8 Manfaat Berjemur Di Bawah Mentari Pagi

Discussion in 'Health & Medical' started by danisukoco, Jul 6, 2015.

  1. danisukoco

    danisukoco Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    368
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Sempatkan diri Anda untuk berjemur matahari pagi. Sinar yang memancar sekitar pukul 6-9 pagi tersebut ternyata memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya vitamin D saja yang bakal dirasakan fisik. Segudang manfaat lain sudah menanti jika dilakukan secara rutin.
    Selama berjemur hendaknya tidak memakai krim tabir surya. Lamanya berjemur tidak perlu lama-lama, cukup 10-20 menit untuk memperoleh khasiatnya. Dikutip dari laman Seruu, inilah beragam kegunaan berjemur di bawah sinar matahari pagi:
    1. Peningkatan jumlah vitamin D. Berjemur 10-15 menit perubahan provitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D mencapai 1.000 – 3000 interntional unit (IU). Angka ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D.
    2. Meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Ini adalah hormon yang bertugas mengatur mood dan penurun stres. Anda akan mendapati suasana hati yang lebih positif dengan berjemur. Konsentrasi sepanjang hari juga mudah dikontrol dan lepas dari dpresi.
    3. Melancarkan aliran darah. Berjemur membuat pembuluh darah di kulit lebih lebar dan alirannya lancar. Efeknya beragam seperti sehatnya jantung dengan menormalkan denyut nadi dan tekanan darah.
    4. Menyehatkan kulit. Sinar matahari pagi adalah obat mujarab untuk melawan jerawat, eksim, dan psoriasis.
    5. Mencegah kanker. Terjadinya sintesis vitamin D di bawah kulit memengaruhi pencegahan beberapa penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium. Vitamin D juga salah satu agen untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun hindari terlalu lama berjemur agar tidak meningkatkan risiko kanker kulit.
    6. Mencegah diabetes. Sebuah studi menunjukkan kaitan antara penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, dengan terapi yang memanfaatkan sinar matahari dan vitamin D. Diyakini sinar matahari membantu tubuh untuk menyimpan kelebihan gula darah ke dalam otot dan liver sehingga kadarnya stabil.
    7. Membuang racun. Sinar matahari pagi membantu meningkatkan fungsi hati dan sirkulasi darah. Efeknya, kerja hati untuk membuang racun dalam tubuh lebih optimal.
    8. Memperbaiki kualitas tidur. Orang yang mendapatkan paparan sinar matahari diketahui memiliki kadar melatonin dalam jumlah tinggi. Hormon ini berguna untuk memperbaiki kualitas tidur dan menyeimbangkan fungsi berbagai organ tubuh.
    Sumber : http://gelorakata.blogspot.com/2015/07/8-manfaat-berjemur-di-bawah-sinar.html
     
Loading...

Share This Page