7 Tools SEO yang bisa dipakai untuk SEO Optimizer

Discussion in 'Internet Marketing' started by Alfin Pratama, Sep 10, 2018.

  1. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    8
    Sebagai Digital Marketers jelas bahwa Anda harus berinvestasi dalam Tools terbaik yang membantu Anda memaksimalkan produktivitas. Tapi ada juga lho yang investasinya Rp 0.


    Misalnya, alat penemuan kata kunci dapat membantu Anda memahami kata kunci mana yang akan digunakan di posting media sosial Anda agar lebih mudah ditemukan. Dan dengan strategi media sosial yang disempurnakan, Anda juga dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda dan mengoptimalkan performa SEO Website Client atau bahkan Website Mandiri Anda.


    Karena ada begitu banyak Tools SEO gratis, Anda tidak perlu melakukan investasi besar dalam sesuatu yang tidak Anda yakini. Alfinstudio telah mengumpulkan daftar beberapa alat SEO gratis yang dapat digunakan oleh Digital Marketers.


    # 1: Google Trends

    Jika Anda ingin lebih maju dari pesaing Anda, Anda harus mampu memprediksi masa depan. Alat Google Trends membantu Anda melakukan hal itu.


    About : Seperti namanya, platform ini membantu Anda melacak tren kedepan di industri Anda sehingga Anda bisa mendapatkan ide tentang bagaimana minat publik pada topik terkait yang berubah dari waktu ke waktu.

    word-image-1024x483.png

    Benefit: Google Trends membantu Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana volume penelusuran yang berubah untuk berbagai istilah dan topik penelusuran. Anda bahkan dapat menjalankan perbandingan perubahan minat untuk beberapa istilah atau topik penelusuran, yang membuatnya harus dimiliki di antara alat SEO gratis terbaik.


    Anda bisa mendapatkan ide tentang apa volume penelusuran sepanjang tahun yang mungkin untuk suatu topik, atau jika ada perubahan berdasarkan musim atau acara khusus.




    Highlights: Anda juga bisa mendapatkan data tentang sub-wilayah mana yang paling tertarik dengan topik tersebut. Dan Anda akan dapat melihat topik dan pertanyaan terkait untuk lebih memahami apa istilah terkait lainnya yang ditelusuri orang. Semua ini akan membantu Anda mendapatkan ide yang jelas tentang jenis konten apa yang harus dibuat dan dibagikan di media sosial untuk menghibur dan melibatkan audiens Anda.

    # 2: BuzzSumo

    About : BuzzSumo adalah alat analisis konten freemium favorit Alfinstudio yang harus dimiliki baik untuk SEO Anda dan upaya pemasaran yang dilakukan di media sosial.

    word-image-1-1024x624.png

    Benefit: Anda sudah tahu pentingnya memproduksi konten yang original untuk audiens. Dan ketika topik itu berfokus pada topik yang sedang tren, Anda dapat melibatkan audiens dan memaksa mereka untuk berbagi konten dengan pengikut mereka.

    Di sinilah BuzzSumo dapat membantu Anda menemukan ide konten terbaru yang disukai audiens. Ketika Anda menjalankan pencarian untuk topik konten, itu akan memberi Anda data tentang konten paling banyak dibagikan untuk topik itu, serta kisah-kisah teratas yang sedang tren.

    Anda dapat menggunakan informasi ini untuk melakukan brainstorming ide untuk posting blog baru, infografis, video, dan banyak lagi. Ini akan membantu Anda menghasilkan konten yang relevan dan terkini, yang ingin dilihat dan dibagikan oleh audiens Anda.




    Highlights: BuzzSumo juga membantu Anda menjalankan pencarian pada konten di domain Anda dan memberi Anda informasi berharga tentang konten paling populer yang telah Anda hasilkan. Anda kemudian dapat mempertimbangkan cara untuk memperbarui konten lama yang berkinerja tinggi ini - baik dengan informasi baru atau dalam format yang berbeda.

