9 Tanaman Hias ini Mampu Membersihkan Udara di Sekitar Rumah

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jul 15, 2020.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Di saat terdapat Pandemi Covid-19 seperti ini, Anda tentu menginginkan agar lingkungan Anda bisa bersih dan terbebas dari polusi, bakteri maupun virus, salah satu caranya yaitu dengan menanam tanaman hias. Tanaman apa saja yang mampu membersihkan udara? Yuk simak artikel berikut ini!

    1. Lidah Mertua (Sansievera trifasciata laurentii)
    [​IMG]

    Tanaman ini dikenal sebagai lidah mertua di Indonesia dan di belahan bumi sebelah Barat disebut dengan snake plant atau tanaman ular.

    Lidah mertua dikenal mampu membersihkan udara dari karbon monoksida, nikotin, benzene, dioksin dan formalin. Hebatnya, hanya dengan 5-6 lembar daun dari lidah mertua dewasa dapat membersihkan udara di ruangan dengan ukuran hinggai 100 meter kubik.

    Bentuknya kaku seperti pedang, runcing di ujung, kalau dipadukan dengan pot yang unik dan media tanam non tanah, pemandangan yang dihasilkan tidak akan kalah dari tanaman hias mahal sekalipun.

    2. Sirih Gading (Epipremnum aureum)
    [​IMG]

    Namanya mirip dengan daun sirih hijau (Piper betle) yang biasa dipakai orangtua zaman dulu untuk “nyirih”, tetapi tanaman ini tidak bisa dipergunakan untuk hal yang sama.

    Perbanyakan sirih gading mudah sekali, cukup dengan memotong tangkainya dan kemudian benamkan ke dalam tanah basah, dalam beberapa minggu akan keluar tunas baru.

    Sebagai tanaman hias pembersih udara dalam ruangan, Sirih Gading terkenal mampu menyerap formaldehida atau yang dikenal dengan formalin.

    Murah. Hijau. Tidak susah dirawat. Bila dipadukan dengan pot berwarna cerah, hasilnya akan menyejukkan mata yang melihat.

    3. Pakis Boston atau Western fern
    [​IMG]

    Tanaman Pakis Boston yang aslinya berasal dari Amerika sebelah Utara ini tidak menyukai cahaya matahari yang terlalu banyak dan lebih suka tempat yang teduh. Dan, sebagai tanaman hias indoor maka sangatlah cocok.

    Pakis Boston punya ciri yang spesifik, sehingga Anda mudah mengenalinya. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai. Tanaman hias daun yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung. Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

    Boston Fern atau Pakis Boston terbukti mampu melembabkan udara di sekitar dan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang punya kulit kering dan berbagai masalah yang berkaitan dengan cuaca dingin.

    4. Dendrobium atau Anggrek
    [​IMG]

    Dendrobium terkenal sebagai tanaman yang mampu menyerap Xylene yang banyak dihasilkan oleh cat. Jadi, dengan kehadiran tanaman ini, tentunya akan membantu mengurangi polutan yang beredar di rumah yang baru di cat.

    Tanaman ini juga menghasilkan oksigen di malam hari, yang berbeda dengan kebanyakan tanaman yang menghirup oksigen saat malam hari. Tentunya hal itu akan membuat segar udara ruangan hingga malam hari.

    Tahukah Anda : Terlalu sayang pada tanaman ini justr bisa membuatnya mati karena biasanya menjadikan kita terlalu sering menyiram. Padahal, tidak perlu demikian, siramlah ketika tanahnya kering.

    5. Lidah Buaya
    [​IMG]

    Tanaman lidah buaya jika ditempatkan dalam pot maka tanaman dapat tumbuh subur dan menyejukkan mata. Apalagi, tanaman ini tidak perlu perawatan yang rumit, cukup keluarkan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali keluar ruangan dan disiram, maka ia bisa kembali segar.

    Ukurannya pun beragam dari yang mini sampai yang besar. Tingginya bisa mencapai 90-100 cm.

    Nama Indonesianya adalah Lidah Buaya karena bentuknya yang agak runcing dengan gerigi di masing-masing sisinya.

    Lidah Buaya bisa menyerap Benzena, Formalin, dan beberapa jenis bahan kimia lainnya dari udara.

    Tahukah Anda : Getah lidah buaya bisa dipergunakan untuk mengobati luka akibat sengatan matahari?

    6. Bunga Krisan atau Chrysanthemum
    [​IMG]

    Peneliti NASA menemukan bahwa Bunga Krisan menyerap beberapa jenis polutan berbahaya dari udara, seperti Benzena (kandungan yang biasa ada dalam bensin), Formalin/Formaldehyde, Amonia, dan Xylene.

    Keindahannya sendiri jangan ditanya. Dengan warna-warna yang cerah ceria, seperti pink, merah, kuning, Bunga Krisan dipastikan akan memberikan tambahan suasana ceria di dalam ruangan manapun.

    Meskipun demikian, layaknya tanaman berbunga lainnya, jenis tanaman hias pembersih udara dalam ruangan ini memerlukan sinar matahari untuk mengeluarkan bunga. Untuk itulah, sebaiknya, biarkan tanaman di taman. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam pot dan diletakkan di atas meja atau sudut ruangan.

    Tahukah Anda : Bunga Krisan atau Seruni adalah bunga nasional dari negeri Samurai, Jepang? Habitat aslinya berasal dari Asia dan Timur Laut Eropa.

    Selengkapnya: Tanaman Hias Pembersih Udara
     
Loading...

Share This Page