Aneka Kerajinan Tembaga Pusat Kerajinan Boyolali

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Frizy, Jun 5, 2020.

  1. Frizy

    Frizy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    76
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Berbagai produsen kerajinan tembaga telah banyak memproduksi berbagai kerajinan dengan bahan tembaga. Berikut adalah 16 jenis kerajinan dari tembaga yang biasanya diproduksi oleh pusat kerajinan tembaga terbaik di boyolali:

    1. Kerajinan Vas Bunga
    Anda suka harumnya bunga? Atau suka menyimpan bunga di rumah? Untuk membuat bunga tetap segar dan bisa dijadikan hiasan di berbagai ruangan, maka Anda harus meletakkannya di sebuah vas. Vas bunga inilah yang membuat bunga bisa berdiri tegak, mendapatkan kebutuhan air yang ada di dalam kerajinan logam Boyolali ini dan tentunya membuat tampilan bunga menjadi lebih cantik.

    Untuk mendapatkan tampilan yang lebih elegan dan mewah, Anda bisa menggunakan vas bunga sebagai produk kerajinan logam Boyolali. Biasanya, warna vas bunga dari tembaga atau kuningan adalah emas, perak atau kombinasi keduanya. Vas bunga tersedia dalam ukuran yang kecil hingga besar,sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

    2. Kerajinan Wastafel untuk Cuci Piring
    Wastafel adalah tempat yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, mencuci tangan dan lain sebagainya sehingga seringkali di tempatkan di dapur atau toilet. Keberadaan wastafel cukup penting untuk membuat rumah terlihat lebih bersih dan minimalis. Namun, jika Anda ingin memberikan sentuhan kemewahan, maka bisa memilih kerajinan logam Boyolali wastafel yang terbuat dari tembaga atau kuningan.

    Pusat kerajinan tembaga di Boyolali menyediakan produk berupa wastafel dengan tampilan yang menarik. Wastafel ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tentunya sesuai dengan selera Anda. Apabila Anda menyukai produk-produk yang tampak antik, maka bisa memilih wastafel yang disertai dengan ukiran. Nilai estetikanya pun menjadi lebih tinggi dan memiliki makna tersendiri.

    3. Kerajinan Furniture Meja
    Meja menjadi furniture yang dibutuhkan di dalam rumah, gedung atau ruangan tertentu. Selain nyaman dan kuat, meja yang dibuat dengan ornamen menarik tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi yang menggunakan meja tersebut. Bahkan, hanya dengan melihatnya saja, meja dari tembaga dan kuningan tersebut sudah bisa dilihat bagaimana kualitasnya. Anda pun tidak akan rugi memiliki kerajinan dari kuningan ini.

    Selain bisa dibentuk sedemikian rupa dan ditambah dengan hiasan lainnya, kerajinan tembaga Tumang Boyolali juga memiliki kekuatan yang baik, sehingga meja tidak akan mudah rusak dan lebih awet nantinya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan meja kuat, berkualitas dan tentu memiliki nilai estetika yang baik, maka bisa memilih kerajinan meja dari tembaga kuningan.

    4. Kerajinan Kaligrafi untuk Menghiasi Ruangan
    Hiasan dalam rumah memang dapat meningkatkan keindahan setiap ruang dan ornamen yang ada. Beberapa orang mungkin hanya akan melihat keindahan dan kecantikan dari hiasan yang akan ditempatkan di dalam rumah. Namun, tidak ada salahnya jika kita juga memperhatikan fungsi dari keberadaan kerajinan logam Boyolali tersebut. Jadi, tidak sekedar mempercantik rumah, tapi juga memiliki fungsi lainnya.

    Salah satunya adalah kerajinan kaligrafi. Selain bisa dijadikan hiasan di rumah, kaligrafi juga senantiasa mengingatkan kita kepada Sang Pencipta bagi umat muslim. Keberadaan kaligrafi juga menjadi ciri bahwa kita adalah umat Muslim. Tulisan kerajinan logam Boyolali akan memancarkan keindahannya ke seluruh sudut rumah, jika kerajinan tersebut terbuat dari tembaga atau kuningan.

