otak dan akan membuat kita merasa diselimuti suasana hati yang baik.

    5. Mengontrol Diabetes
    Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius di Indonesia.
    Salah satu cara untuk mencegah terkena diabetes adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

    Nah, berkaitan dengan manfaat bersepeda, resiko diabetes pun dapat dicegah dengan olahraga ini.
    Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia menunjukkan, bersepeda 30 menit per hari mampu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.

    Maka, bersepeda dengan rutin dapat membantu mengurangi resiko diabetes yang terus mengintai. Pasalnya olahraga ini memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh kita tetap terkendali.

    6. Mengatasi Insomnia
    Insomnia atau gangguan susah untuk tidur bisa melanda siapa saja. Gangguan insomnia ini juga akan memiliki dampak kesehatan, karena kurangnya waktu tubuh untuk beristirahat.

    Salah satu cara yang dapat mengatasi gangguan insomnia adalah olahraga, dan olahraga merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat yang ditakutkan akan memiliki efek samping jangka panjang.

    Olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung lah yang dipercaya dapat mengatasi insomnia, dan bersepeda adalah salah satu dari berbagai aktivitas olahraga ini.

    Ditegaskan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep, sekitar 20 persen populasi di seluruh dunia akan menghadapi masalah tidur seperti insomnia. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga.

    7. Mengurangi Polusi Udara
    Kualitas udara cukup besar dipengaruhi oleh perilaku kita dalam pemilihan alat transportasi. Maka memilih kendaraan yang ramah lingkungan adalah bagian dari upaya kita untuk menjaga kualitas udara kita tetap sehat.

    Sepeda adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga udara dari polusi sekaligus dapat menyehatkan.

    Karena setiap orang sangat membutuhkan udara yang bersih dan sehat, dan memulai dari diri sendiri adalah sebuah pilihan untuk mewujudkannya.

    Namun bagaimana jika kita bersepeda di tengah perkotaan, yang notabennya memiliki udara yang berpolusi?

    Sebuah penelitian mengatakan bahwa bersepeda di udara yang berpolusi tetep memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan resiko menghirup udara yang kotor.

    Maka atas hasil dari penelitian ini masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan tidak perlu kemudian ragu untuk berolahraga di jalan kota yang berpolusi. Karena manfaat dari sepeda itu masih lebih besar.
    ___
    Itulah tujuh manfaat olahraga bersepeda berdasarkan pelbagai penelitian. Tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari bersepeda.

    Namun, pada intinya bersepeda akan membuat badan kita menjadi lebih sehat dengan catatan dilakukan dengan teknik bersepeda yang benar dan dilakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

    Selain itu, manfaat dari bersepeda juga ialah kita telah berkontribusi untuk menjaga kualitas udara kita menjadi lebih baik dengan mengurangi polusi dari kendaraan yang kita gunakan.
     
  2. avirss

    avirss Member

    Joined:
    May 1, 2014
    Messages:
    222
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Saya ada sepeda tp malas mau keliling
     
  3. Taufiq Fadhilah

    Taufiq Fadhilah New Member

    Joined:
    May 15, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    padahal kalo udah nyoba bisa-bisa ketagihan :)
     
  4. framdani86

    framdani86 Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    baru baru ada sepeda saya rajin gowes, tapi kesininya ko jadi mager:D
     
  5. Ari Wisnu

    Ari Wisnu New Member

    Joined:
    Oct 29, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
  6. framdani86

    framdani86 Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page