Analisa ide pengembangan usaha laundry

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Simply Fresh, Jan 16, 2018.

  1. Simply Fresh

    Simply Fresh Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sebagai seorang wirausahawan sejati, sebelum kita memulai usaha khususnya dalam bidang laundry, adalah menilai dan menimbang sub kategori dari usaha yang akan kita jalankan. dari kategori usaha laundry tersebut terbagi lagi menjadi beberapa usaha laundry semisal, laundry sepatu, laundry helm, laundry karpet atau pun laundry koin.

    Berikut ini adalah beberapa ide peluang bisnis yang wajib kita ketahui dan kita pelajari sebelum terjun ke dalam persaingan usaha laundry.

    1. Ide Bisnis Peluang Usaha Laundry Kiloan Rumahan paling mudah dijalankan karena Tempat Bisa Mulai dari Rumah
    Lokasi adalah salah satu hal terpenting untuk membesarkan bisnis laundry. Anda bisa saja memulainya dari dalam rumah, membuka sedikit tempat untuk menerima baju-baju atau lainnya yang ingin dicuci.

    Biasanya, di perumahan bisnis laundry kiloan juga sangat laris, apalagi di tempat yang ramai oleh orang bekerja atau mahasiswa, yang memang waktunya terbatas untuk mencuci.

    Jika lingkungan rumah Anda kurang mendukung, barulah Anda dapat memikirkan solusi lokasi lainnya seperti di depan minimarket yang ramai dikunjungi orang.

    Dengan modal awal sekitar 20an juta rupiah untuk pengadaan mesin cuci, operasional lainnya, dan biaya tidak tetap pada bulan pertama seperti listrik, air, dll untuk harga laundry per kilo 7 ribu rupiah. Apabila dalam satu hari bisa mencuci 90 kg baju maka dalam sebulan omset yang bisa di dapat adalah sekitar 19 juta rupiah. Apabila dikurangi biaya karyawan, operasional, dll maka bisa didapat untung sekitar 14 juta rupiah per bulannya.

    2. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Koin
    Mungkin laundry koin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Namun sebenarnya laundry koin ini sudah banyak terdapat di kota besar seperti Jakarta. Memang belum terlalu menjamur dibandingkan laundry kiloan dan laundry rumahan.

    Konsep laundry koin adalah self service, pengguna semacam menyewa mesin cuci untuk mencuci sendiri di tempat laundry koin. Pengguna boleh membawa sabun cuci sendiri atau membeli yang sudah disediakan di lokasi laundry koin. Pengguna mencuci sendiri dengan memasukkan sejumlah uang koin pada mesin cuci laundry koin.

    Laundry koin ini lumayan banyak peminatnya karena privasi dengan mencuci sendiri tentunya kualitas kebersihan pakaian bisa lebih terjaga karena mencuci sendiri. Selain itu baju selesai dicuci dan dikeringkan lebih cepat sehingga lebih cepat dibawa pulang.

    Mengenai modal dan keuntungan berbisnis laundry koin ini, modal yang dikeluarkan memang cukup besar sekitar 200 juta rupiah untuk pengadaan 3 mesin cuci laundry koin dan fasilitas pendukungnya. Sedangkan keuntungannya yang bisa didapat dari 3 mesin cuci laundry koin tersebut sekitar 350 juta sehingga perhitungannya dalam 1 tahun bisa balik modal.

    3. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Sepatu
    Laundry khusus sepatu bisa menjadi sangat prospek karena pasarnya adalah orang-orang yang mengoleksi sepatu mahal dengan perawatan yang tidak boleh sembarangan sehingga perlu perlakuan khusus termasuk dalam kebersihannya.

    Laundry sepatu memang tidak umum dan memang baru ada di kota-kota besar tertentu saja. Untuk mendirikan laundry sepatu memerlukan pengetahuan khusus mengenai bahan-bahan untuk membuat sepatu karena setiap bahan memiliki cara perawatan tersendiri, begitu pula saat pengeringan.