    Dengan penggunaan tembaga dan kuningan pada kerajinan kaligrafi, maka kerajinan tersebut seakan-akan memancarkan cahaya, sehingga memberikan pemandangan yang luar biasa di dalam rumah. Jadi, bagi Anda yang mencari kerajinan kaligrafi untuk hiasan, lebih baik memilih kerajinan dari kuningan agar kualitas bahannya bagus dan keindahan yang terpancarkan menjadi lebih sempurna.

    5. Kerajinan Bathup
    Furniture ini juga cukup penting bagi Anda yang suka berendam ketika mandi. Berendam saat mandi menjadi momen untuk kita beristirahat sejenak sambil menikmati kesegaran air atau air hangat setelah beraktivitas seharian. Selain memperhatikan fungsi dari kerajinan logam Boyolali ini, ada baiknya Anda juga memperhatikan keindahan yang bisa diberikan hingga membuat Anda merasa betah.

    Sekarang ini, bathtube bisa dibuat dari tembaga dan kuningan. Bukan hanya polos, Anda juga bisa menambahkan ornamen lain, seperti ukiran atau motif tertentu untuk membuat bathtube tampak lebih mewah, klasik dan tentu saja masih nyaman untuk digunakan. Anda bisa merasakan sensasi berendam layaknya keluarga kerajaan dengan memesan kerajinan logam Boyolali ala-ala kerajaan.

    6. Kerajinan Guci Dari Tembaga
    Guci menjadi salah satu kerajinan yang sering digunakan untuk hiasan di dalam rumah. Beberapa dari Anda mungkin bingung, apa bedanya guci dengan vas bunga. Jika dilihat dari bentuknya saja mungkin keduanya memiliki kemiripan. Tapi, vas bunga biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding guci yang biasanya dibuat dengan ukuran cukup besar.

    Guci biasanya dibiarkan kosong begitu saja karena memang fungsinya sebagai hiasan atau ornamen dekorasi. Berbeda dengan vas bunga yang digunakan sebagai tempat untuk bunga. Namun, untuk masalah dekorasi atau tampilan jangan ditanya. Kerajinan tembaga Tumang ini memiliki bentuk khas yang menarik dan biasanya akan ada ukiran atau ornamen-ornamen khusus untuk menambah keindahannya.

    Ukiran atau ornamen tersebut akan dibuat sedemikian rupa untuk membuat guci terlihat lebih menarik. Bagi Anda yang suka mengoleksi guci, maka jangan lewatkan untuk memiliki guci dari tembaga kuningan. Dengan bahan ini, guci tersebut akan memancarkan cahaya layaknya sedang berada di negeri dongeng. Rumah Anda pun akan terasa bak kerajaan dengan adanya kerajinan dari kuningan ini.

    7. Kerajinan Lampu Gantung
    Salah satu jenis lampu ini memang sering digunakan untuk memberikan tampilan rumah lebih berkesan. Lampu gantung terkadang juga digunakan sebagai statement khusus untuk menarik perhatian para tamu yang datang atau orang-orang yang berada di rumah. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa lampu gantung tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas dan desain indah.

    Lampu gantung dengan bahan tembaga kuningan akan membuat cahaya terpancarkan dengan baik. Biasanya, lampu gantung hanya menggunakan plat tembaga kuningan yang polos, sehingga hanya ada warna emas atau perak. Namun, ada juga kerajinan logam Boyolali yang disertai dengan ukiran cantik pada bagian luar kap lampu, sehingga tampilannya lebih menarik lagi.

    8. Kerajinan Relief Seperti di Bangunan Candi
    Anda mungkin mengenal relief pada bangunan candi zaman dulu. Relief merupakan hiasan pada dinding dalam bentuk ukiran sedemikian rupa yang memiliki makna tersendiri. Apabila Anda tertarik untuk memiliki hiasan relief di rumah, maka tidak perlu khawatir karena ada pusat kerajinan tembaga dan kuningan yang menyediakan produk kerajinan dari kuningan yang berkualitas.

