8 Minuman Yang Wajib Ada Saat Berbuka Puasa, Duh Bikin Ngiler

Discussion in 'General Discussion' started by desti, Jun 8, 2017.

  1. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Menjelang bulan puasa, banyak tradisi unik yang hanya berlangsung di bulan puasa saja. Seperti kebiasaan ngabuburit sambil belanja takjil untuk pengantar buka puasa. Nah, tak ketinggalan tentang minuman spesial untuk berbuka puasa, menu-menu minuman manis dan menyegarkan menjadi favorit tersendiri. Berikut beberapa minuman sedap dari berbagai daerah di Indonesia khas untuk berbuka puasa.

    Teh Manis. Minuman yang satu ini boleh dibilang merupakan minuman nasional, dapat dengan mudah dijumpai dijumpai di seantero Indonesia. Es teh manis menyegarkan atau teh manis hangat bisa menjadi pembuka untuk mengisi perut setelah seharian tidak diisi. Mantap, menyegarkan, dan merakyat *flying*

    [​IMG]

    Es Pisang Ijo. Ijo atau yang artinya warna hijau, es yang satu ini merupakan sajian asli dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Berbahan dasar pisang dengan balutan adonan tepung berwarna kehijauan, warna hijau didapat dari daun pandan atau air daun suji. Dicampur dengan es yang menyegarkan, es pisang ijo ini bisa menjadi menu mantap pilihan menjelang berbuka puasa. *boohoo*

    [​IMG]

    Es Kacang Merah. Rasa manis, legit, segar, serta sehat dengan paduan kacang merah yang penuh gizi dan menyehatkan ini berasal dari Manado. Tampilan warna merah kacang yang dipadu dengan santan dan es serut terlihat begitu menggoda. Bisa juga ditambahkan serutan daging kelapa muda di dalamnya. *taichi*

    [​IMG]

    Es Cendol. Es yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di pinggir jalanan Ibu Kota, sedangkan di Jawa es ini lebih mirip dengan es dawet. Es Cendol merupakan selera nusantara, terbuat dari tepung beras berwarna hijau yang dipadu dengan santan, gula merah, dan dinginnya es batu. Es yang satu ini bahkan masuk dalam urutan ke-45 versi CNN sebagai salah satu minuman terlezat di dunia *keren2*

    [​IMG]

    Es Kopyor. Es nikmat untuk pelepas dahaga, setelah seharian berpuasa, menyegarkan tenggorokan dengan es yang satu ini pastinya mantap! Tidak ada keterangan jelas dari mana es yang satu ini, tetapi yang jelas es ini termasuk selera nusantara. Siapa yang belum pernah mencicipi segarnya es ini? *kaget4*

    [​IMG]

    Es Teler. Menurut beberapa sumber, es teler diciptakan di Jakarta oleh seorang pedagang es campur gerobak di tahun 1980an. Campuran berbagai macam buah seperti apel, pepaya, melon, alpukat, juga agar-agar, dan campuran lainnya. Penampilannya sekilas mirip dengan es campur. Mantap dan menggoda selera *kepanasan*

    [​IMG]

    Es Timun Suri. Es dengan bahan dasar buah timun suri yang dicampur dengan segarnya es batu. Untuk rasa manis bisa ditambahkan gula cair, sirup, atau susu sebagai penambah selera. Pas banget untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa *berkeringat*

    [​IMG]

    Kolak. Siapa yang tak kenal kolak? Minuman atau lebih pantasnya mungkin termasuk makanan wajib saat berbuka puasa. Bisa disajikan dalam bentuk kolak hangat yang nikmat atau dicampur dengan es batu yang menyegarkan. Campuran pisang, ubi, singkong, dan nangka, serta racikan santan dan gula jawa bercampur menjadi satu paduan sajian khas semasa bulan Ramadhan. Mantap! *bagus*

    [​IMG]
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    425
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Kalau ane menu buka puasa paling beli es buah, lalu juga bikin susu, sama makan gorengan banyakin minum kalau lagi kerja supaya gak terlalu kekurangan air, menu yang diatas tidak wajib sebenarnya tapi kebiasaan masyarakat yang saat puasa makananya malah gak seperti biasanya
     
  3. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    memang gak wajig, yang mewajibkan kata di atas tersebut karena memang kebiasaan dan sangat identik dengan masyarakat indonesia ketika bulan ramadan untuk berbuka puasa *floating*
     
  4. belewa

    belewa New Member

    Joined:
    Jun 8, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Es teh manis yang paling menyegarkan ketika berbuka puasa ,setelah minum es teh di lanjut pisang ijonya
     
  5. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    di lanjuut makan ini itu, gak kuat deh taraweh nya *kaget4*
     
  6. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Active Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    519
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Siang-siang gini baca thread ini beneran mata jadi melotot lagii *kagum*
     
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Well-Known Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,509
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    48
    es kacang merah tuh emang mantap
     
  8. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    bukan melotot lagi tapi bikin berkeringat karena ngiler :D
     
  9. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    belum pernah nyobain sih gimana ya rasanya baru denger juga *bergaya*
     
  10. galang

    galang Well-Known Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,107
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    48
    Apa aja deh, yang penting seger :D
     
  11. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    dan yang penting gratisan kan *flying*
     
  12. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,777
    Likes Received:
    113
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Setiap hari dibikinin ES TIMUN SURI sama ayang beb.... Segernya mintak lagi.... *akhirnya*
     
  13. jajakakulon

    jajakakulon Member

    Joined:
    Jul 5, 2014
    Messages:
    65
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  14. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    apalagi yang bikinnya ayang beb ya *cinta*
     
  15. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    ah biasanya kalau udah magrib pasti gak doyan udah kekenyangan ama air putih *ketawa4*
     
  16. gerijogja

    gerijogja Member

    Joined:
    Mar 19, 2017
    Messages:
    138
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
  17. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    bener banget dah akoh juga ingin *nangis1*
     
  18. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,777
    Likes Received:
    113
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Wkwkwkwkwk tambah muanis jadinya... *jail*
     
  19. desti

    desti Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    534
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    iya manis segalanya ya luar dalem
     
  20. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,777
    Likes Received:
    113
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Hahahhaha iya.... jadi adem...
     
Loading...

Share This Page