Agar Terhindar Dari Virus Corona, Lakukan Tips Liburan Berikut Ini

Discussion in 'Tourism' started by Nur Maulida, Jul 28, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Memasuki era new normal, beberapa sektor industri mulai menerapkan beberapa protokol kesehatan termasuk juga sektor industri pariwisata untuk kembali membuat laju pariwisata di beberapa daerah kembali berjalan dengan normal.

    Tentu bukan hal yang mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Hal ini wajar mengingat setelah sekian lama berada di dalam rumah selama berbulan-bulan, tentu rasa bosan dan jenuh akan Anda rasakan. Hal ini pasti membuat dorongan untuk berlibur semakin menggebu-gebu.

    Meski kegiatan pariwisata telah diperbolehkan untuk beroperasi kembali, namun Anda tetap perlu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah saat liburan di masa new normal.

    Tips Liburan di Era New Normal

    Pastikan Kondisi Tubuh Sehat & Fit

    Sebelum Anda berlibur di masa New Normal, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda dalam kondisi sehat dan fit. Jangan sekalipun memaksakan diri untuk berlibur saat tubuh dalam kondisi yang tidak fit agar risiko terkena penyebaran virus corona dapat diminimalisir. Karena itu, sebelum berangkat berlibur pastikan Anda telah melakukan pemeriksaan rapid test atau swab test secara mandiri.

    Lakukan Reservasi dan Check-in Secara Online

    Sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, beberapa tempat wisata dan hotel khususnya di Jakarta tidak akan lagi melayani pembelian tiket masuk secara on the spot di loket untuk menghindari terjadinya kerumunan. Untuk pembeliannya dapat dilakukan secara online melalui situs resmi destinasi wisata yang ditujukan.

    Selalu Gunakan Masker

    Ketika Anda berada di luar ruangan selalu pergunakan masker meskipun Anda dalam kondisi sehat. Sebab, meskipun Anda dalam kondisi sehat bukan berarti Anda dijamin bebas virus corona. Justru bisa jadi Anda merupakan carier dari virus tersebut dengan status OTG (orang tanpa gejala). Meski begitu, masker tidak dapat menjamin bahwa Anda terbebas dari virus corona.

    Bawa Hygiene Kit

    Hygiene Kit merupakan senjata utama yang wajib dibawa saat berlibur di era New Normal seperti saat ini. Beberapa Hygiene Kit yang wajib dibawa meliputi desinfektan spray, sabun cair, tisu basah, hand sanitizer, dan masker cadangan.

    Bawa Bekal Sendiri

    Selama bepergian, sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Sebab, menurut kajian ilmiah, virus corona dapat bertahan di benda mati selama berjam-jam. Karena itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum makan.

    Lakukan Solo Travelling atau Staycation

    Di era New Normal seperti sekarang ini, pemerintah menyarankan untuk melakukan solo travelling atau staycation dengan tujuan untuk menghindari kerumunan yang mengakibatkan banyak terjadinya kontak fisik. Karena itu, sebelum melakukan solo travelling, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai destinasi wisata yang Anda tuju untuk mendapatkan spot-spot tersembunyi yang belum terjamah.

    Gunakan Kendaraan Pribadi

    Ketika berlibur, sebaiknya memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi kontak fisik. Jika terpaksa harus menggunakan transportasi umum, sebaiknya Anda tetap menggunakan masker dan menggunakan baju lengan panjang serta selalu berhati-hati saat menyentuh apapun.

    Gunakan Jasa Paket Wisata

    Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga besar, sebaiknya gunakan penyedia jasa paket wisata yang profesional dan telah mempunyai standar keamanan sendiri di masa era new normal, seperti sekarang ini.
     
Loading...

Share This Page