8 Tips WFH Selama Pandemik Virus Corona

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Apr 1, 2020.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    150
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Di tengah Pandemik Virus corona yang sedang terjadi, banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Itu artinya Anda harus menghadapi segala tantangan yang berhubungan dengan work from home.

    Simak beberapa tips berikut ini agar pekerjaan Anda dapat selesai dengan baik!

    1. Berpakaian Rapi
    Anda tidak perlu berpakaian seformal mungkin. Dengan mengganti pakaian, ini menjadi sinyal bahwa sudah waktunya untuk bangun dan menyelesaikan pekerjaan. Hal ini membantu Anda merasa percaya diri dan menjadi pembatas antara berada di tempat kerja dan berada di rumah.

    Berpakaian rapi dalam hal ini juga memiliki makna mandi, menyisir rambut, dan memakai make up jika itu adalah hal yang biasa Anda lakukan. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi video meeting.

    2. Tentukan Meja Kerja Permanen
    [​IMG]

    Salah satu tantangan ketika WFH adalah memisahkan pekerjaan dan rumah secara terpisah. Ruang kerja Anda tidak harus berupa kamar khusus. Anda hanya butuh 1 sudut ruangan. Temukan area dengan pencahayaan alami yang baik jika memungkinkan.

    Cobalah untuk membuat ruang kerja Anda nyaman dengan berinvestasi di furniture kantor. Pertimbangkan untuk membeli meja besar, rak buku, dan kursi kantor yang nyaman yang bisa Anda duduki selama 8 jam sehari.

    Anda akan bekerja di ruang ini setiap hari selama pandemic corona, maka beli furniture yang nyaman dan fungsional, termasuk furniture yang ergonomis.

    3. Tentukan Jam Kerja dengan Jelas
    Kelebihan work from home Anda bisa mengatur jam kerja secara fleksibel. Jika Anda paling produktif di pagi hari, maka Anda bisa mengatur jam kerja dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore.

    Gunakan focus mendalam untuk menyelesaikan tugas Anda. Menerapkan batas kerja dengan tegas pada akhir hari. Menjauhkan diri dari pekerjaan, sehingga Anda tidak bekerja tanpa henti. Komunikasikan jadwal kerja Anda dengan rekan kerja, tim, dan atasan Anda.

    4. Jangan Bekerja di Ruang Tamu
    Bekerja di ruang tamu dapat menurunkan produktifitas Anda. Hindari menonton TV saat bekerja. TV dapat mengalihkan focus Anda. Daripada menonton TV, Anda bisa melakukan streaming musik untuk meningkatkan produktifitas Anda.

    5. Bangun Transisi ke Dalam dan ke Luar Pekerjaan
    Perjalanan pagi Anda ke tempat kerja tidak hanya membuat Anda bekerja, dari satu lokasi fisik ke lokasi lainnya, tetapi juga memberi waktu pada otak Anda untuk bersiap bekerja. Hanya karena Anda tidak bepergian bukan berarti Anda tidak harus melakukan rutinitas yang setara untuk membantu Anda memasuki hari kerja Anda.

    Mungkin Anda bisa menghabiskan waktu dengan membaca, mendengarkan musik, menyiram tanaman, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan, atau orang yang dicintai.

    Beri diri Anda sesuatu yang akan menandakan akhir pekerjaan. Contohnya, Anda bisa membiasakan untuk berjalan-jalan mengelilingi blok perumaan begitu Anda menyelesaikan hari itu.

    6. Jauhkan Diri dari Social Media
    Kita semua tahu bahwa social media bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Hindari social media sehingga Anda dapat focus menyelesaikan banyak hal. Pertimbangkan untuk mematikan notifikasi di ponsel Anda.
    .
    .
    Selengkapnya

    https://www.rancangmebel.com/artikel/8-tips-work-from-home-selama-pandemik-virus-corona
    .
    .
    #workfromhome #wfh #covid19 #viruscorona
     
    Last edited: Apr 8, 2020
  2. Martin Handoko

    Martin Handoko New Member

    Joined:
    Mar 20, 2020
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Nambah 1 lagi mas...pastikan tempat bekerja di rumah jauh dari makanan...nanti ngemil terus. hehe
    Nice artikel btw.
     
  3. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    150
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    thank you mas martin..hehe
     
Loading...

Share This Page