    Misalnya, Anda dapat mengubah posting blog populer menjadi infografis atau video informasi. Itu akan membantu Anda memastikan bahwa konten Anda tetap relevan dan terbaru.


    # 3: SimilarWeb

    About: Setiap aspek Digital Marketing khususnya SEO membutuhkan banyak data Kompetitor Review. SimilarWeb dapat membantu Anda meneliti pesaing Anda dan membandingkan kinerja dan peringkat Anda dengan mereka. Ini memiliki model freemium untuk memungkinkan fitur yang lebih canggih dan metrik terperinci.

    word-image-2.png word-image-3.png word-image-4.png
    Manfaat: Alat ini memungkinkan Anda membandingkan dengan situs pesaing pada metrik seperti lalu lintas dan keterlibatan. Anda dapat melihat keseluruhan kunjungan (Overview Traffic), tampilan halaman per kunjungan (Pages View/Visit), tingkat bouncing (Bounce Rate %), dan waktu di situs (Avg Time - Session). Ini akan sangat membantu Anda memahami bagaimana Anda melawan pesaing Anda ketika melibatkan pemirsa Anda.




    Highlights : SimilarWeb juga memberi Anda gambaran tentang sumber mana yang menghasilkan lalu lintas terbanyak untuk Anda dan untuk pesaing Anda, seperti sosial atau pencarian. Ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi akuisisi Anda dan menargetkan atau meningkatkan saluran tertentu.


    # 4: Keyword Planner

    About: Keyword planner adalah alat SEO yang dapat bermanfaat bagi banyak Digital Marketers yang paham dengan Google Adsl dengan memberikan wawasan tentang kata kunci teratas di web.

    word-image-5.png

    Benefit: Alat ini membantu Anda menemukan istilah penelusuran populer yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web dan konten media sosial Anda. Anda dapat melakukan pencarian menggunakan istilah relevan tertentu dan kemudian temukan kata kunci dan frasa populer yang terkait dengan istilah itu.

    word-image-6.png

    Hightlights : Keyword planner memberi Anda informasi tentang jumlah penelusuran yang dilakukan setiap bulan untuk setiap istilah penelusuran. Dan itu juga memberi Anda gambaran tentang betapa sulitnya untuk menentukan peringkat untuk istilah tersebut. Baik Anda merencanakan konten sosial atau SEO, ini dapat membantu Anda menyelaraskan dengan apa yang dicari pemirsa Anda.


    # 5: Yoast SEO Plugin

    Tentang: Yoast SEO Plugin memudahkan untuk mengoptimasi situs WordPress untuk mesin pencari. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan judul meta, deskripsi, indeks / no-index ke halaman dan pengaturan backend lain yang penting untuk SEO.


    Manfaat: Selain SEO untuk konten blog, Yoast memiliki sejumlah pengaturan yang memudahkan berbagi posting dan halaman di media sosial. Anda dapat mengatur metadata untuk mengoptimalkan konten yang Anda bagikan di setiap platform, termasuk jenis konten, URL laman kanonis, gambar, dan lainnya.

    Dengan cara ini, Anda dapat memastikan konten Anda akan memiliki tampilan yang menarik dan deskripsi yang diformat ketika diterjemahkan ke media sosial. Anda dapat meningkatkan keterlibatan pada posting dan halaman pemasaran konten Anda menggunakan fitur kustomisasi ini.

    yoast-seo-plugin-pengaturan-berbagi-sosial.png

    Highlights: Plugin juga memungkinkan Anda untuk mengaktifkan konten kaya seperti Twitter Cards atau Facebook dan Pinterest Open Graph. Anda bahkan dapat memanfaatkan Open Graph untuk video untuk mengoptimalkan konten video yang Anda bagikan di Facebook dan meningkatkan keterlibatan.