    Dengan biaya laundry sepatu per pasang 30-100ribu anda bisa untung sampai puluhan juta rupiah per bulannya. Dengan modal awal sekitar 4,5 juta untuk peralatan komplit, jika sehari bisa mencuci 15 sepatu dengan biaya 35 rb rupiah maka dalam sebulan bisa menghasilkan omset sekitar 13 juta, yang setelah dihitung-hitung menghasilkan profit laba bersih sekitar 6 juta rupiah. Lumayan bukan?



    4. Ide Bisnis Peluang Usaha Agen Laundy Bisnis Tanpa Modal
    Salah satu bisnis laundry tanpa modal adalah dengan menjadi agen laundry. Konsepnya juga sangat sederhana.

    Dengan membuka kios atau bisa juga rumahan sebagai agen untuk menerima laundry pakaian kotor, kemudian setiap hari setor ke laundry pusat yang memproses pakaian kotor. Sehingga tugas agen laundry hanya mencari atau menjemput konsumen dan menyetor pakaian kotor ke laundry pusat, kemudian laundry pusat memprosesnya.

    Apabila laundry pusat sudah selesai memproses baju kotor maka agen mengambil kembali baju yang telah disetorkannya dan menunggu konsumen mengambilnya atau mengantarkannya ke rumah konsumen. Sebagai agen akan menerima bagi hasil dalam hitungan persen dari nilai total laundry yang disetorkannya.

    Untuk bisnis peluang usaha agen laundry bisa tanpa modal tidak mengeluarkan uang sama sekali atau mengeluarkan sejumlah uang tertentu untuk mendaftar menjadi agen laundry tergantung pada kebijakan masing-masing laundry.

    5. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Karpet
    Hampir tidak ada rumah yang tidak memakai karpet karena itu laundry karpet ini merupakan peluang usaha yang prospek karena masih jarang ditemukan di beberapa daerah.

    Dengan modal awal sekitar 75 juta untuk mesin penyikat, pengering, dan peralatan operasional lainnya. Apabila biaya laundry karpet antara 25 rb sampai 100 rb tergantung jenis karpet dan kekotorannya, maka diperkirakan bisa balik modal dalam kurun waktu 3 bulan apabila sehari bisa mendapatkan laundry untuk 35 buah karpet.

    6. Analisa Bisnis Peluang Usaha Laundry Helm
    Mungkin sebagian orang beranggapan usaha laundry helm itu aneh karena helm jumlahnya tidak sebanyak pakaian dan bisa dicuci sendiri. Namun janganlah berpikiran seperti itu karena tidak semua orang sempat untuk mencuci helmnya sendiri.
    Apalagi jaman sekarang dimana hampir semua orang menyukai kepraktisan dan keefisienan, maka orang-orang seperti itulah target pasar dari laundry helm ini. Terlebih untuk mencuci helm tidak butuh alat khusus sehingga modal untuk mendirikan laundry helm ini sangat terjangkau hanya dengan ratusan ribu rupiah saja anda sudah bisa membeli perlengkapan laundry helm seperti sikat, pewangi, pengering, dan operasional lainnya.

    Dengan mematok harga laundyr per helm sekitar 10 ribuan rupiah maka dalam waktu 1 bulan bahkan kurang pun anda bisa balik modal dan profit sampai 60% per helm yang dicuci. Sangat menggiurkan bukan?
     
  2. ParketBandung

    ParketBandung Member

    Joined:
    Aug 11, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    sangat bermanfaatkan, hanya saja yang sulit sekarang adalah tidak adanya kemauan untuk memulai/....:oops::oops:
     
  3. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kalau sudah membuat usaha laundry diperhatikan lagi kabel-kabel di tempat laundrynya ditakutkan ada kabel yang terkena air anantinya jadii konslet dan bisa menyetrum orang juga pakai pelindung kabel atau pakai kabel duct dan kabel tray unutk menutupi kabel-kabel dari mesin cucinya
     
  4. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    no action no result..mending start sekarnag gan *bagus*
     
  5. ParketBandung

    ParketBandung Member

    Joined:
    Aug 11, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Takut gagal gan... soalnya laundry itu harus modal bsar
     
  6. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    usaha laundry itu susah susah gampang. 2 orang temen ane yang usaha laundry, 1 tutup dan 1 lagi masih lancar ampe sekarang
     
Loading...

Share This Page