7 Tips Meningkatkan Kesehatan Mental Untuk Karyawan Kantor

Discussion in 'General Discussion' started by seotog, Oct 23, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    231
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    7 Tips Meningkatkan Kesehatan Mental Untuk Karyawan Kantor.jpg

    Sobat TOG, jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita setiap hari lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Walaupun sudah banyak kantor dengan sistem kerja yang lebih fleksibel, Anda tetap diharuskan menatap layar komputer selama berjam-jam setiap harinya. Tampilan layar monitor komputer yang tidak berubah dan tumpukan berkas serta peralatan kantor di meja kerja Anda tentu akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.

    Tidak bisa dipungkiri bekerja sepanjang hari dan harus berkutat dengan rutinitas yang membosankan membuat kita mudah terserang stres dan mengakibatkan kesehatan tubuh terganggu. Sebuah survey pada tahun 2015 yang diadakan di Jakarta, menyebutkan bahwa salah satu penyebab stres warga Jakarta adalah karena beban kerja atau tekanan dalam pekerjaan yang cukup tinggi. Belum lagi tuntutan memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat.

    Bahkan ini masih tentang beban kerja, belum lagi lingkungan kerja yang tidak selalu kondusif dan sesuai dengan harapan kita. Ada kalanya lingkungan yang membuat kita mudah mengalami stres hingga tidak jarang pula kita terkena depresi.

    Kita harus seimbang dalam kesehatan baik secara fisik maupun mental, Lalu bagaimana caranya supaya kita tetap bisa menyeimbangkan kesehatan mental saat berbagai tuntutan dan tekanan dalam pekerjaan yang mengalir tiada henti?

    Berikut ini ada 7 tips yang bisa kita coba ikuti:

    1. Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja

    [​IMG]

    Stres bukan hanya karena tekanan dan tuntutan pekerjaan yang tinggi. Lingkungan yang tidak kondusif juga menjadi salah satu penyebab kamu mudah terserang stres. Membangun hubungan baik dengam lingkungan memang harus selalu dilakukan.

    Sekalipun tidak semua orang bisa menerima dan bersikap baik padamu. Bahkan akan ada banyak konflik yang kamu lihat dan kamu alami saat berada di lingkungan kerja.

    Meski tidak mungkin membahagian banyak orang dan membuat mereka menerima kita apa adanya. Setidaknya kamu sudah berniat membantu dan membuat suasana menjadi baik. Nah, saat kamu bisa menerima lingkungan dan terus berusaha mengkondisikan hubungan dengan orang lain, maka bukan hal sulit bagimu untuk mengelola stresmu sendiri.

    2. Menyukai pekerjaanmu!

    Ada banyak pekerja yang tidak puas dengan pekerjaan mereka saat ini. Bukan hanya karena tidak mampu mencapai dan memenuhi target yang telah ditetapkan. Ada pula yang merasa apa yang mereka kerjakan tidak sesuai bahkan tidak harusnya mereka kerjakan. Banyak pekerja yang merasa harus bekerja sesuai passion atau lamaran yang mereka kirimkan.

    Namun pada kenyataannya dunia kerja tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bahkan cenderung berbeda dari apa yang kita ekspektasikan. Meski sulit di awal untuk menerima dan menjalani. Tapi cobalah ambil sisi positifnya. Kamu menjadi lebih banyak tahu tentang banyak hal.

    Kamu tidak perlu repot meminta sebab kamu dipercaya mengerjakan pekerjaan tersebut tanpa meminta. Kamu diberi waktu untuk belajar dan beradaptasi dengan hal baru. Tak mudah, tapi tetap sukailah apa yang kamu kerjakan. Nikmati selagi bisa. Jika memang tidak bisa, jangan ragu bicarakan dengan atasanmu. Jangan dipendam dan terlalu memaksakan diri.

    3. Jangan malu untuk bertanya

    [​IMG]

    Banyak pekerja stres karena tidak harus bagaimana menyelesaikan pekerjaan mereka. Bukan karena tidak menemukan cara, tapi malu untuk bertanya. Dengan berbagai alasan kamu merasa mampu melakukan semuanya sendiri. Meski pada kenyataannya kamu menjadi lebih mudah stres karena terlalu banyak memendam rasa penasaran.

