7 Tips Mengasah Daya Nalar untuk Mengerjakan Soal HOTS

Discussion in 'Education' started by Le Jieun, Aug 26, 2020.

  1. Le Jieun

    Le Jieun New Member

    Joined:
    Jul 29, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Soal HOTS atau Higher Order of Thinking Skill merupakan soal yang menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi, mulai dari kritis, reflektif, logis kreatif dan metakognitif.

    Dalam dunia pendidikan Soal HOTS mengarah pada evaluasi, analisis serta kreasi.

    Evaluasi yaitu kemampuan berpikir untuk mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang didapat. Analisis yaitu kemampuan berpikir untuk menspesifikasikan aspek dalam konteks tertentu. Sedangkan kreasi merupakan kemampuan berpikir untuk menciptakan ide.

    Soal HOTS seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi siswa, mulai dari bank soal SD hingga SMA. Padahal tujuan adanya soal HOTS sendiri yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa lebih tinggi dan menuntut kurikulum untuk menghadapi tantangan di abad ke-21 setelah revolusi industri 4.0. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini yang merupakan 7 tips mengasah daya nalar untuk mengerjakan soal HOTS, di antaranya yaitu:

    1. Membuat Aktivitas Belajar Lebih Menyenangkan
    Sebelum mengerjakan soal HOTS, para siswa dituntut untuk mempersiapkannya dengan baik, misalnya pada murid sekolah dasar yang harus mengerjakan latihan soal SD untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Meskipun begitu masih banyak murid yang merasa tidak memiliki waktu belajar lantaran kegiatannya yang sangat padat. Namun dengan menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan, maka murid dapat menyisihkan waktu untuk belajar.

    Para siswa bisa mencari referensi pembelajaran melalui video di internet, selain itu, ada banyak platform online yang mendukung belajar anak dan memberikan latihan soal hots, misalnya kejarcita.id. Dengan begitu tentunya belajar semakin mudah dan lebih menyenangkan.

    2. Menemukan Kata Kunci
    Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa soal HOTS SD membutuhkan kemampuan berpikir analisis yang tinggi, maka tak heran jika isi soalnya cukup berbelit dalam penggunaan kata. Untuk mengasah daya nalar siswa, mereka harus bisa dan terbiasa menemukan kata kuncinya terlebih dahulu dari soal tersebut. Jika Anda sudah menemukan kata kunci pada soal tersebut, Anda sudah bisa mengisinya dengan mudah dan tepat sesuai dengan alur pertanyaannya.

    3. Mendalami Materi Bukan Hanya Menghafal
    Seringkali para siswa dan siswi salah paham dengan konsep belajar untuk menyiapkan ujian, yaitu dengan menghafal dan bukan dengan pendalaman materi. Padahal teknik menghafal bukanlah konsep belajar yang bagus, terutama saat ingin mengerjakan soal HOTS.

    Pendalaman materi lebih penting daripada menghafal, misalnya dengan mengetahui makna dari definisi, bagaimana rumus tersebut bisa tercipta hingga mengaitkan satu hal dengan hal yang lainnya. Dengan begitu, para siswa bisa mengerjakan soal apapun dengan mudah.

    4. Menyelesaikan Soal Secara Sistematis
    Biasanya soal hots berisi permasalahan yang panjang, oleh sebab itu, Anda bisa merangkainya secara sistematis terlebih dahulu agar mudah mengerjakannya. Anda dapat membuat point atau garis besar dari soal tersebut lalu mengerjakannya.

    5. Mengkategorikan Soal Menggunakan Tanda
    Biasanya soal hots pada ujian berisi 15 hingga 20% dari keseluruhan soal, maka Anda perlu strategi yang tepat untuk mengerjakannya, yaitu dengan mengkategorikan soal mulai dari yang mudah, sedang hingga sulit. Dengan mengkategorikan soal, Anda bisa mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan bisa mengira-ngira berapa nilai yang bisa kamu dapatkan.

    6. Belajar Sesuai Kisi-kisi Ujian
    Sebelum melaksanakan ujian, Anda bisa belajar sesuai kisi-kisi soal pada tahun lalu atau perkiraan soal HOTS. Hal tersebut bertujuan agar para murid bisa belajar lebih terarah dan siap menghadapi ujian yang akan datang. Jangan lupa untuk fokus pada materi pembelajaran.

    7. Berlatih Banyak Soal
    Selain belajar sesuai kisi-kisi, para siswa juga harus sering berlatih banyak soal. Semakin sering mengerjakan latihan soal, maka daya nalar dan tingkat berpikir Anda akan semakin meningkat. Anda bisa mencari soal hots yang lengkap dan mulai melatih diri mengerjakan soal tersebut.

    Itulah 7 tips mengasah daya nalar agar dapat mengerjakan soal HOTS dengan mudah. Jangan lupa untuk rajin belajar, sering berlatih soal dan melakukan strategi yang tepat untuk mengerjakannya.
    ‌‌‌‌‌‌
     
  2. Adam Levine

    Adam Levine New Member

    Joined:
    Aug 10, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    setuju klo sekarang sudah harus mulai menerapkan soal hots agar sdm di indonesia bisa berkembang
     
Loading...

Share This Page