AI Percakapan (Conversational AI) Akan Meningkatkan Point Of Sales Restoran

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 8, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    AI percakapan atau conversational AI sangat penting dalam membantu restoran bekerja dengan sempurna, mulai dari membuat pemesanan menjadi mudah hingga memberikan pembaruan cepat dan mengurangi waktu tunggu. Sudah lumrah bahwa perusahaan di semua sektor mengintegrasikan chatbot ke dalam proses akuisisi pelanggan dan layanan pelanggan mereka. Salah satu dari banyak manfaat chatbot bertenaga AI adalah bantuan pelanggan yang lancar. Restoran, di antara banyak pemain penting lainnya di industri perhotelan dan makanan, memanfaatkan sepenuhnya bot untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

    Oleh karena itu, apa yang membuat sistem percakapan yang didukung oleh AI efektif untuk ditingkatkan ke tingkat berikutnya? Secara sederhana, sistem chatbot yang didukung oleh AI dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Facebook, WhatsApp, aplikasi seluler, Internet (situs web), Slack, Telegram, dan lainnya, dengan tujuan berinteraksi secara strategis dengan pelanggan. Misalnya, bot Domino Pizza hanya membutuhkan emoji untuk menerima pesanan melalui Facebook Messenger.

    Mengingat nilai komitmen dan loyalitas pelanggan di setiap pengaturan restoran dan tingkat persaingan yang semakin meningkat di pasar, sektor makanan dan minuman harus unggul dalam kualitas keramahan dan layanan pelanggannya.

    Namun, mungkin sulit bagi staf restoran untuk secara konsisten memenuhi kebutuhan semua orang, baik itu memesan makanan, membuat reservasi, atau bahkan mengumpulkan feedback, yang dapat berdampak negatif pada branding.

    Pelanggan tidak perlu lagi menelepon untuk melakukan reservasi, mengantri untuk dibantu, atau mengantri kursi berkat chatbots. Restoran tidak lagi membutuhkan tim dukungan khusus. Banyak tugas, seperti menjawab pertanyaan umum, membuat reservasi di restoran, memesan makanan, dan memproses pembayaran, dapat diselesaikan oleh robot. Tugas-tugas ini dapat dilakukan oleh chatbots sepanjang waktu, setiap hari dalam seminggu, persis seperti seorang layanan pelanggan profesional.

    Sistem point of sale berkembang dengan cepat, dan conversational AI disertakan untuk menawarkan kemudahan dan pengalaman konsumen yang mulus dan menyenangkan.

    Mari kita lihat secara detail bagaimana Gupshup - Penyedia Chatbot API terbaik di Indonesia - meningkatkan POS Journeys.

    1. Pemesanan yang Mudah
    Pelanggan Anda dapat dengan cepat memesan makanan melalui aplikasi restoran Anda, melalui WhatsApp, atau layanan pesan lainnya dengan menggunakan chatbot Gupshup. Pelanggan hanya perlu mengirim pesan ke perusahaan Anda ketika mereka ingin memesan makanan.

    Pengguna disambut oleh bot Gupshup, yang juga menyajikan menu kepada mereka.
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Mereka hanya perlu menekan sekali untuk menambahkan makanan dari menu berkat UI intuitif. Pengguna sistem pemesanan berbasis WhatsApp dapat meminta dan menelusuri kartu menu, memasukkan barang ke keranjang belanja mereka, dan melakukan pembayaran menggunakan WhatsApp atau aplikasi perpesanan lain pilihan mereka.

    Pelanggan memiliki pilihan untuk memesan takeout atau pengiriman ke rumah. Selama checkout, mereka dapat menyimpan banyak alamat pengiriman.

    Saat memilih pembayaran untuk pesanan, pengguna dapat memilih dari sejumlah opsi pembayaran. Selain itu, mereka dapat menggunakan pembayaran WhatsApp untuk melakukan pembelian online yang aman untuk makanan mereka.

    Lebih dari 30 platform perpesanan, termasuk WhatsApp, Skype, Facebook Messenger, Instagram, SMS, Telegram, dan lainnya, dapat secara efektif menggunakan API yang satu ini.

    2. Promosi
    Bot dapat membantu Anda memulai diskusi dengan pelanggan baru dan pelanggan lama dari database Anda yang sudah ada sebelumnya setelah terhubung dengan saluran komunikasi.

