Anak Belajar Lebih Mudah dengan Bank Soal

Discussion in 'Education' started by Susan Hutapea, Oct 24, 2020.

  1. Susan Hutapea

    Susan Hutapea New Member

    Joined:
    Oct 9, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pembelajaran bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari mendengarkan materi dari guru, membaca buku-buku pelajaran ataupun mengerjakan bank soal. Belajar dengan bank soal menjadi pilihan yang disukai anak. Misalnya bank soal ujian sekolah SD, tidak hanya membuat anak mengerjakan latihan soal saja, tetapi juga membantu memahami materi pelajaran secara lebih efisien.

    Bank Soal
    Bank soal selama ini dikenal sebagai kumpulan dari butir-butir tes. Tetapi sejatinya bank soal todak hanya mengacu pada sekumpulan soal-soal saja. Menurut Thorndike (1982), bank soal mengacu pada proses pengumpulan soal-soal, pemantauan dan penyimpanan dengan informasi yang terkait sehingga mempermudah pengambilannya untuk merakit soal-soal.

    Millman (dalam J. Umar, 1999) mendefinisikan bank soal sebagai kumpulan yang relative besar, yang mempermudah dalam memperoleh pertanyaan-pertanyaan penyusun tes. “Mudah” mememiliki pengertian bahwa soal-soal tersebut diberi indeks, terstruktur, dan diberi keterangan sehingga mudah dalam pemilihannya untuk disusun sebagai perangkat tes pada suatu ujian.

    Pengertian bank soal lainnya disampaikan oleh Choppin (dalam J. Umar, 1999) memberikan definisi bahwa bank soal merupakan sekumpulan dari butir-butir tes yang diorganisasikan dan dikatalogkan untuk mencapai jumlah tertentu berdasarkan isi dan juga karakteristik butir. Karakteristik butir ini meliputi tingkat kesulitan, reliabilitas, validitas dan lain-lain.

    Dari beberapa definisi diatas bisa disimpulkan bahwa bank soal adalah kumpulan butir-butir soal yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik tertentu yang bertujuan membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.

    Hal yang Disukai Anak Ketika Belajar dengan Bank Soal
    Tak hanya memudahkan guru dalam proses pembelajaran, belajar dengan bank soal juga disukai oleh anak-anak. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada April lalu, menyatakan bahwa mayoritas peserta didik menyukai belajar dengan menggunakan bank soal.Beberapa hal yang disukai anak ketika belajar dengan bank soal adalah :

    1. Membantu Memahami
    MateriBank soal membantu anak memahami materi. Bank soal yang disajikan berdasarkan klasifikasi materi bisa menjadi rangkuman semua materi yang ada. Ini memudahkan anak memahami materi.

    2. Visualisasi Menarik
    Mengerjakan bank soal secara online memberikan visualisasi yang menarik. Visuisasi menarik ini membantu anak lebih semangat belajar. Semakin manarik visualisasinya, semakin anak bersemangat contoh latihan soal dengan bank soal. Sebagaimana bank soal yang disajikan oleh platform pendidikan Kejarcita. Banyak soal hots SD yang bisa didapatkan di laman kejarcita.

    3. Efisien
    Belajar menggunakan bank soal menjadi lebih efisien. Anak lebih cepat memahami materi sekaligus efektif dalam memanfaatkan waktu belajar. Mengerjakan latihan soal di bank soal membuat pembelajaran lebih efisien.

    4. Pesiapan CBT
    Belajar dengan menggunakan bank soal bisa membantu anak mempersiapkan ujian. Sekarang ujian sebagian besar dilakukan dengan sistem CBT (Computer Based Test). Bila anak terbiasa mengerjakan bank soal secara online, nanti saat ujian dengan sistem CBT anak akan mudah mengerjakannya.

    5. Sesuai Zaman
    Belajar menggunakan bank soal yang kebanyakan dilakukan secara online sesuai dengan perkembangan zaman. Metode inj cocok untuk anak-anak generasi alpha yang akrab dengan teknologi.

    6. Evaluasi Mandiri

    Latihan soal SD bagi anak yang akan melanjutkan ke jenjang SMP,dengan menggunakan bank soal menjadi disukai karena bisa melakukan evaluasi secara mandiri. Anak-anak bisa mengukur sendiri sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.

    7. Mengasah Otak
    Mengerjakan bank soal bisa menjadi latihan asah otak bagi anak. Semakin sering mengerjakan latihan soal di bank soal, otak semakin terasah. Tentu ini juga sangat baik bagi perkembangan otak anak, kemampuan otak bisa meningkat.
     
    Last edited by a moderator: Nov 1, 2020
    ahmadyusuf likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,071
    Likes Received:
    2,677
    Trophy Points:
    413
    Menurut Vale (2004) bank soal merupakan kumpulan butir soal untuk program pengujian, serta memuat semua informasi yang berkaitan dengan karakteristik butir soal. :D
     
  3. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    101
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Artikelnya sangat menarik sekali...Lalu Bank soal seperti apa yang tepat digunakan oleh anak agar aktifitas belajar mereka tidak membosankan ?
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    879
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    tergantung tipe anak nya sih kalau mnurut saya, apalagi di situasi pandemi sekarang, bank soal akan sangat membosankan karena semua materi pun hanya disampaikan daring...
     
  5. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Nice info gan. Setidaknya bank soal bisa jadi referensi siswa untuk belajar. Di kondisi seperti sekarang, bank soal juga sering dimanfaatkan menjadi konten yang menarik. Misalnya video pembelajaran online dsb.
     
  6. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,487
    Likes Received:
    221
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    threadsnya kalau bisa diedit @Susan Hutapea
    gambar paling atas tidak muncul :(
     
  7. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    337
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    sekarang sepertinya belajar dengan visualisasi lebih menarik, itulah kenapa bimbel online sekarang ini lagi naik-naiknnya
     
Loading...

Share This Page