Alasan Kenapa Banyak yang mengunakan website untuk usaha

Discussion in 'Online Business' started by Dimas123, Jan 1, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Dimas123

    Dimas123 Member

    Joined:
    Mar 20, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Saat ini hampir tidak ada usaha atau bisnis yang tidak memiliki sebuah website resmi. Semuanya membutuhkan website untuk berbagai tujuan. Sebuah website tidak hanya bisa dimiliki dengan biaya yang besar karena saat ini sudah tersedia banyak jasa pembuatan website seperti Ipu Ipu Web design yang siap menampung segala kebutuhan anda yang berhubungan dengan situs maupun optimalisasi SEO. Saat ini ada dua kategori besar website yang bisa anda miliki yaitu website berbayar maupun website gratis. Website berbayar biasanya didapatkan dengan berlangganan pada sebuah layanan hosting tertentu dan biayanya sangat bervariasi.

    Website gratis bisa didapatkan secara cuma-cuma hanya dengan mendaftar pada sebuah layanan penyedia hosting seperti Blogger dan WordPress. Layanan gratis ini tentunya memiliki keterbatasan dalam layanannya diantaranya ruang penyimpanan yang sangat sedikit dan adanya iklan yang disertakan oleh pihak provider. Mau tidak mau kita harus tetap mematuhi segala aturan yang sudah ditetapkan agar kita dapat menggunakan layanan ini. Berbeda dari website gratis, website berbayar menyediakan ruangan penyimpanan data yang berbeda-beda tergantung dari paket yang dipilih. Selain itu and ajuga dibebaskan untuk menaruh berbagai macam plug in untuk mempermudah pengoperasian website tersebut.

    Sebuah bisnis harus terwakili eksistensinya di dunia internet melalui sebuah website tidak hanya media sosial. Penggunaan media sosial hanyalah sebagai sarana penunjang website utama atau untuk bersosialiasi dengan para pelanggan. Jika anda ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, media sosial saja tidak cukup. Anda harus menyediakan sebuah website dengan tampilan profesional dan fitur yang lengkap. Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa sebuah situs bisnis harus memiliki wbsite berbayar sendiri:

    • Website sebagai media promosi
    • Bermanfaat untuk menjual produk dan layanan
    • Menghemat biaya
    • Mampu melayani pembeli selama 24 jam
    • Menyediakan FAQ
    • Meningkatkan branding
    • Menjangkau pasar yang lebih luas
    • Mengadakan kontes dan penawaran
    • Berinteraksi secara langsung dengan pelanggan
    [​IMG]

    Alasan utama untuk membuat sebuah website adalah untuk mempromosikan sebuah produk. Promosi merupakan kegiatan yang terpenting untuk sebuah usaha yang baru dijalankan agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui keberadaan perusahaan atau toko anda. Pormosi lewat website lebih efektif karena website anda bisa langsung ditemukan oleh para peminatnya melalui mesin pencari. Selain itu, anda juga bisa mempromosikan hal-hal lain seperti jasa, organisasi, komunitas, atau acara yang anda adakan dengan cepat. Tidak perlu menunggu lama, anda bisa langsung mengupload gambar, artikel, atau video tentang hal yang ingin dipromosikan.

    Website juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk menjual barang dan jasa. Apabila anda sudah memiliki sebuah toko offline dan ingin mencapai omzet yang lebih tinggi, anda dapat membuat sebuah website untuk membantu mnedongkrak penjualan. Website ini memiliki biaya perawatan yang relatif lebih kecil dari toko fisik karena anda tidak harus membayar tagihan listrik, air, atau keamanan. Anda hanya perlu memilih jasa pembuatan website dan penyedia jasa hosting terbaik. Anda dapat mempekerjakan seoarang admin untuk mengurusi web tersebut atau anda juag bisa menanganinya sendiri jika tidak terlalu sibuk. Biaya pembuatan website yang semakin murah ini mendorong lebih banyak pengusaha untuk mengembangkan situs penjualannya.

    Usaha offline jarang yang bisa melayani pelanggan selama 24 jam. Para karyawan dan pemiliki usaha sendiri harus meluangkan waktu untuk beristirahat sehingga jika ada pelanggan yang ingin melakukan order barang, dia harus menunggunya sampai toko dibuka kembali. Hal ini tentunya cukup menghambat toko anda karena pemesanan menjadi mundur. Kendala ini tidak akan anda hadapi pada website yang bisa online 24 jam. Pembeli hanya perlu memilih berang yang ingin dibeli dan memasukkannya ke keranjang belanja. Pesanan bisa langsung diproses setelah pembeli sepakat untuk mntransfer sejumlah uang. Cara ini akan mempersingkat waktu sekaligus mencegah calon pembeli yang pindah ke lapak lain.