    Diskusi ini mungkin berfokus pada penjualan atau pemasaran, atau seperti yang kita suka, campuran keduanya.
    [​IMG]

    3. Rekomendasi
    Integrasi AI membantu dalam memilih saran yang disesuaikan berdasarkan riwayat pembelian pengguna selain materi pemasaran konvensional yang Anda putuskan untuk dikirim. Saran-saran ini kemudian dikomunikasikan melalui AI percakapan bersama dengan dorongan untuk melakukan pemesanan.

    Pelanggan dapat memilih saran daripada layanan otomatis, dan setelah menjawab beberapa pertanyaan singkat untuk mengungkapkan keinginan mereka, mereka akan disajikan makanan.

    4. Informasi Pesanan dan Pemantauan Makanan yang Efektif

    Gupshup - Penyedia Chatbot API tepercaya di Indonesia - mengirimkan faktur pesanan setelah pengguna berhasil menyelesaikan proses pembayaran. Jika pengguna ingin melacak pesanan mereka, mereka dapat meminta informasi pelacakan makanan kepada chatbot, dan chatbot akan menawarkan tautan untuk melacak pesanan mereka.

    Mereka dapat dengan mudah membaca informasi tentang lokasi, nama kurir pengiriman, informasi kontak, dan estimasi waktu kedatangan.

    5. Reselling dan Recall
    Untuk semua restoran, penarikan cepat (recall) sangat penting, dan dengan adanya Conversational API (API Percakapan), recall dapat dibuat sederhana. Pesan penarikan pribadi yang berisi penawaran, tautan survei, dan informasi lainnya dapat dikirimkan setelah setiap pembelian.

    6. Invoicing dan Penagihan Pembayaran
    Lingkungan conversational AI memungkinkan pembuatan ringkasan pesanan. Untuk memberikan pelanggan pengalaman pemesanan yang lancar, mudah untuk menghubungkan pembayaran tagihan dengan banyak mitra pembayaran.

    7. Resolusi Pertanyaan Cepat
    Kurangnya kesabaran terjadi bersamaan dengan rasa lapar. Saat berhadapan dengan pertanyaan atau masalah yang dihadapi, orang atau pengunjung tidak ingin dibiarkan menunggu bahkan satu menit pun.

    Penyelesaian pertanyaan instan untuk masalah pengiriman, kualitas makanan atau masalah rasa, kesalahan penagihan, dan masalah status pesanan dapat dimungkinkan dengan menggunakan AI percakapan Gupshup, Penyedia Chatbot API pilihan di Indonesia.

    Chatbot Gupshup memiliki kemampuan untuk mentransfer diskusi ke tim support (manusia) jika tindakan manusia selanjutnya diperlukan.
    [​IMG]

    8. Survei, Komentar, dan NPS

    Sistem feedback adalah salah satu elemen terpenting dari pengalaman pengguna saat menggunakan POS restoran. Dengan mengajukan semua pertanyaan yang sesuai dan mengumpulkan balasan dalam bentuk angka atau klik, Gupshup memungkinkan pengalaman feedback yang mudah.
    [​IMG]
    [​IMG]

    9. Notifikasi Otomatis
    Dengan AI percakapan bawaan, Anda dapat mengirim peringatan penting seperti OTP, pembaruan status pengiriman, pembatalan, dan pengembalian uang saat terjadi. Pengguna menerima semua notifikasi SMS dengan segera.

    Kesimpulan
    Pembaruan dan perubahan setiap hari dilakukan pada teknologi. Chatbot berkemampuan AI adalah alat bantuan digital terbaik yang tersedia untuk industri restoran. Mengingat pentingnya loyalitas dan dedikasi pelanggan dalam setiap pengaturan restoran, restoran harus melampaui harapan dalam hal layanan pelanggan.

    Jika dilakukan dengan benar, menambahkan AI Percakapan ke sistem POS adalah langkah yang bijaksana.

    Mintalah demo sekarang juga untuk memulai perjalanan transformasi Anda! Jadwalkan demo dengan Gupshup sekarang juga untuk memulai meningkatkan POS restoran Anda.


    Sumber

    Dilokalisasi dari:

    Conversational AI To Boost Customer Satisfaction At Restaurant POS

    Sumber Sekunder:

    Automate F&B Processes with Conversational AI
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,140
    Likes Received:
    152
    Trophy Points:
    63
    Apa bedanya dengan cara memesan melalui shopee atau tokopedia?
    Tinggal klik, barang datang kerumah, bukan sulap bukan sihir.
     
Loading...

Share This Page