7 Tips untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu di Akhir Tahun

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Triana A., Dec 14, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    51
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Momen akhir tahun menjadi peluang bagi banyak pebisnis khususnya bisnis ritel dan bisnis online untuk memaksimalkan penjualan. Di sisi lain, tingkat kompetisi pada momen ini juga semakin tinggi karena begitu banyak bisnis yang menawarkan promo-promo menarik.

    Bagaimana agar penjualan bisa maksimal saat akhir tahun? 7 cara ini bisa kamu coba untuk terapkan.

    Rencanakan Sejak Awal
    Agar penjualan bisa berjalan lancar, siapkan rencana sejak awal mulai dari strategi pemasaran, promosi, target penjualan, target traffic, target pembeli, dan lain-lain. Tentukan target dan persiapan berdasarkan analisis data pada tahun atau momen penjualan sebelumnya. Persiapan yang matang akan membantumu mengelola penjualan dengan lebih tepat.

    Siapkan Platform dengan Baik
    Terutama jika kamu berjualan di website, pastikan website berjalan lancar apabila jumlah traffic meningkat. Menurut riset, apabila website membutuhkan waktu lebih dari 5 detik untuk diakses, maka customer tidak mau menunggu dan memilih untuk keluar. Maka itu siapkan website dengan baik mulai dari tampilan, kemudahan untuk diakses dan dinavigasikan, hingga metode pembayarannya.

    Begitu pula apabila kamu berjualan di marketplace atau media sosial, pastikan seluruh fitur sudah selaras mulai dari foto-foto produk, deskripsi produk, detail harga, banner toko, dan lainnya.

    Sediakan Stok
    Pastikan stok produkmu cukup. Sediakan stok berdasarkan data penjualan sebelumnya. Apabila memungkinkan, selaraskan jumlah stok secara otomatis dengan informasi stok pada platform sehingga customer yang ingin membeli mengetahui jumlah stok yang tersedia.

    Selain produk, siapkan juga stok-stok lainnya seperti packaging, gift wrap, stiker harga, dan banyak lagi. Informasikan mengenai jumlah stok yang kamu perlukan kepada distributor agar semuanya siap.

    Baca Juga: Tips Mempersiapkan Stok dengan Baik Jelang Harbolnas 12.12 & Liburan Akhir Tahun

    Diversifikasi Produk
    Terutama bagi bisnis baru yang pilihan produknya masih sedikit, sebaiknya lakukan diversifikasi produk dengan menawarkan produk baru khusus momen spesial seperti produk khusus Natal, Lebaran, atau tahun baru yang hanya tersedia pada momen-momen tertentu. Dengan terbatasnya produk, akan timbul sense of urgency sehingga customer lebih tertarik untuk segera membeli.

    Bangun Hubungan Emosional dengan Customer
    Menurut riset, pesan dengan unsur emosional lebih efektif dibanding yang menekankan unsur rasional. Maka itu, kamu bisa membuat konten yang menekankan nilai emosional ini. Misalnya untuk konten atau iklan seputar Natal dan tahun baru, kamu bisa menampilkan tema keluarga atau kebersamaan.

    Tawarkan Layanan yang Berkualitas
    Bagaimana pun juga, kualitas layanan menentukan tanggapan dan kesan customer terhadap brand atau bisnismu. Kualitas layanan yang buruk dapat membuat customer enggan untuk kembali berbelanja.

    Review atau tanggapan negatif dari customer dapat membuat reputasi bisnis kurang baik dan akhirnya menjauhkan calon-calon customer baru. Apalagi sebagian besar konsumen mengandalkan review dalam membuat keputusan berbelanjanya. Maka itu, pastikan kamu memberikan layanan terbaik. Latih dan persiapkan stafmu untuk menghadapi berbagai pertanyaan dari customer.

    Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menjalankan Bisnis Online

    Tentukan Strategi Logistik & Pengiriman
    Terakhir, dengan semakin dekatnya liburan akhir tahun, penting bagi bisnis untuk berkolaborasi dengan jasa pengiriman barang yang dapat diandalkan. Siapkan strategi pengiriman sebelum momen penjualan puncak.

    Bagikan informasi dengan partner pengiriman mengenai strategi penjualan yang kamu jalankan agar dapat bekerjasama mengatur pengiriman yang mengoptimal. Analisis data dari pengiriman momen puncak sebelumnya. Kapan hari paling sibuk dari penjualan bisnismu di momen yang sama tahun lalu?

    Bangun fleksibilitas untuk operasional bisnismu, misalnya jika ada customer yang membutuhkan order dengan cepat atau menerima paket di waktu tertentu. Diskusikan ini dengan partner pengirimanmu agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

    Sumber: 7 Tips untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu di Akhir Tahun
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    105
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    A
    dakah bisnis yang potensial di tahun 2021 nanti untuk industri digital?
     
  3. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    165
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Lumaya sekali tips...

    Kalau bisa setiap judulnya diberi nomor agar kita memudahkan dalam membacanya dan enak dipandang.

    Dan juga penjelasannya lebih disingkat lagi minimal 1 kalimat hanya 160 kata.

    Terima kasih
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    893
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Saat ini marketppace masih menjadi pilihan, yang instan dan cepat pakai ads mereka, kareka kalau tidak ads, produk sulit sekali muncul, misalnya tops ads tokopedia, tapi ambilnya yang manual ya, jangan otomatis, agar bisa sesuai anggaran dan sesuaikan produk mana yang mau diiklan
     
  5. HartK

    HartK New Member

    Joined:
    Jul 4, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Jangan lupa pakai embel-embel promo akhir tahun atau cuci gudang wkwk biasa kalau pakai itu akan meningkatkan minat cust untuk membeli barang kita. Apalagi kalau di bundling dengan item yang wah
     
  6. Tas Fandy

    Tas Fandy New Member

    Joined:
    Sep 26, 2019
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Haha embel embel akhir tahun adalah promosi yang paling mujarab..
     
Loading...

Share This Page