9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Discussion in 'Health & Medical' started by AndroidApkApps, Sep 1, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Hidung yang tersumbat adalah masalah yang cukup mengganggu. Sulit untuk bernapas, suara berubah, dan tanpa kamu sadari cairan keluar dari hidungmu. Tidak hanya itu, ketika kamu berusaha mengeluarkannya, hanya sedikit atau bahkan tidak ada cairan yang keluar.

    Masalah ini sangat umum dan bisa dialami siapa saja. Kebanyakan orang menganggap bahwa hidung bisa tersumbat karena banyaknya cairan di dalam rongga hidung. Namun sebenarnya ini disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus yang membuat cairan tidak bisa keluar

    Hidungmu tersumbat saat ini? Atau ada orang terdekatmu yang mengalaminya? Berikut ini ada beberapa tip atau cara mengatasi hidung tersumbat secara mudah dan tanpa harus menggunakan obat-obatan, sehingga kamu bisa coba metode sederhana ini terlebih dahulu. Simak cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini!

    1. Mandi air hangat
    [​IMG]
    Cobalah mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang tersumbat. Air harus mengalir dari bagian atas kepalamu agar pembuluh darah rileks. Dengan begitu, cairan di dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Namun efek ini sifatnya sementara.

    Setelah kamu selesai mandi kamu bisa merasakan hidungmu akan tersumbat lagi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu mandimu untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

    2. Gunakan humidifier
    [​IMG]
    Humidifier atau pelembap ruangan bisa meredakan hidung tersumbat dengan cepat. Ini karena mesin tersebut mengubah air menjadi uap sehingga udara di kamarmu menjadi lembap. Menghirup udara yang lembap bisa meredakan pembengkakan pembuluh darah di area hidung.

    Selain itu, cairan pun akan menjadi lebih ringan sehingga mudah untuk keluar dari hidung. Cobalah menyalakan humidifier di malam hari. Keesokan harinya, kamu akan bisa bernapas dengan lebih baik.


    3. Menggunakan saline spray atau obat semprot hidung
    [​IMG]
    Bagi kamu yang belum tahu, saline spray adalah cairan yang disemprotkan ke dalam hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Dilansir dari Health Line, cairan tersebut sebenarnya berasal dari air laut. Ia bekerja dengan cara meringankan cairan dan meredakan pembengkakan.

    Sebagian saline spray mengandung dekongestan yang justru bisa memperburuk keadaan saat dipakai lebih dari tiga hari. Jadi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum membelinya.

    4. Menghirup uap dari air panas
    [​IMG]
    Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas dan menaruhnya di dalam baskom. Tutup kepalamu dengan handuk.

    Kemudian dekatkan hidungmu ke permukaan air dan hirup uapnya. Efek yang akan kamu dapatkan dari cara ini sama seperti mandi air hangat.

    Selengkapnya baca : https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/cara-mengatasi-hidung-tersumbat/
     
    Ganyool likes this.
Loading...

Share This Page