Amalan Ampuh Hutang Lunas

Discussion in 'General Discussion' started by prita amalita, Oct 25, 2017.

  1. prita amalita

    prita amalita Member

    Joined:
    Jan 12, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Diterpa cobaan usaha anda yang bangkrut, menyebabkan anda harus berhutang untuk membayar yang perlu dibayar. Karena hal ini anda dirundung kesedihan dan rasa takut karna harus memikirkan solusi untuk bayar hutang yang banyak, namun anda harus bangkit untuk melunasi hutang anda. Oleh sebab itu, anda memerlukan strategi khusus untuk bayar hutang anda. Ada baiknya anda memnyimak beberapa Amalan Agar Bisa Bayar Hutang. Di agama islam banyak solusi yang bisa anda lakukan agar lepas dari hutang. Jadi gimana caranya agar hutang bisa lunas? Mari kita bahas dibawah ini

    1. Tobat

    Hal pertama yang perlu anda lakuakan yakni bertaubatlah kepada Allah SWT, karna manusia tidak luput dari dosa. Dengan bertaubat insyallah dosa-dosa anda dapat terhapus. Setelah anda bertaubat, minta bantuan Allah SWT untuk dipermudah jalan anda dalam melunasi hutang dan minta ridho dari Allah SWT. Semua kerja keras yang anda lakukan Insyallah akan dilancarkan jalannya dan perbanyak menmbaca bacaan istigfar.


    2. Doa Kepada Allah SWT


    Hal kedua yang perlu anda lakukan yakni selalu berdoa kepada Allah SWT, iringalah doa dalam setiap kerja keras anda. Terdapat satu doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar kerja keras anda dipermudah sehingga hutang anda bisa lunas:


    “Aku berlindung kepada Allah SWT dari kesusahan dan kedukaan, dari kelemahan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari belenggu hutang dan tekanan manusia.”


    Kemudian tambahkan dengan membaca kedua doa dibawah ini:

    اَللهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

    Artinya:
    “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman hutang dan laki-laki yang menindas-(ku)” (HR. Bukhari: 7/158, “Adalah Rasulullah sering membacanya, lihat Bukhari dalam Fathul baari: 11/173).


    اَللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِـوَاكَ

    Artinya :

    Ya Allah, cukupilah aku dengan (rezeki)-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu selain-Mu” (HR. Tirmidzi: 5/560, lihat Shahih Tirmidzi: 3/180).

    3. Hilangkan Rasa Sedih

    Hutang yang menumpuk atau banyak membuat hati anda menjadi tidak tenang. Pikiran anda jadi kacau. Hidup anda akan semakin menderita kalau anda terus bersedih akan hutang anda. Sebaiknya gunakan waktu anda untuk semangat mencari jalan keluar dalam melunasi hutang anda.

    4. Terus Bersedekah

    Sedekah tidak akan mengurangi harta anda, dengan sedekah insyallah Allah SWT akan memberikan rejeki anda dapat berlipat ganda. Uang yang anda berikan akan dibalas lebih baik. Selain itu, sedekah bisa mepermudah anda dalam melunasi hutang. Lumayan sulit mengeluarkan uang dalam keadaan yang telilit hutang. Bersedekah tidak selalu berupa uang, anda bisa bersedekah dengan memberikan tenaga atau ilmu yang anda miliki.

    5. Kerja Keras Dengan Maksimal

    Dengan kerja keras yang maksimal dapat membantu anda mempercepat pelunasan hutang anda. Gunakan waktu anda semaksimal mungkin untuk mencari uang tambahan dengan mencari pekerjaan sampingan sehingga anda dapat menyicil hutang anda lalu cicilah hutang anda dengan konsisten, jangan sampai ditunda-tunda.

    Baca juga: niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan

    Anda dapat mengaplikasikan semua amalan diatas, agar hutang anda bisa lunas dengan cepat. Semoga semua kelima Amalan Agar Bisa Bayar Hutang diatas dapat anda rasakan manfaatnya bagi kehidupan anda. Sehingga anda bisa menabung untuk memulai usaha anda kembali dari nol.
     
  2. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    setelah bertobat, sebaiknya jangan numpuk utang lagi
     
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Kalau terpaksa harus ngutang gmn donk brew,,,:D
     
Loading...

Share This Page