8 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Memulai Bisnis

Discussion in 'General Business' started by priadi, Dec 5, 2020.

Tags:
  1. priadi

    priadi New Member

    Joined:
    Nov 18, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pada jaman saat ini adalah jamannya para entrepreneur. Berbisnis sudah menjadi tren tanpa memandang usia, ras, gender dan faktor-faktor pribadi lainnya. Agar menjadi seorang yang sukses dalam berbisnis, Anda tak bisa hanya bersantai. Para pebisnis dituntut untuk bertindak secepat mungkin dan melakukan semua upaya terbaik yang bisa dilakukan.

    [​IMG]

    Memulai bisnis atau membangun bisnis sendiri memang memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Berbagai macam cara untuk memulai bisnis atau usaha tersebar di berbagai media cetak maupun online, namun faktanya, banyak usaha yang masih gulung tikar di setiap tahunnya. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis. Baik itu cara memulai bisnis kuliner, bisnis retail maupun cara memulai bisnis startup lainnya.

    Bagi Anda yang tertarik dalam bidang bisnis, berikut hal penting yang perlu anda ketahui sebelum memulai bisnis agar bisnis anda bisa sukses:

    1. Dana / modal
    Hal paling utama dalam membangun bisnis adalah mengetahui jumlah perkiraan dana yang dibutuhkan. Bahkan bisnis kecil rumahan pun memerlukan perhitungan yang matang.

    Modal usaha dapat diperoleh dari berbagai sumber. Cara yang paling sederhana ialah menggunakan dana dari kantong sendiri. Alternatif mudah lainnya ialah dengan meminjam dana dari teman, keluarga, atau kerabat dekat lainnya. Anda juga dapat memperoleh modal usaha dari institusi finansial baik dari pemerintah maupun swasta. Namun pinjaman dari institusi finansial biasanya memerlukan jaminan tertentu sesuai kebijakan masing-masing institusi. Perhatikan kebijakan dengan seksama agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

    2. Rencana bisnis
    Nah, setelah anda telah mengetahui jumlah perkiraan dana. Anda harusnya sudah bisa merencanakan bisnis apa yang akan anda mulai. Anda tak akan bisa melakukan apapun tanpa sebuah rencana. Menyusunnya merupakan salah satu bagian penting jika anda ingin sukses berbisnis. Berencana akan membuat anda siap menghadapi situasi bisnis terbaik bahkan yang terburuk sekalipun.

    3. Mengatur kas
    Salah satu hal yang membuat bisnis kecil gagal yaitu buruknya mengelola uang. Anda perlu megetahui bagaimana cara mengelola uang secara benar dengan memahami segala macam keputusan operasional bisnis yang dapat mempengaruhi arus kas anda. Pastikan arus kas kalian selalu berputar, lalu kas yang keluar upayakan lebih kecil daripada kas yang masuk.

    4. Berhubungan baik dengan orang lain
    Sebuah bisnis dapat bertahan jika Anda memiliki citra dan hubungan yang baik dengan orang lain, konsumen dan rekan usaha. Agar sukses dalam berbisnis, Anda harus terlihat kuat dan memiliki kemampuan interpersonal yang kuat. Artinya Anda harus menyingkirkan ego anda agar bisa sukses berbisnis. Kesan yang baik tak akan habis dimakan waktu.
    5. Membuat penilaian (KPI)
    Membuat performa bisnis dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). Dengan membuat KPI maka anda akan memahami dan mengetahui mengapa bisnis anda bisa gagal, apa penyebabnya dan bagaimana mengembalikan kinerja bisnis. Setidaknya ada beberapa hal untuk mengetahui kinerja bisnis, seperti: pendapatan, laba kotor, utang dan arus kas. Selanjutnya anda akan mengetahui bagaimana gambaran kinerja dalam berbisnis.
    6. Memahami pesaing anda
    Anda perlu mengetahui dan memahami pesaing langsung dan tidak langsung. Anda harus selalu mengawasi para pesaing dan memahami apa yang mereka lakukan, bagaimana cara mereka memasarkan, berapa harga yang mereka tawarkan, dan lain-lain. Hal itu perlu dilakukan agar bisnis anda tak tertinggal dari pesaing yang lain.
    7. Mempunyai Plan B / rencana lain
    Tidak semua di dunia bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dengan begitu Anda harus selalu punya alternatif lain untuk tujuan yang sama. Saat Anda mengalami kondisi sulit dalam bisnis, rencana-rencana cadangan tersebut akan membantu Anda keluar dari ancaman gulung tikar.

    8. Bekerja keras
    Hal ini tentu bukan langkah aneh yang harus dilakukan dalam mencapai kesuksesan berbisnis. Kerja keras adalah hal paling penting dalam berbisnis, Setelah anda telah mempersiapkan segalanya untuk memulai bisnis anda. Persiapkan apapun yang Anda butuhkan lalu bekerja keraslah untuk mewujudkan semua tujuan bisnis Anda. Dan jangan lupa doakan setiap usaha yang akan anda buat atau apapun yang akan anda kerjakan agar selalu dalam berkat Tuhan.

    Itu adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memulai usaha / bisnis, agar selalu konsisten dan mampu bersaing dengan kompetitor anda.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    893
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Point 8 yang paling menentukan ya, tanpa kerja keras dan ketekunan, semua berjalan sia-sia,
     
Loading...

Share This Page