Apa Istimewanya Ayam Goreng Kalasan?

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Nov 29, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Siapa yang tidak mengakui kelezatan ayam goreng kalasan? Makanan yang berasal dari Yogyakarta ini memang dikenal memiliki cita rasa yang nikmat dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Namun, pernahkah kalian berpikir apa yang membuat ayam goreng tersebut begitu istimewa dan berbeda dari ayam goreng lain?

    Kremesan yang menjadi ciri khas

    [​IMG]

    Jika bertanya soal keistimewaan ayam goreng khas Yogyakarta tersebut pasti banyak yang menyebutkan soal kremesan. Berbeda dengan ayam goreng lainnya, ayam goreng ini dilengkapi dengan kremesan nikmat yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Kremesan ini memang dibuat khusus menggunakan tepung kanji dan kaldu ayam sehingga hasilnya bisa sangat renyah dan tahan lebih lama.

    Selain karena kremesan, keistimewaan masakan ayam ini tidak lepas dari penggunaan bahan-bahan lokal khas Indonesia yang membuat rasanya mudah diterima masyarakat. Ayam goreng ini dikenal karena menggunakan daging ayam kampung yang masih muda sehingga memiliki tekstur yang empuk

    Selain kremesan dan penggunaan daging ayam kampung muda, ayam goreng ini juga semakin nikmat dengan tambahan lalapan segar dan sambal yang pedas. Perpaduan tersebut tentu saja menghasilkan cita rasa yang sangat gurih dan kaya rempah sehingga sangat disukai oleh orang Indonesia. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak rumah makan dan restoran yang menyajikan menu ayam goreng khas daerah Yogyakarta ini.

    Makanan favorit presiden

    Selin karena kelezatannya, menu ayam goreng ini juga terkenal karena disebut-sebut menjadi menu favorit presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno saat berkunjung ke Yogyakarta. Dulu sebelum terkenal dimana-mana, menu ayam Kalasan hanya bisa ditemui di sebuah warung makan bernama warung makan Mbok Mberek.

    [​IMG]

    Warung makan tersebut merupakan cikal bakal ayam Kalasan yang banyak dikenal masyarakat saat ini. warung makan tersebut pada saat itu sangat terkenal karena menjadi tempat satu-satunya yang menyediakan menu ayam Kalasan yang lezat. Oleh sebab itu, tidak heran jika presiden Soekarno sering mengunjunginya sekitar tahun 1950 an.

    Meskipun akhirnya rumah makan tersebut mengalami kebangkrutan sekitar tahun 1960 an tapi cerita tentang ayam Kalasan dan presiden Soekarno tetap selalu diigat oleh masyarakat di sekitarnya. Bahkan, setelah rumah makan Mbok Mberek tutup nama ayam Kalasan semakin dikenal secara luas dan mulai hadir di berbagai kota di seluruh Indonesia.

    Harga yang terjangkau

    Meskipun ayam Kalasan termasuk menu favorit masyarakat tapi harga makanan ini rata-rata cukup terjangkau sehingga bisa dikonsumsi semua kalangan. Bahkan, di daerah asalnya yaitu di Yogyakarta menu ayam goreng ini kerap menjadi favorit pelajar dan mahasiswa yang banyak bermukim di kota tersebut.

    Hal inilah yang menjadi keistimewaan ayam Kalasan selain cita rasa yang enak dan mudah ditemukan, makanan ini bisa dimakan bersama-sama dengan teman sehingga semakin mengakrabkan hubungan pertemanan.

    Oleh sebab itu, untuk menikmati menu ayam kalasan memang tidak cukup sekali. Ukuran ayam Kalasan yang bisa dikatakan cukup kecil membuat para penikmatnya sering merasa kurang. Namun, bagi kalian yang memang tidak bisa makan dengan porsi besar kalian bisa mengonsumsi menu ayam Kalasan dengan nasi secukupnya.

    Berikut merupakan beberapa keistimewaan ayam Kalasan yang bisa dihimpun. Meskipun ayam goreng kalasan memiliki cita rasa yang enak tapi cara membuat makanan ini bisa dikatakan cukup mudah. Resep masakan ayam Kalasan juga bisa kalian temukan dengan mudah di internet. Jadi, jika kalian rindu menu makanan ini maka kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.
     
  2. SUBMITClimb

    SUBMITClimb Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    34
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  3. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    pokoe kalo aku sing kriuk kering iku enak banget...
     
  4. Ardita

    Ardita New Member

    Joined:
    Jul 21, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ayam dibikin apa aja kok enak ya...
     
Loading...

Share This Page