    # 6: SERP Rank Checker

    About : SERP Rank Checker adalah free tools untuk mencari peringkat kata kunci Anda. Kelemahannya adalah Anda harus memeriksa peringkat satu kata kunci pada satu waktu. Tetapi jika Anda menjalankan beberapa pencarian, Anda dapat mengekspor semuanya ke CSV untuk menyimpan catatan Anda. Juga, ini adalah pencarian satu kali jadi jika Anda ingin melihat tren dalam peringkat Anda dari waktu ke waktu, Anda harus menjalankan kembali pencarian Anda secara manual.


    Manfaat: Tim SEO Anda memiliki kata kunci spesifik yang mereka cari peringkatnya, dan tim sosial Anda mencari konten untuk dibagikan di Twitter, Facebook, dan jaringan lain. Menggunakan media sosial untuk mempromosikan artikel yang tidak memiliki peringkat dengan baik memecahkan kedua masalah.

    word-image-7.png



    Highlights: Gunakan media sosial untuk berbagi konten yang menargetkan kata kunci yang mungkin tidak diberi peringkat juga. Ini dapat menciptakan peluang membangun tautan dan membantu tim sosial Anda mengisi kalender konten mereka .


    Mulailah dengan menjalankan pencarian di SERP Rank Checker untuk kata kunci salah satu target artikel Anda. Jika kata kunci Anda tidak berada di peringkat empat atau lima teratas, biasanya ini adalah pilihan yang baik untuk promosi. Anda dapat memilih untuk mempromosikan halaman di sekitar kata kunci tersebut dengan strategi organik, atau bahkan saluran berbayar seperti Iklan Facebook atau Tweet yang dipromosikan. Mungkin saja, Anda akan memperluas jangkauan halaman atau artikel Anda sehingga lebih banyak orang dapat melihatnya dan membagikannya - akhirnya menghasilkan lebih banyak tautan dan peringkat yang lebih baik.

    # 7: FAQ Fox

    Tentang: FAQ Fox adalah alat SEO gratis yang praktis untuk melihat dari situs web dari pertanyaan yang terkait berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan.


    Manfaat: SEO menggunakan FAQ Fox untuk mendapatkan ide untuk konten. Pemasar media sosial dapat menggunakannya untuk tujuan yang sama persis. Gunakan pertanyaan yang Anda temukan dengan FAQ Fox untuk membuat video YouTube atau streaming langsung Facebook yang memberikan jawabannya.

    word-image-8.png

    Highlights: Menggunakan FAQ Fox sangat sederhana. Mulai dengan memasukkan kata kunci. Kemudian tambahkan situs yang Anda inginkan alat untuk mengikis. Sebaiknya tetap berpegang pada situs tempat orang mengajukan banyak pertanyaan seperti forum atau Quora . Sama seperti itu, Anda akan memiliki daftar pertanyaan besar yang dapat Anda buat untuk konten media sosial.

    Tools apa yang selama ini kalian pakai ?
    Apakah Anda menggunakan alat SEO untuk pemasaran media sosial Anda? Beri tahu kami beberapa alat favorit dan strategi teratas di komentar!

    sumber :
    https://alfinstudio.com/7-tools-seo-wajib-bagi-digital-marketers/
     
    Last edited by a moderator: Sep 10, 2018
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalo untuk blogger bang, lebih referens kemana? selain dari segi Optimasi Robots.txt?
     
  3. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Thanks lumayan nyobain tools baru
     
  4. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    204
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
  5. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    413
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Terimakasih ilmunya, coba meluncur ke similarweb
     
  6. Orang Ganteng

    Orang Ganteng New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau saya biasanya pake ahrefs.. tool wajib dalam optimasi web/blog
     
  7. Zaidankomputer

    Zaidankomputer Member

    Joined:
    Jun 3, 2017
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  8. Dudu

    Dudu Member

    Joined:
    May 18, 2018
    Messages:
    193
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    wih banyak juga tools buat seo ya, selama ini saya taunya hanya google trends aj itupun jarang dipake..mantap, thanks infonya gan
     
  9. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,929
    Likes Received:
    135
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya sendiri sering menggunakan google trend, similar web, yoast seo kalau yang lain belum pernah mencoba.
     
