7 Tips Perawatan untuk Mesin Laser Cutting Engraving

Discussion in 'General Discussion' started by RyanNDI, Dec 2, 2020.

Tags:
  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Laser cutting engraving adalah alat yang bisa dijadikan sebagai mesin investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan sistem laser ini sangat mudah digunakan jadi bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam waktu yang relatif singkat, dan dengan biaya yang cukup terjangkau. Tapi, untuk memulai bisnis tidak hanya memperhatikan penggunaannya saja, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana perawatan untuk mesin laser cutting engraving. Pentingnya perawatan pada barang apapun itu adalah untuk menjaga agar barang yang Anda gunakan tetap awet dan minim mengalami masalah. Oleh karena itu, disini kita akan memberikan tips-tips perawatan yang sangat bermanfaat agar mesin laser cutting engraving Anda dapat berjalan dalam kondisi prima dan awet.

    1. Untuk pengerjaan cutting dan grafir, Anda bisa menghindari menggunakan bahan PVC. Hal ini dikarenakan pengerjaan untuk bahan PVC mengeluarkan asap pekat yang mengandung partikel-partikel bersifat adhesive (lengket) yang bisa menempel di fan belt, roda gigi motor, dan rel tempat pergerakan kepala laser yang berisiko menimbulkan masalah pada kinerja berbagai parts apabila berlangsung secara terus-menerus.

    2. Hindari untuk pengerjaan bahan sticker, karena bahan sticker bisa berisiko membuat parts mesin laser cutting engraving mengalami gangguan.

    3. Disarankan untuk menggunakan stavolt atau UPS saat pengoperasian mesin. Hal ini dikarenakan saat pengoperasian, mesin laser cutting engraving membutuhkan listrik yang stabil. Jika tidak, itu akan berpengaruh pada kinerja dan keawetan mesin laser cutting engraving.

    4. Jangan lupa untuk rutin diberikan oli pelumas pada bagian rel tempat pergerakan kepala mesin laser cutting engraving! Ini untuk menjaga pergerakan mesin supaya tetap halus.

    5. Untuk bagian lensa mesin laser cutting engraving, itu bisa dibersihkan secara berkala, agar sinar laser senantiasa fokus dan efektif dalam pengoperasiannya. Adapun lensa mesin laser cutting engraving terdiri atas 2 lensa pantul dan 1 lensa fokus yang berfungsi untuk media pemantulan sinar laser dari tabung laser menuju material. Untuk membersihkan lensa fokus bisa dengan menggunakan cotton bud yang dilumuri dengan alkohol, lalu bisa dibersihkan secara lembut.

    6. Area pada meja mesin laser cutting engraving juga perlu untuk dibersihkan secara rutin. Anda bisa menggunakan blower atau vacuum cleaner. Selain membuat area kerja menjadi bersih dan nyama, hal ini juga dapat menjaga sisa kotoran yang ada pada area meja agar tidak menempel pada mesin.

    7. Untuk perawatan mesin laser cutting engraving direkomendasikan untuk menggunakan cairan coolant radiator untuk chiller pendingin mesin, dan dicek secara berkala setiap 3-6 bulan. Bila cairan telah berkurang dalam batas minimal atau umurnya telah mencapai sekitar 1-2 tahun, maka dapat diganti cairannya dengan cairan yang baru.

    Itulah tips-tips untuk merawat mesin laser cutting engraving agar awet digunakan. Jika mesin dirawat dengan baik, maka kinerja pada mesin juga akan berjalan baik. Tidak hanya mesin, jika Anda mempunyai suatu barang, maka perlu yang namanya perawatan agar meminimalisir terjadinya gangguan pada barang Anda. Bagi Anda yang membutuhkan mesin laser dan suku cadang mesin laser untuk keperluan industri Anda, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT. Maxima Global Multiteknik. PT. Maxima Global Multiteknik adalah penyedia mesin dan suku cadang untuk kebutuhan laser pengelasaan, pemotongan, dan grafir terbaik dengan dukungan seluruh mitra perusahaan dan penerapan manajemen teknologi yang efektif dan efisien. Untuk informasi lebih lengkap, bisa Anda dapatkan melalui website official PT.Maxima Global Multiteknik di https://maximaglobalmultiteknik.com/.

    Kunjungi Juga: Mesin Laser Grafir
     
Loading...

Share This Page