Anda Pencinta Bunga Kamboja? Berikut Beberapa Hal Unik Tentang Kembang Kamboja

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Dec 19, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    110
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bunga Kamboja adalah sekolompok tanaman dari marga Plumeria, penamaan ini diberikan karena untuk menghormati Charles Plumier, merupakan seorang pakar botanis asal Perancis.

    Kini kamboja tidak hanya memiliki warna putih dan kuning, akan tetapi sudah banyak warna lain dari bunga kamboja yang dihasilkan dari perkawinan silang diantaranya berwarna merah muda, orange, merah, dan merah tua.

    Bunga kamboja berasal dari dari Amerika Tropik, seperti Meksiko, Kolombia, Ekuador, lama kelamaan bunga ini menyebar ke daerah-daerah beriklim panas, seperti Asia termasuk Indonesia.

    Kamboja sudah semakin banyak dibudidayakan, hal ini karenakan masyarakat sekarang tidak menganggap kamboja sebagai tanaman mistik yang selalu berkaitan dengan hantu saja.

    Oleh karena itulah teknik budidaya kamboja selalu mengalami perkembangan dan juga peminat tanaman ini juga semakin banyak. Masyarakat sering memanfaat kamboja sebagai tanaman hias di pekarangan rumah karena memiliki warna bunga yang indah dan aroma khas.

    Selain itu banyak sekali manfaat lain dari kamboja, terutama bagian akar, kulit batang, daun dan bunganya untuk kesehatan dan kecantikan.

    Bunga kamboja berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Cara generatif artinya tanaman kamboja dikembang biakan dari biji yang dihasilkan bunganya, kemudian akan tumbuh tunas, batang, akar dan daun.

    Sedangkan pengembang biakan vegetatif dihasilkan dengan cara stek, okulasi dan cangkok. Apakah anda ingin membudidayakan tanaman kamboja?

    Deskripsi Bunga Kamboja

    Kamboja merupakan tanaman yang memiliki tinggi berkisar antara 3 sampai 7 meter dan terdapat getah putih. Seperti yang sudah saya singung diatas bahwa kamboja berasal Amerika Tropik, didaerah asalnya kamboja dimanfaatkan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah, taman dan kuburan.

    Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah datara rendah hingga daerah dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Kamboja memiliki batang berukuran bekar, berdaging, membengkok, berkayu keras, percabangan banyak dan besar.

    Biasanya setiap bunga kamboja memiliki lima helai kelopak berukuran hampir sama setiap jenisnya, karena bunga A dan bunga B belum tentu memiliki kelopak berukuran sama. Namun umumnya bunga ini akan tumbuh secara bergerombol pada tiap ujung cabangnya.

    Setiap bunga memiliki tangkai dari yang berfungsi sebagai perekat antara pangakal bunga dan ranting. Biasanya tangkai berukuran berbeda-beda, namun umumnya berukuran 20 sampai 40 sentimeter.

    Bunga ini tumbuh dibagian ujung ranting dengan bentuk corong, mahkota berwarna putih atau merah tergantung jenisnya dan memiliki aroma wangi yang khas. Diatas sudah kami bahas bahwa banyak sekali varietas bunga kamboja seperti kuning putih, jinga, merah muda, sampai merah tua yang dihasilkan dari perkawinan silang.

    Selanjutnya bagian daun, kamboja memiliki daun bulat dengan panjang 30 sampai 40 sentimeter, ada pula daun berbentuk runcing dengan panjang 20 sampai 30 sentimeter. Dibagian permukaan umumnya daun kamboja mengkilat dan memiliki tulang daun menyirip yang tampak jelas.

    Sumber Tulisan SawonBudidaya
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Sudah banyak villa yang menggunakan tanaman ini untuk keindahan taman bunganya juga harum

    Sent from my [device_name] using Bersosial.com mobile app
     
Loading...

Share This Page