  10. ebaharu

    ebaharu Member

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    252
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ini yang saya cari... soalnya saya lagi belajar SEO nih. Heheheh terimakasih :D

    Salam dari Newbie.
     
  11. Papa Kidung

    Papa Kidung Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    53
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Belajar SEO memang asyik... tp tool itu seberapa persen membantu peningkatan rangking di search engine?
     
  12. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,582
    Likes Received:
    739
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Sampai ikutan kontes seo? Hebat, tapi link kontesnya gak boleh disignature!!
     
  13. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    133
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    terima kasih untuk tutorialnya,, saya masih belajar teknik SEO saya tunggu untuk ilmu yang lain dari para master suhu
     
  14. hiacewisata

    hiacewisata Member

    Joined:
    Jun 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google Trend paling enak buat nyari keyword yang lagi in
     
  15. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    8
    jujur aja saya ini sebenarnya bukan neil patel yang jago tentang SERP.
    tapi saya suka AB test tentang SERP khususnya untuk website client. karena saya memiliki usaha digital agencies.

    kenapa harus optimisasi robots.txt ? kenapa tidak optimisasi ON - Page dan OFF pagenya.
    lagian robots.txt menurut saya ngga terlalu penting. yg penting itu agan harus cocokin ANCHOR dengan VOLUME TREND di page website agan.

    kalau ini udah OPTIMIZE. BOOM!!
    jangan lupa Google Trends sekarang udah support term untuk lokasi indonesia, dan agan bisa nyari keyword dari Keyword Planner lewat Google Ads Dashboard.

    tinggal proses cari content yang humanis untuk kita provide keyword-keyword dalam bentuk artikel. kalau sudah posting. bisa di cek Google Search Console untuk kita render/ index dalam mobile view.(karena sekarang 85% pencarian lewat smartphone)

    Setelah itu kalau traffic sepi, agan tinggal ganti meta title, meta keyword atau bahkan meta description. (usahakan jangan terlalu kaku, santai aja yg penting include focus keyword.)

    NAH.. cek lagi Google Analyticsnya.
    traffic source darimana? Organic Search atau bukan? kalau tidak perform berarti anda gagal mengoptimasi dan kalah dengan kompetitor.

    kalau kalah bagaimana? cari ide lain. cari keyword trend lain. ulangi cara di atas sampai ketemu "short tail keyword / long tail keyword" yang original / unique.

    Ini masih fokus Google tools lho. agan bisa pakai tools yg saya kasih di atas kalau berminat ngulik.
    buzzsumo : cari konten trend (buat referensi)
    serps : melihat visibilitas keyword di berbagai platfrom
    atau bahkan faq box : melihat visibility keyword dari question seperti quora gitu. (not reccomended on indonesia)


    apabila agan ada kesulitan.
    saya siap bantu free konsul kok email saja ke [email protected]
     
  16. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    8
    Akhirnya ada yg mention Ahrefs
    honestly, tools ini memang terlalu fancy untuk SEO Optimizer karena ALL IN ONE. apalagi untuk para blogger. pastinya harus rogoh kocek 99$/month.

    ahrefs users.png

    saya suka banget sama fitur Backlink New, Organic Keyword movements + Competiting pages.
    jadi kita bisa monitoring.
     
  17. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    8
    Freemium sih.
    BUZZSUMO
    SERPS
    Keyword Planner - Google Ads.

    sebenernya tergantung kita mau pakai strateginya gmn sih.
    enjoy with them.
     
  18. Papa Kidung

    Papa Kidung Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    53
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    mantap ya $99 per bulan.. memang untuk hasil yang maksimal gak ada yang gratis...
     
  19. Nusatour

    Nusatour Member

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    boleh juga gan saya pengen tau ulasanya gan
     
  20. Selgrid

    Selgrid New Member

    Joined:
    Apr 19, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apakah benar-benar ngefek ke SEO bang kalau pakai ahrefs?
     
Loading...

Share This Page