Anda Tidak Akan Menyangka Kalau 5 Ruangan Ini Adalah Sebuah Perpustakaan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Purwana, Nov 18, 2015.

  1. Purwana

    Purwana Guest

    Ingin merasa nyaman dan betah saat membaca buku favorit? Membaca merupakan sebuah kegiatan yang tidak hanya bisa memberikan kesenangan dan pengetahuan saja, tetapi juga menjadi hobi yang tidak bisa dilepaskan bagi sebagian orang.

    Salah satu tempat yang menjadi tujuan orang untuk membaca buku adalah perpustakaan. Anda bisa menemukan banyak sekali jenis buku di perpustakaan. Anda pun bisa membaca langsung di sana atau meminjam buku pilihan Anda dengan menjadi anggota perpustakaan dahulu.

    Sebagian dari Anda mungkin hanya melihat perpustakaan sebagai tempat tersedianya berbagai macam buku. Terdapat deretan kursi dan meja untuk membaca, serta perangkat komputer untuk membantu mencari buku yang Anda inginkan.

    Akan tetapi, pernahkah Anda mengunjungi perpustakaan yang memiliki arsitektur menarik, unik, dan penuh dengan fasilitas luar biasa yang bisa membuat pengunjungnya merasa sangat nyaman dan betah membaca di sana?

    Bagi Anda penggemar perpustakaan, berikut 5 perpustakaan di dunia yang bisa membuat Anda jatuh cinta serta betah, dan nyaman berlama-lama membaca buku di sana.



    1. Irlandia, Trinity College Long Room

    [​IMG]

    Perpustakaan yang bernama Trinity College Long Room ini merupakan perpustakaan terbesar yang ada di Irlandia. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan milik dari Trinity College yang terletak di Dublin, Irlandia.

    Seperti namanya, perpustakaan ini memang menyerupai sebuah ruangan yang panjang dengan deretan rak-rak buku yang tentunya akan memberikan Anda kesempatan untuk membaca buku sebanyak mungkin .

    Warna cokelat mendominasi perpustkaan ini. Perpustakaan ini juga menjadi perpustakaan yang menyimpan koleksi buku terlangka dan tertua di dunia sejumlah 200.000 buku.

    Perpustakaan dengan ruangan panjang ini akan membuat Anda betah membaca di sana dan ingin kembali dan kembali lagi ke sana untuk membaca.



    2. Belanda, Centrale Bibliotheek

    [​IMG]

    Perpustakaan Central Bibliotheek yang terletak di Amsterdam ini merupakan perpustakaan terbesar yang berada di Belanda dengan luas 28.000 meter persegi.

    Perpustakaan yang besar dan luas ini merupakan bangunan yang dikenal sebagai bangunan paling ramah lingkungan di sekitar Amsterdam.

    Listrik yang digunakan untuk perpustakaan ini menggunakan solar panel. Selain itu, untuk kebutuhan udara segar di dalam bangunan perpustakaan, digunakan sistem yang bisa membantu menyerap udara dingin dari luar bangunan untuk kemudian dialirkan ke dalam seluruh ruangan.

    Kualitas udara serta berbagai teknologi ramah lingkungan di perpustakaan ini akan membuat Anda merasa betah berlama-lama untuk membaca.

    Perpustakaan ini juga terdiri dari sepuluh lantai yang dilengkapi dengan perangkat komputer, yang terhubung dengan internet sebanyak 600 buah. Untuk tempat duduk, jangan khawatir karena perpustakaan ini menyediakan sampai 1.200 tempat duduk.



    3. Mesir, Perpustakaan Alexandria

    [​IMG]

    Perpustakaan Alexandria dibuka pada tahun 2002 yang dibangun untuk mengenang pernah beridirinya perpustakaan kuno di sana. Alexandria memang terkenal sebagai tempat yang mempelopori berdirinya perpustakaan pertama di dunia.

    Perpustakaan yang dibangun tahun 2002 ini merupakan sebuah perpustakaan yang besar dan megah. Selain sebagai perpustakaan, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat kebudayaan.

    Perpustakaan Alexandria terdiri dari 11 lantai dan memiliki 8 juta koleksi buku yang siap memanjakan para pecinta buku. Anda juga akan semakin merasa betah karena desain dindingnya yang terdiri dari ukiran 120 aksara dari seluruh dunia dan terbuat dari granit Aswan.



    4. Swedia, Stockholm Public Library

    [​IMG]

    Perpustakaan yang terletak di Stockholm Public Library ini merupakan sebuah perpustakaan yang menerapkan sistem self-service. Perpustakaan ini menyediakan layanan identifikasi peminjaman serta pengembalian secara otomatis.

    Perpustakaan yang mulai dibukan pada tahun 1928 ini merupakan jenis perpustakaan dengan gaya rak terbuka pertama yang ada di Swedia. Perpustakaan ini dibuka oleh seorang pustakawan bernama Fredrik Hjelmqvist dan seorang arsitek bernama Gunnar Asplund.

    Desain bangunan serta kenyamanan self-service di perpustakaan ini akan membuat para pengunjungnya betah dan ingin membaca lebih lama lagi di sana.



    5. Australia, State Library Victoria

    [​IMG]

    State Library Victoria yang terletak di Melbourne, Australia ini merupakan perpustakaan tertua dengan beberapa ruangannya masih mempertahankan desain awal bangunan. Didirikan pada tahun 1856, perpustakaan ini menjadi bangunan yang megah di Melbourne.

    Perpustakaan ini akan memberikan kenyamanan untuk membaca dengan posisi meja-meja panjang sebanyak 8 buah yang memutar. Perpustakaan ini akan ramai dan penuh terutama ketika masa ujian tiba.



    Bagaimana? Merasa tertarik untuk merasakan kenyamanan membaca diperpustakaan-perpustakaan tersebut?

    Jika Anda berkesempatan berkunjung ke negara-negara di atas, jangan lupa untuk mengunjungi perpustakaanya yang nyaman dan cantik dari sisi arsitekturnya.


    Sumber : Plimbi.com
     
    Last edited by a moderator: Dec 8, 2015
    Zhanzabila likes this.
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    di gramedi* bisa ngeliat komik yang plastiknya kebuka aja udah bagus :D
     
  3. John Anugerah

    John Anugerah Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Hahahah.. setuju banget..
     
  4. sriyanti

    sriyanti Member

    Joined:
    Oct 8, 2015
    Messages:
    58
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Di gramedia kebanyakan sich baca yang udah kebuka. Ngaku sendiri :D
     
  5. artinur

    artinur Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    perpustakaan modernnya mantab2 dg design yg super modern
     
  6. Zhanzabila

    Zhanzabila New Member

    Joined:
    Nov 22, 2015
    Messages:
    22
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    perpustakaan di luar emang cakep-cakep dan bikin betah. Sayangnya di Indonesia belum ada yang bener2 memanjakan pengunjung. Ada sih Puswil di Pekanbaru, eh pas sekolah di sana aku malah belum pernah sekali pun masuk :(
     
  7. katearti

    katearti New Member

    Joined:
    Nov 22, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    keren banget interior perpus nya
     
  8. Ranie

    Ranie New Member

    Joined:
    Jun 12, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Ornamen Kayu-nya itu bikin Cucok banget.. adem liatnya. mirip kayak di Film2 luar.
     
  9. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page