    Relief bisa dipasangkan pada dinding dengan sisi tertentu, jadi tidak semua dinding karena pastinya akan menghabiskan banyak relief. Anda bisa menambahkan kerajinan relief pada ruang tamu, kamar, atau teras untuk menambah keindahan dekorasi di dalam ruangan tersebut. Bentuk ukiran kerajinan tembaga Tumang pun bisa dibuat sedemikian rupa, baik siap beli atau custom.

    Selain pada dinding, Anda juga bisa menambahkan kerajinan tembaga Tumang Boyolali ini pada tiang-tiang yang ada di rumah, masjid, atau bangunan lainnya untuk mempercantik dekorasi ruangan. Biasanya, kerajinan relief ini banyak dijumpai di masjid-masjid, sehingga memberikan kesan megah pada bangunannya. Anda juga bisa menggunakan kerajinan relief ini pada tiang yang ada di rumah.

    9. Kerajinan Bowl Mangkok
    Bowl atau mangkok biasanya digunakan sebagai tempat untuk makan, tapi selain itu Anda juga bisa menggunakannya sebagai hiasan. Meskipun tidak memiliki ornamen khusus, tapi penggunaan bahan tembaga kuningan saja sudah cukup untuk membuat tampilan mangkok tersebut menjadi lebih sempurna. Kesan shimmer atau pantulan sinar yang berasal dari bahan tersebut.

    Anda bisa meletakkan kerajinan tembaga Tumang Boyolali ini di lemari sebagai pajangan. Jika memang Anda menyukai barang-barang antik ini, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bowl atau mangkok dari tembaga kuningan ini sebagai mangkok yang digunakan sehari-hari sebagai tempat untuk makan.

    10. Kerajinan Lampu Dinding
    Bukan hanya lampu gantung yang bisa dibuat dari logam, tapi juga lampu dinding. Biasanya, lampu dinding digunakan pada teras rumah, taman atau bagian luar rumah. Tapi, Anda juga bisa menggunakan lampu dinding ini pada bagian dalam rumah, sebagai penerangan yang minimal atau remang-remang agar tidak terlalu gelap saja.

    Tidak banyak rumah yang menggunakan lampu dinding dan biasanya lampu jenis ini digunakan pada rumah-rumah klasik. Desain rumah klasik ini akan semakin sempurna jika Anda memilih lampu dinding dengan bagian luar yang terbuat dari tembaga atau kuningan. Akan lebih cantik jika bagian kerajinan tembaga Tumang Boyolali tersebut disertai dengan ukiran sedemikian rupa, sehingga tampilannya pun sempurna.

    11. Kerajinan Lampu Meja
    Lampu meja biasanya diletakkan di meja samping ranjang sebagai penerangan saat tidur. Lampu ini biasanya memiliki cahaya yang tidak terlalu terang, bahkan cenderung remang dan berwarna merah agar tidur semakin lelap. Bagi Anda yang suka menggunakan lampu meja di kamar tidur atau ruangan lain, maka tidak ada salahnya memilih Kerajinan tembaga Tumang ini.

    Kerajinan tembaga Tumang Boyolali dari tembaga kuningan ini memiliki tampilan yang unik dan kental akan kesan klasik. Biasanya, hiasan tembaga kuningan diaplikasikan pada bagian tiang atau kakinya, jadi bagian kap lampu masih dibuat sederhana agar tidak memengaruhi pencahayaan. Meski begitu, keberadaan lampu meja dari tembaga kuningan ini juga berguna untuk mempercantik ruangan.

    12. Kerajinan Lampu Stand
    Jenis lampu lain yang bisa dibuat dari tembaga kuningan adalah lampu stand. Sekarang ini, lampu stand mungkin sudah semakin ditinggalkan karena sebagian besar rumah memiliki desain minimalis dan modern. Tapi, bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain klasik dan ingin mendapatkan kesan yang megah, maka sangat cocok dengan kerajinan dari kuningan yang satu ini.

    Lampu stand biasanya digunakan di luar rumah, seperti ujung-ujung pagar rumah, taman, bagian teras, tiang luar dan lain sebagainya. Dengan kerajinan tembaga Tumang ini, maka kesan klasik akan begitu terasa. Apalagi dengan ukiran yang dibuat sedemikian rupa, sehingga lampu stand memiliki tampilan cantik dan membuat rumah Anda semakin sempurna.

