9 Cara yang Efektif Meningkatakan Kepercayaan Dirimu

Discussion in 'Education' started by Fauzan Efriyan, May 16, 2020.

  1. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan New Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Kepercayaan diri merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap orang. Semakin besar rasa percaya diri, maka akan semakin berkualitas pula tindakan yang dihasilkan. Kepercayaan diri yang rendah biasanya disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang membuatnya trauma. Contohnya masalah keluarga yang kurang harmonis, perceraian, pelecehan secara fisik maupun emosional, dan segala hal yang negatif terjadi sejak kecil. Rasa percaya diri yang rendah bisa membuat seseorang susah bergaul dan gampang minder. Kepercayaan diri harus terus dipupuk dengan cara selalu berpikir positif bahwa kamu dapat melakukannya.

    Berikut 9 cara meningkatkan kepercayaan dirimu

    1. Jangan Takut Salah
    Ketika kamu salah, jangan malu mengakuinya, beritahu sacara jujur. Karena, kalau kesalahan terus-menuerus disembunyikan, itu hanya membuat hatimu tidak tenang. Yang ada, kamu bakal minder terus, nggak mau kan seperti itu?
    Kamu tidak seharusnya takut melakukan kesalahan. Justru, dari kesalahan itu kamu akan terus belajar. Ilmu pun berkembang dari pengalaman.

    2. Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain
    Terkadang masih banyak orang yang suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, entah itu dari segi kepintaran, gaya hidup, bahkan hal sepele sekalipun. Jika kamu terlalu sering membanding-bandingkan, itu membuatmu menjadi individu pesimis, mudah menyerah, dan dipenuhi dengan pemikiran negatif serta menghilangkan rasa percaya dirimu.

    3. Menghentikan Pikiran yang Negatif
    Pikiran negatif yang kita miliki dapat menyebabkan kerusakan besar bagi diri sendiri. Jadi, kita harus mengendalikan pikiran semaksimal mungkin, terutama dari hal-hal negatif yang merugikan kita.

    4. Banyak Membaca Buku
    Membaca buku memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk diri kita. Salah satu manfaatnya yaitu, membuat kamu bijaksana, cerdas, berpengetahuan serta menaikkan ketrampilan komunikasi. Kualitas ini secara otomatis bakal membuat kamu terasa lebih percaya diri di antara beberapa orang.

    5. Mencari Tahu Apa yang Menjadi Kelebihan Dirimu
    Kadang tanpa disadari, orang lain lebih tahu apa yang menjadi kelebihan kita. Bisa jadi karena kita terlalu fokus mencari apa kekurangan kita. Bahkan, seringnya kita dengan mudah membandingkan pencapaian diri dengan orang lain. Ujung-ujungnya kita minder sama kemampuan orang lain.

    6. Memperbaiki Penampilan Diri
    Kurangnya rasa percaya diri disebabkan oleh penampilan, oleh karena itu, cobalah perbaiki penampilan agar kepercayaan diri meningkat.

    7. Ramah dengan Orang Lain
    Bersikap ramah akan menularkan banyak hal positif untuk diri dan membuat hidupmu lebih bermakna. Dengan menyapa dan menanyakan kabar orang yang kamu jumpai, itu sudah melatih rasa kepercayaan diri. Tidak gugup saat berbicara depan banyak orang, berani mengemukakan pendapat saat diskusi, itu menandakan bahwa kamu orang yang percaya diri akibat berani bersikap ramah.

    8. Banyak Bersyukur
    Banyak bersyukur memberi manfaat meningkatkan rasa percaya diri. Studi dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan bahwa rasa bersyukur meningkatkan kepercayaan diri para atlit yang merupakan komponen penting untuk performance yang baik.

    9. Berdoa Sebelum Melakukan Sesuatu
    Berdoa sebelum melakukan sesuatu bisa membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri. Karena dengan berdoa membuatmu mengingat Tuhan YME dan berharap lindungannya dalam setiap langkahmu.


    Seseorang bisa dikatakan percaya diri ketika memiliki keyakinan atas kemampuannya sendiri. Namun meningkatkan percaya diri bukanlah kemampuan yang datang dengan sendirinya, melainkan harus dilatih. Jika kamu sekarang kurang percaya diri, triknya adalah mencari akar penyebab mengapa kamu tidak percaya diri dan terus berusaha mengatasi penyebab tersebut.

    Semoga Bermanfaat...
     
    karjaw likes this.
  2. Fatah

    Fatah New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Benar banget gan, kadang suka engga percaya sama kemampuan sendiri dan nethink duluan sama apa yang lagi dikerjakan, padahal pikiran kaya gitu yang bikin kerjaan engga selesai dan malah kacau balau. :D
     
    Fauzan Efriyan likes this.
  3. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan New Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Maka dari itu pentingnya meningkatkan rasa percaya diri. Terus Semangat*bagus*
     
  4. karjaw

    karjaw New Member

    Joined:
    May 17, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kadang saya ya grogi juga kalau ketemu sama orang penting misal mau penawaran harga atau janji deal2 tertentu gtu. btw makasih om sarannya.
     
    Fauzan Efriyan likes this.
  5. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan New Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Nanti kalau sudah biasa, maka grogi itu akan hilang dengan sendirinya. Sama-sama:)
     
Loading...

Share This Page