Ada Rahasia Ampuh Hilangkan Stres Saat Hadapi Ujian Disini!

Discussion in 'Education' started by Educamp Ganesha, Jan 25, 2016.

Tags:
  1. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Momen menjelang ujian baik UN maupun SBMPTN adalah saat yang menegangkan baik siswa yang cukup lama mempersiapkan diri maupun mereka yang hanya sekedar belajar. Taruhan akan kelulusan sepertinya momok yang cukup menakutkan. Uniknya, tak hanya siswa saja yang menghadapi kondisi ini, para mahasiswa sekalipun turut merasakan hal yang sama. Adakah solusinya?

    Kondisi stres atau tekanan berlebih biasanya dialami oleh siswa atau mahasiswa yang kurang memiliki persiapan yang cukup. Sistem kebut semalam atau SKS saat menjelang ujian menjadikan pikiran tidak tenang dan pastinya, kurang beristirahat karena belajar hingga larut malam. Akibatnya, keesokan harinya mata mulai mengantuk dan konsentrasi pun berkurang.

    Padahal, dengan menjalankan beberapa strategi berikut ini, produktifitas belajar akan semakin meningkat bahkan kebiasaan belajar pun akan semakin baik. Apa saja rahasia tersebut? Berikut ini penjelasannya :

    # Menggunakan Buku Catatan

    Buku catatan yang diperuntukkan untuk mencatat segala mata pelajaran sepanjang sekolah atau masa kuliah akan memudahkan saat belajar. Di buku tersebut, sudah tercantum rangkuman dari beberapa materi baik saat mendengarkan penjelasan dari dosen atau guru hingga saat membaca buku. Dengan begitu, saat masa ujian hampir tiba, siswa atau mahasiswa tak perlu lagi membaca buku referensi. Cukup dengan membaca catatan yang dibuat maka setidaknya mampu mengingat pelajaran. Aturlah waktu untuk membaca buku tersebut setidaknya akhir minggu daripada di hari terakhir menjelang ujian. Jika ini dilakukan, maka kecemasan dan tekanan pikiran akan jauh berkurang.

    # Membuat Peta Isi Buku

    Menggambarkan secara visual tentang isi buku atau bahan pelajaran dalam sebuah peta setidaknya sangat membantu dalam hal memahami materi. Menghubungkan antara bagian utama dengan sub bagian adalah salah satunya. Siswa atau mahasiswa bisa mencari sumber lain yang masih ada kaitannya dengan pelajaran tersebut sehingga saat dihadapkan dengan soal, maka bayangan akan sub tadi akan jelas terpampang di pikiran.

    # Hindari Membuat Draft

    Ada kalanya, saat menjawab soal ujian uraian siswa atau mahasiswa banyak menggunakan sistem draft. Tentu saja, ini membutuhkan waktu lama namun sebaiknya langsung menulis jawaban dengan baik dan benar adalah solusi yang tepat. Untuk itu, mulailah dari sekarang membuat poin poin jawaban penting namun tidak membuat draft.

    # Menandai Kalender

    Sudah pasti, waktu ujian akan diberitahukan kepada siswa termasuk saat menghadapi ujian SBMPTN. Untuk itu, tandailah kalender kapan waktu ujian berlangsung agar jadwal belajar dapat segera dibuat. Dengan demikian, persiapan akan jauh lebih baik dan tidak mendapat tekanan atau stres saat menghadapi ujian yang kian dekat.

    # Beri Waktu Istirahat yang Cukup

    Meski bukan berarti santai, tapi setidaknya aturlah waktu yang tepat untuk beristirahat. Beri jeda waktu selama belajar agar otak kembali segar dan pikiran pun bisa kembali konsentrasi.

    # Membuat Kelompok Belajar

    Carilah teman yang memiliki minat yang sama. Tak perlu memilih siapa yang paling pintar namun setidaknya semua anggota belajar saling memberi kontribusi yang dibutuhkan seperti bertanya, memberi penjelasan hingga menjawab soal.

    # Jangan Lupa Sarapan

    Di hari ujian, terutama saat menghadapi ujian SBMPTN jangan pernah lupakan sarapan karena tenaga yang dibutuhkan sangat besar. Meski begitu, pilihlah menu sarapan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Sebisa mungkin, hindarkan makanan berlemak karena membuat tubuh jadi lemas. Satu hal lagi, sampai kekenyangan karena konsentrasi bisa buyar.
     
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    kalok gak dipikirin gak bakal stres, santai aja tapi tetep serius :)
     
  3. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    tips abis ujian akhir nih...
     
Loading...

Share This Page