8 Tips Menjaga Kesehatan Mata Kita

Discussion in 'Health & Medical' started by Putri Eka, Sep 25, 2015.

  1. Putri Eka

    Putri Eka New Member

    Joined:
    Sep 12, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    3
    Mata adalah salah satu organ paling penting di tubuh kita. Kita harus bersyukur bisa memiliki mata dan bisa melihat dunia. Salah satu cara bersyukur itu ya dengan menjaga ciptaan-Nya. Nah, karena kita sedang membahas soal indera penglihatan yaitu mata, yuk simak beberapa tips untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.

    Mari.... :D

    1. Makan Makanan yang Baik Untuk Mata
    Hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan mata yaitu dengan memilih makanan bergizi untuk kita konsumsi setiap hari. Kamu tentunya sudah tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata bukan? Nah, berikut ini merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi agar mata kamu tetap sehat.
    Makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E. Makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan, misal sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel. Makanan yang kaya akan kandungan sisteina, sulfur dan lesitin, seperti bawang bombay, bawang putih dan bawang merah.
    Buah berry yang kaya antosianin, yaitu blueberry, anggur dan goji berry. Makanan yang mengandung DHA atau asam lemak, seperti ikan salmon, sarden, mackerel dan cod.

    2. Selalu Istirahatkan Mata
    Mengistirahatkan mata sangat diperlukan. Karena ketika mata lelah, maka otakpun akan sulit untuk berkonsentrasi. Cara mengistirahatkan mata yaitu dengan tidur yang cukup dan tidak begadang. Apabila kamu bekerja di depan komputer setiap hari, cobalah tips berikut ini. Setelah berada di depan komputer selama 20 menit, cobalah untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang agak jauh (5-10 meter).

    3. Hindari Membaca di Tempat Cahaya Redup
    Buat kamu yang gemar membaca, cobalah untuk membiasakan membaca di tempat yang cukup cahaya, tidak redup atau pun terlalu terang. Tempat yang memiliki cahaya redup membuat mata cepat lelah. Sedangkan tempat yang memiliki cahaya terlalu terang juga akan merusak mata.

    4. Hindari Kontak Langsung dengan Cahaya Sangat Terang
    Melihat cahaya matahari langsung atau cahaya yang sangat terang seperti di tempat pengelasan tanpa alat pelindung akan merusak mata. Jadi apabila kamu berprofesi yang mengharuskan melihat cahaya yang sangat terang, pakailah pelindung mata.

    5. Jaga Jarak Pandang
    Buat kamu yang sehari-hari harus berada di depan komputer, biasakanlah untuk menjaga jarak pandang. Jangan melihat layar komputer terlalu dekat. Jarak pandang ideal antara mata dengan layar yaitu 50-100 cm. Inipun berlaku ketika kamu menonton TV. Begitupun ketika kamu membaca buku. Jarak idealnya sekitar 30cm dan membacanya tidak dengan terlentang.

    6. Gunakan Kacamata di Saat yang Tepat
    Apabila kamu memiliki mata minus atau plus yang mengharuskan memakai kacamata, cobalah untuk tidak selalu memakainya. Atau jika kamu bekerja di tempat yang berdebu, pakailah kacamata yang dapat melindungi mata dari benda asing. Ini juga berlaku buat kamu yang bekerja di laboratorium atau teknisi lapangan.

    7. Rutin Olahraga
    Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan rajin berolahraga. Salah satunya menurunkan ketegangan otot mata dan mengurangi resiko glaukoma atau penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Agar mata tetap sehat, kamu cukup olahraga yang ringan-ringan saja, seperti jogging dan aerobik.

    Atau kamu bisa mencoba melatih mata dengan tips berikut ini:

    Hangatkan mata dengan cara menggosok kedua telapak tangan hingga hangat kemudian tempelkan ke mata kamu selama lima detik. Ulangi sampai tiga kali.
    Putar bola mata searah jarum jam sebanyak 10 kali. Kemudian putar lagi berlawanan arah jarum jam sebanyak 10 kali.
    Fokuskan mata. Caranya dengan memegang sebuah benda, misal pulpen. Ulurkan tangan kita ke depan dan cobalah untuk memfokuskan mata kita ke ujung pulpen (bola yang ada di pulpen). Dekatkan pulpen tersebut secara perlahan dengan tetap fokus pada ujung pulpen hingga mencapai jarak 12 cm dari hidung, kemudian jauhkan kembali secara perlahan dan tetap fokus ke ujung pulpen tersebut. Ulangi hingga 10 kali.

    8. Periksa Mata Secara Rutin
    Memeriksakan mata secara rutin ke dokter spesialis sangat dianjurkan. Karena kita akan mendapatkan solusi dari ahlinya apabila ada keluhan.

    Semoga bermanfaat ye gan. Ane juga lagi berusaha menjaga kesehatan mata nih soalnya kerja di depan komputer mulu gan. Hehe.

    Salam sehat!:D:D;)

    Link diperbolehkan sebagai sumber atau referensi, jangan OOT - mod.
     
    Last edited by a moderator: Sep 26, 2015
    lasealwin likes this.
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    wihhh...ada olahraga mata juga..
    boleh nih dicoba..
     
  3. ferdianet

    ferdianet Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    321
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    28
    Tambahan nih... No.9 Jangan nonton video xxx :D
     
  4. Fauzan Rocklee

    Fauzan Rocklee Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    olahraga matanya fokus mantengin cewe gmna yahh :D:D:D*peace*
     
  5. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    mata saya sudah mulai minus nih karena liat kompi terus, mudah2an cara diatas bisa mengurangi mata minus saya *kacau*
     
  6. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    :( Kacamata anti radiasi ngaruh seberapa besar sih gan buat kita kalo pake alat elektornik?
     
  7. randi99

    randi99 New Member

    Joined:
    Feb 20, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Thank banget atas infonya agan Putri Eka seputar cara menjaga kesehatan mata kita.

    Tapi klw mata kita sudah terlanjur mengalami rabun jauh, ada gak informasi tentang cara pengobatannya yang paling efektif biar cepat sembuh?
     
  8. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sarannya luar biasa teman.
    Salam sehat alami
     
  9. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    perbanyak konsumsi buah rimbang bisa mengurangi mata minus lhoo
     
  10. edgar

    edgar Guest

    Yang terpenting mengkonsumsi dan memakan sayur dan buah yang banyak vitamin A akan lebih baik
     
  11. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Se-7 banget dengan tips itu, kalau boleh saya tambahkan adalah cuci mata dengan ekstrak air rebusan daun sirih. Mungkin awalnya rasanya agak perih tapi lama kelamaan di jamin dah seger dan kinclong banget itu mata*bagus*
     
Loading...

Share This Page