Adwords Pemasaran Online Paling Populer Saat Ini, Apa Itu Google Adwords?

Discussion in 'Online Business' started by framdani86, Jul 9, 2016.

  1. framdani86

    framdani86 Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

    Sistem
    Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:

    1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.

    2. Sistem PPC atau Pay Per Click, di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

    Strategi
    Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa mobil" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa mobil". [1].

    Platform
    Platform Google AdWords terbagi 2, yaitu :

    1. Google Search, di mana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.

    2. Google Display Network, di mana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.

    Google juga menyediakan alat (tool) Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini.

    Namun tidak semua yang memasang iklan di Google memiliki kemampuan ataupun waktu untuk mengelola kampanye iklan secara efisien karena sangat banyak sistem pengaturan atau settings yang dapat mempengaruhi efektivitas kampanye iklan mereka. Masalah tersebut dapat di atasi oleh agen Adwords yang mempekerjakan seorang Adwords Qualified Individual yang mampu mengoptimalkan iklan, contohnya Golden e-Marketing, agar tidak ceroboh dan tanpa disadari membuang-buang anggaran budget Adwords-nya.

    Di Eropa, Amerika Utara dan beberapa negara Asia sudah banyak yang mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan tidak sedikit di antara mereka yang tidak menerima klien dengan pengeluaran anggaran di bawah 1000 USD per minggu. Namun di Indonesia yang marketnya baru saja menyadari akan potensi pemasangan iklan di Google Adwords masih lebih fleksibel dalam penerimaan budget pemasangan.

    Akan tetapi berbeda dengan banyak negara di Eropa dan Amerika di mana program menuju pendapatan sertifikasi pengelolaan Adwords sudah banyak dibuat dalam bahasa mereka, di Indonesia materi pelajaran masih dalam bahasa Inggris oleh karena itu jumlah Adwords Qualified Individual di negara ini masih termasuk langka.

    Referensi
    1. ^ a b Ni Ketut Susrini (2009). Google. B First. p. 107. ISBN 978-979-24-3840-6.
    2. cek fizuweb.com Sebagai salah satu layanan Google Adwords
     
  2. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    iklan di adword sama di facebook lebih menguntungkan yang mana ??
     
  3. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Lebih untung di Adwords
     
  4. framdani86

    framdani86 Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    pemasaran lewat adwords lebih banyak call in dan ada potensi closing
     
  5. Hadi20

    Hadi20 New Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    klo digital marketing yang lagi trend skrg emg google adwords, itu yang paling banyak digunain sama agency-agency saat ini. tapi menurut ane adwords masih blom trlalu efektif karna nilai cpcnya juga kadang terlalu besar. nah sekarang kan lagi marak-maraknya sosial media nih, kenapa gak coba aja iklan lewat sosial media itu, such as fb ads.
     
  6. indocomco

    indocomco Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google Adwords, cara beriklan yang sangat efektif untuk memperbanyak orderan. Cuman yaa itu, cukup mahal untuk satu pekan saja. Makanya, biasanya saya gunakan cara yang menurut saya efektif namun memakan waktu yang lama, yaitu SEO. Jadi antara SEO dan Adwords saya gabungkan untuk perusahaan penjualan mesin fax dan Panaboard tempat saya bekerja.
     
  7. Kicau Angin

    Kicau Angin New Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iya, dimana-adwors sering muncul, salut deh yang bisa memanfaatkannya*belajar*
     
Loading...

Share This Page