    Calon pembeli mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang bisnis yang anda jalankan. Kebanyakan pertanyaan ini sama dan jawabannya pun sangat mirip. Anda tidak bisa menolak pertanyaan tersebut hanya karena anda sudah pernah menjawabnya karena para calon pembeli ini akan menganggap anda tidak ramah dan tidak siap melayani pembeli. Melalui website, anda bisa mencantumkan FAQ (Frequently Asked Questions) yaitu deretan pertanyaan yang sering ditanyakan beserta dengan jawabannya. Pertanyaan pembeli biasanya berkisar tentang:

    • Alamat usaha anda
    • Jenis barang dan jasa yang dijual
    • Cara pemesanan
    • Pembayaran
    • Fasilitas retur
    • Pengiriman barang
    • Estimasi waktu pengiriman
    Anda juga bisa meningkatkan branding dari produk yang anda jual. Banyak hal yang mempengaruhi keputusan pembeli salah satunya adalah tingkat popularitas sebuah brand. Cara instan untuk membuat merk produk anda lebih menonjol adalah dengan mencantumkannya pada website online yang anda miliki. Semakin banyak merk anda terkespose, maka akan semakin banyak pula pembeli yang mempercayai toko anda. Selain itu branding yang kuta juga akan membuat para pelanggan lebih loyal dan enggan menggunakan produk sejenis dari merk lain. Produk yang terkenal dan dipercaya akan meningkatkan kebanggan untuk penggunanya.

    Persaingan usaha semakin lama semakin ketat sehingga anda harus pintar-pintar melakukan cara kreatif untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas salah satunya dengan memperluas pemasaran melalui website. Suatu website bisa disetting untuk terlihat oleh masyarakat pada wilayah tertentu yang anda bidik. Kita juga sangat mungkin berinteraksi dan melakukan transaksi dengan banyak orang dari mancanegara. Semakin banyak pasar yang bisa kita capai, semakin meningkat pula omzet penjualan suatu produk. Pasar yang bisa dijangkau oleh sebuah website diantaranya:

    • Pasar lokal
    • Pasar daerah
    • Pasar nasional
    • Pasar global
    • Pasar sepsifik
    Kontes untuk meningkatkan marketing produk bisa dilakukan melalui sebuah website. Kontes ini dapat dipromosikan melalui website dengan membuat sebuah konten khusus tentang tata cara mengikuti kontes, tenggang waktu, penilaian, dan hadiah. Setelah itu anda hanya perlu meninggalkan link kontes ini pada sejumlah media sosial atau situs-situs tertentu untuk mengajak lebih banyak orang mengikuti kontes tersebut. Anda juga bisa menawarkan diskon atau potongan harga pada produk lama anda dengan member tanda diskon pada produk yang anda kehendaki tanpa harus memasang spanduk besar yang memakan biaya.

    Interaksi penjual dan pembeli di toko offline sangat terbatas yaitu dengan pertemuan tatap muka langsung. Sebaliknya, anda bisa berinteraksi dengan para pengunjung website anda kapanpun mereka online dengan berbagai fasilitas chatting yang anda sediakan di website. Mungkin ada beberapa hal yang belum dimengerti oleh pelanggan sehingga mereka ingin menghubungi anda secara langsung. Untuk menangani urusan komunikasi ini, anda bisa meminta seseorang untuk menjadi admin website. Dengan berbagai alasan tersebut, maka usaha yang anda bangun patut didukung oleh sebuah website profesional.
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Website memfasilitasi transaksi jual beli dengan cara yang mudah.
     
  3. asli3rut

    asli3rut Member

    Joined:
    Sep 6, 2014
    Messages:
    642
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
  4. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,186
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Simple dan murah, untuk mempromosikan produk kita
     
  5. david kurniawan

    david kurniawan New Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    berapaan ini harganya gan??
     
  6. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Pasar yang meluas jika dengan website, transaksinya pun lebih mudah
     
  7. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Yang penting seee, harus bisa jaga kepercayaan dari pelanggan.
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Ya, bisnis online tidak boleh mengesampingkan kepercayaan dan testimoni dari pelanggannya.
     
  9. bersosialaja

    bersosialaja New Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  10. ︻╦̵̵͇̿̿̿̿╤──── Gembel

    ︻╦̵̵͇̿̿̿̿╤──── Gembel Member

    Joined:
    Jul 23, 2015
    Messages:
    231
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Seiring kemajuan zaman, mau tidak mau harus mengikuti. Jika dulu hanya pasar tradisional, sekarang ada pasar online. Tidak perlu keluar rumah pun bisa berbelanja.
     
  11. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    website sudah jadi toko online, jadi gak perlu repot" untuk belanja ke suatu tempat, tinggal order sja
     
  12. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,169
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    48
    Hari gini gak punya website ..... ketinggalan bgt ... tuh
     
  13. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    851
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    kalau untuk bisnis via website terlihat propesional..
    kalau via blogspot di pandang sebelah mata..

    makanya saya kombinasikan keduanya..
    Alhamdulilah keduanya menghasilkn..
     
  14. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    633
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    ia memang gitu gan di jaman sekarang bisnis online lagi buming banget karena banyak yang sudah merasakan manfaatnya
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page