Alat Untuk Menentukan Kualitas Warna

Discussion in 'General Discussion' started by ariskahana, Feb 26, 2020.

  1. ariskahana

    ariskahana New Member

    Joined:
    Nov 13, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Alat Untuk Menentukan Kualitas Warna - Saat ini, kemajuan teknologi di dalam dunia industri semakin cepat berkembang. Baik dalam hal alat uji,maupun dalam hal alat produksi, dan alat ukur. Banyak alat ukur didunia ini diciptakan dengan teknologi yang mutakhir. Sekarang sebuah alat ukur diciptakan, dengan teknologi yang semakin canggih dan, banyak industri yang membutuhkan alat ukur ini, itulah dia colorimeter.

    [​IMG]

    Colorimeter merupakan sebuah instrumen pengukur warna yang sensitif terhadap cahaya yang diserap dari beberapa zat atau benda. Alat ini menentukan kualitas warna berdasarkan penggolongan warna dari biru, merah, dan hijau dari cahaya yang diserap oleh objek. Ketika cahaya melewati medium, cahaya tersebut diserap, dan cahaya yang lewat itulah yang diserap oleh alat ini sebagai hasilnya, ada penurunan seberapa banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh medium. Alat ini bekerja atas dasar hukum Beer-Lambert, yang menyatakan bahwa penyerapan cahaya yang ditransmisikan melalui media berbanding lurus dengan konsentrasi medium.

    Colorimeter bekerja dengan cara melewatkan panjang gelombang tertentu dari cahaya melalui solusi. Kemudian mengukur cahaya yang datang melalui sisi lain. Untuk mengetahui konsentrasi sampel yang tidak diketahui, beberapa contoh solusi di mana konsentrasi diketahui pertama kali dibuat dan diukur. Lalu diplot pada grafik dengan konsentrasi pada satu sumbu dan absorbansi di sisi lain untuk membuat kurva kalibrasi. Saat sampel yang tidak diketahui diukur, hasilnya dibandingkan dengan sampel yang dikenal pada kurva untuk menentukan konsentrasi. Beberapa jenis colorimeter secara otomatis akan membuat kurva kalibrasi yang didasarkan pada kalibrasi awal.

    Dalam industri televisi ataupun industry monitor, colorimeter sangatlah diperlukan, gunanya sebagai menganalisa kontras warna dan kecerahan pada layar televisi, yang memungkinkan pengguna colorimeter untuk kemudian menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Lain lagi dalam industri percetakan. Colorimeter digunakan untuk mengukur intensitas warna pada kertas yang sudah dicetak. Colorimeter ini juga digunakan untuk menentukan kualitas pada warna tinta, apakah dalam kualitas terbaik atau tidak.

    Selain dunia industri, pedagang berlian juga menggunakan colorimeter untuk mengukur sifat optic dari batu mulia. Alat ini mempermudah pekerjaan dalam hal checking and measuring yang berhubungan dengan warna.

    Dunia kesehatan juga menggunakan colorimeter untuk menganalisa warna kulit. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam penggolongan warna kulit dan mendiagnosa sebuah penyakit tertentu. Selain warna kulit, orang yang bekerja dibidang kesehatan juga menggunakan alat ini untuk menganalisa warna gigi, yang hasil dari penggunaan alat ini akan membantu juga dalam mendiagnosa penyakit. Selain untuk menganalisa warna kulit dan warna gigi, colorimeter juga digunakan di rumah sakit untuk menguji konsentrasi hemoglobin yang terkandung dalam darah.
     
Loading...

Share This Page