Air Terjun Tanjaro, Keindahan Alam Tersembunyi Yang Butuh Dilirik

Discussion in 'Tourism' started by Zerki Juliandri, Dec 22, 2014.

  1. Zerki Juliandri

    Zerki Juliandri Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Air Terjun
    Tanjaro, Begitu sebutan masyarakat Jorong Balai Tampuak Pinang, Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terhadap air terjun yang tersembunyi sekitar satu kilometer dari pemukiman penduduk. Tidak banyak yang tahu tentang keberadaan air terjun ini, bahkan warga Kecamatan Mungka sekalipun.

    Saat kami melakukan kunjungan ke air terjun tersebut bahkan kami sempat menanyakan kepeda beberapa orang di Kecamatan Mungka, kebanyakan dari mereka menjawab tidak mengetahui, bahkan mereka mengatakan di Kecamatan Mungka sendiri tidak memiliki air terjun. Namuan setelah memasuki Nagari Simpang Kapuak, umumnya masyarakat disini mengetahui keberadaan air terjun tersebut.

    Menurut penuturan Wali Jorong Balai Tampuak Pinang, Nagari Simpang Kapuak, Alfa Hendra, keberadaan air terjun yang memiliki tiga tingkatan ini telah diketahuai masyarakat setempat semenjak Limabelas tahun yang lalu.

    “Masarakat sudah mengetahui semejak Limabelas tahun, sehingga pernah dikelola secara swadaya oleh jorong setempat dengan mempercayakan beberapa orang untuk menjaga, namun karena kurangnya promosi dan perhatian pemerintah Kabupeten Limapuluh Kota akan aset wisata ini akhirnya air terjun itu dibiarkan begitu saja.” Jelasnya

    Hingga saat ini lokasi air terjun tersebut masih dikunjungi minimal dua kali dalam seminggu, terutama pada hari libur Sabtu dan Minggu oleh masyarakat setempat dan juga sesekali masyarakat luar yang
    penasaran dengan keindahan tempat tersebut. Namun hanya sekedar melihat tanpa memberikan sumbangsih terhadap pemerintah setempat dan pengelolaan lokasi tersebut.

    Berbagai langkah telah dilakukan warga terutama jorong untuk memajukan dan mempromosikan keberadaan wisata tersembunyi Air Terjun Tanjaro ini, mulai dari membahasnya setiap musrembang kecamatan, hingga membuat laporan pengunjung setiap minggunya untuk dilaporkan ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Limapuluh Kota. Namun hingga saai ini belum ada tanggapan dari pemerintah setempat.

    Selain menyajikan keindahan alam dan kesejukan airnya, Air terjun Tanjaro ini juga di fungsikan masayarakat setempat sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari – hari yang dialirkan ke rumah – rumah warga melalui pipa penyelur yang merupakan bantuan dari pemerintah Kabupeten Limapuluh Kota beberapa tahun yang lalu.

    Bagi anda yang penasaran dengan keindahan air terjun ini harus melakukan perjalanan sejauh lebih kurang satu kilometer dari pemukiman penduduk melewati kebun gambir warga, atau lebih kurang tiga puluh menit perjalanan. Pengunjung yang baik tentunya akan selalu menjaga keasrian tempat wisata tersembunyi tersebut dengan menjaga dan tidak merusak, sehingga kedepannya tempat itu selalu asri dan nyaman untuk dikunjungi (**)

    Baca juga artikel lainya disini sob
    tentang keindahan pariwisata sumatera barat yang masih tersembunyi >>
     
  2. fikrishare

    fikrishare Member

    Joined:
    May 1, 2014
    Messages:
    109
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jadi pingin liburan ke air terjun
     
    Zerki Juliandri likes this.
  3. Zerki Juliandri

    Zerki Juliandri Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    ikut gan hehehehe
    *senang*
     
  4. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    848
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pergi liburan ke Air terjun bersama pasangan akan jauh lebih seru :D . . .
     
  5. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Air terjunnya unik juga yaaaa
     
Loading...

Share This Page