    Itulah alasan kenapa kamu harus mampu beradaptasi dengan lingkungan. Tak perlu menjadi orang yang selalu ceria dan terlihat tidak memiliki masalah. Beradaptasi dengan lingkungan membantumu mudah mendapatkan bantuan.

    4. Tingkatkan kemampuan beradaptasimu agar terhindar dari masalah stres

    Bekerja di tempat yang kita inginkan, melakukan pekerjaan yang disukai tentu menjadi impian kita. Bahkan kita bisa membayangkan bisa meraih karir gemilang dengan cara yang mudah, gaji tinggi dan penuh dengan rencana liburan yang menyenangkan. Tapi apakah realitanya demikian? Tidak semua mendapatkan apa yang mereka inginkan.

    Bahkan menjadi sebuah hal yang wajar jika kamu tiba-tiba berpindah tugas ke kantor cabang yang jauh dari hiruk pikuk kota. Melakukan pekerjaan yang tidak kamu sukai bahkan selalu kamu hindari. Tentu saja hal ini memicu stres muncul dalam dirimu.

    Inilah alasannya kenapa setiap dari kita harus bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan. Sekalipun kamu orang yang cenderung pendiam dan pemalu, jarang bersosialisasi dan cenderung lebih suka bekerja sendiri. Ketahuilah, kamu pun akan tetap membutuhkan orang lain untuk bekerja. Untuk itu belajar beradaptasi akan membuatmu lebih mudah menguasai lingkungan dan situasi kerja yang menekanmu.

    5. Mempunya tujuan yang jelas

    [​IMG]

    Ingat, ketika kamu memutuskan untuk bekerja maka mimpimu tidak hanya sebatas tentang gaji besar dan jabatan tinggi. Saat kamu tahu kemana arah dan tujuan hidupmu. Kamu akan lebih mudah dan cepat menemukan cara untuk menggapai impianmu.

    Jangan hanya bergantung pada apa yang kamu miliki saat ini. Memiliki mimpi adalah salah satu cara kamu untuk bersyukur karena telah mampu melalui hari-hari dalam hidupmu dengan baik. Jangan sampai menyesal karena terlalu nyaman dengan dirimu saat ini. Hingga suatu hari kamu tertekan dengan keadaan lingkungan yang sudah jauh melangkah dari posisimu saat ini.

    6. Seimbangkan waktumu bentuk dari menghargai diri sendiri

    Sebelum mulai bekerja, harusnya kamu telah memahami bagaimana situasi dan kondisi dalam dirimu. Sanggupkah kamu dengan segala tuntutan yang akan kamu terima? Ataukah kamu masih butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

    Stres bukan hanya karena tuntutan yang tinggi dari pekerjaan maupun tekanan dari lingkungan. Tapi juga dari kemampuanmu menyeimbangkan waktu. Saat kamu tahu bahwa hidup seimbang adalah yang utama. Di mana saat kamu bekerja kamu akan bekerja semaksimal mungkin, dan di kala tiba waktunya istirahat ataupun pulang, maka kamu tidak akan melewatkannya.

    7. Don't push yourself too much!

    [​IMG]

    Tetap ingat batasan dalam dirimu sendiri. Yang paling tahu bagaimana kamu dan seberapa kuatnya kamu adalah dirimu sendiri. Kamu tidak perlu memaksa hanya untuk dianggap hebat oleh orang lain. Kamu pun tidak perlu menjadi orang lain hanya untuk mendapatkan pengakuan yang sesungguhnya memberatkanmu.

    Bekerja adalah salah satu caramu bersyukur pada hidup. Dan menjaga kesehatan baik fisik maupun mentalmu agar tetap bahagia adalah salah satu caramu bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh-Nya.

    Jangan paksakan apa yang tidak sanggup kamu lakukan. Lakukan yang kamu ingin lakukan. Jangan menahan apapun hanya karena orang tidak menyukai dan menentangmu. Selagi kamu tahu caramu tidak salah dan tidak merugikan orang lain. Maka lakukanlah.

    -

    PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

    -

    Salam Sukses

    [​IMG]
     
Loading...

Share This Page