    13. Kerajinan Patung untuk Keagamaan
    Sebagian besar patung yang digunakan dalam upacara keagamaan umat Hindu dan Budha terbuat dari tembaga kuningan. Anda pasti sudah tidak asing dengan pemandangan ini, misalnya ketika berlibur di kuil. Penggunaan bahan tembaga kuningan membuat patung seperti mengeluarkan cahaya, apalagi saat terpantul dengan cahaya, seperti cahaya matahari, bulan atau pun cahaya dari lampu.

    Selain pembuatan patung untuk keperluan keagamaan, kerajinan patung ini juga sering digunakan untuk keperluan hiasan dekorasi, misalnya berbentuk burung cendrawasih atau bentuk patung lainnya yang cocok untuk mempercantik ruangan. Karena digunakan sebagai hiasan, pembuatan kerajinan dari kuningan ini tentu akan mengutamakan nilai estetika yang dimilikinya.

    Berbeda dengan patung untuk keperluan keagamaan di mana kemiripan, ukuran dan bentuknya sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli kerajinan tembaga Tumang Boyolali ini untuk keperluan agama atau menuntut suatu kemiripan.Maka Anda harus memastikan bahwa produsen tersebut sudah berpengalaman, dalam membuat patung yang mirip dengan berbagai bentuk yang diinginkan agar nantinya tidak ada penyesalan.

    14. Kerajinan Pintu Masjid
    Tembaga kuningan juga sering digunakan untuk pembuatan pintu-pintu di beberapa masjid. Mungkin penggunaan bahan tembaga kuningan untuk pembuatan kerajinan tembaga Tumang tidak secara menyeluruh, melainkan hanya digunakan pada daun pintu atau sebagai hiasan saja. Apapun itu, penambahan ornamen tembaga kuningan pada pintu masjid ini pun akan memberikan kesan yang lebih megah dan mewah.

    Kerajinan pintu masjid yang terbuat dari tembaga kuningan ini bukan hanya memiliki tampilan yang cantik, tapi juga kualitas yang bagus. Kerajinan logam Boyolali ini akan lebih awet dan tidak mudah rusak, karena tembaga kuningan ini merupakan bahan yang berkualitas untuk dijadikan pintu masjid.

    15. Kerajinan Chafing Dish
    Chafing dish seringkali digunakan oleh pihak catering dalam menyediakan menu makanan kepada pengunjung atau tamu. Anda mungkin pernah melilhatnya saat pesta pernikahan prasmanan atau restoran prasmanan. Pentingnya fungsi chafing dish untuk membuat makanan tetap hangat dan lezat, untuk dimakan membuat Anda harus memilih bahan yang tepat dalam pembuatan kerajinan tembaga Tumang ini.

    Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah tembaga kuningan. Bahan tersebut memang sering digunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan, termasuk chafing dish. Jika Anda tidak suka kerajinan tembaga Tumang Boyolali dengan banyak motif atau ornamen, maka Anda bisa memilih plat tembaga kuningan tanpa hiasan. Tapi, Anda juga bisa memilih chafing dish dengan ukiran cantik.

    16. Kerajinan Kubah Masjid
    Bukan hanya pintu masjid yang bisa dibuat dengan tembaga kuningan, tapi juga kubah masjid. Jika kita lihat, ada banyak masjid yang memiliki kubah dengan beraneka macam hiasan. Untuk bentuknya mungkin sama, tetapi beberapa ornamen hiasan disertakan untuk membuat tampilan kerajinan logam Boyolali ini semakin cantik, begitu juga dengan masjid yang akan terlihat makin megah.

    Kubah masjid yang terbuat dari tembaga kuningan akan membuat masjid seperti memancarkan cahaya yang mempesona. Orang-orang yang beribadah di dalamnya pun akan merasa nyaman ketika mendapati tempat beribadahnya bersih, awet dan memiliki tampilan yang mempesona. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memilih kerajinan tembaga Tumang yang dihias dengan ornamen tembaga kuningan sedemikian rupa.
     
Loading...

Share This Page