8 Tips Mudah Bayar Pajak Motor 5 Tahunan, Gak Ribet

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 7, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sobat Rider ada rencana untuk membayar pajak motor 5 tahunan dalam waktu dekat? Tenang saja, tidak sesulit yang dibayangkan kok prosesnya. Berikut adalah tips membayar pajak motor 5 tahunan buat panduan kalian.


    Tips Pertama: Ketahui Jalan Masuk ke Kantor SAMSAT Terdekat
    [​IMG]
    Datangi samsat terdekat

    Jalan masuk ke area Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) itu tidak selalu dari arah depan, Sobat Rider. Bisa juga pintu masuknya terletak di samping gedung, misalnya di SAMSAT Jakarta Selatan.

    Pintu masuk ke area Polda Metro Jaya ini ada di samping gedung bukan dari arah depan. Jadi jangan sampai salah masuk. Kemudian jangan lupa buka helm dan kacamata hitam Sobat Rider saat memasuki area SAMSAT. Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang saat kalian masuk ke dalam wilayah militer maupun kepolisian.


    Tips Kedua: Lakukan Cek Fisik Terlebih Dahulu
    [​IMG]
    Cek fisik lebih dulu

    Sekedar saran saja sih, setelah masuk ke area SAMSAT, lebih baik Sobat Rider tidak usah parkir dan langsung saja menuju area cek fisik kendaraan.

    Boleh-boleh saja mengambil formulir pendaftaran terlebih dahulu, tapi supaya waktu kalian lebih efektit, melakukan cek fisik motor sesaat setelah datang adalah pilihan yang bijaksana.

    Area cek fisik kendaraan ini biasanya terletak di samping atau belakang gedung SAMSAT. Kalian tinggal cari anak panah atau penunjuk arah ke area cek fisik ini. Sesampainya di sana kalian akan disambut oleh petugas pengecekan dan mereka akan langsung melakukan pengecekan kendaraan apabila antriannya tidak terlalu panjang.

    Sobat Rider akan diminta mengisi formulir validasi nomor rangka dan nomor mesin motor. Biaya yang dikenakan untuk pengecekan fisik kendaraan ini bervariasi, ada yang tidak mengenakan biaya sama sekali dan ada juga SAMSAT yang membebankan harga antara Rp15 ribu hingga Rp 20 ribu.

    Setelah selesai melakukan cek fisik, kalian baru bisa memarkir motor kalian di area parkir dan segera masuk ke dalam gedung SAMSAT.


    Tips Ketiga: Pastikan Salinan Dokumen Kalian Sudah Lengkap
    [​IMG]
    Salinan dokumen pastikan lengkap

    Sebelum menuju area pembayaran pajak di gedung SAMSAT, pastikan Sobat Rider sudah membuat fotokopi dokumen yang memadai. Biasanya sih kalian hanya membutuhkan satu lembar fotokopi bagi setiap dokumen, namun tidak ada salahnya apabila kalian membuat salinan dokumen hingga rangkap dua kan. Lalu dokumen apa saja yang harus kalian fotokopi?

    Dokumen tersebut adalah halaman informasi Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang terletak di halaman satu dan dua, kemudian fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang lama, fotokopi STNK, serta fotokopi identitas diri yang berlaku atau KTP.

    Semua dokumen tersebut, baik itu yang asli maupun fotokopi, jadikan satu dalam sebuah map yang mudah dibawa-bawa dengan urutan sebagai berikut; fotokopi STNK, fotokopi KTP, dan fotokopi BPKB.

    Jaga agar semua dokumen tersebut tetap rapi dan tidak terlipat ya Sobat Rider. Rugi dong penampilan luar kita kece banget tapi dokumen yang kita bawa kondisinya lecek. Lanjut baca ulasan selengkapnya. https://moladin.com/blog/8-tips-mudah-bayar-pajak-motor-5-tahunan/
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,134
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Untuk di daerah Bekasi sekarang sudah enakan tempatnya, lebih luas dan nyaman. Antrinya pun tidak terlalu lama karena banyak counter pelayanannya sekarang
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Wahh keren gan, thanks nih gan info nya hehe:D:D
     
Loading...

Share This Page