Apa Itu Alfa Laktalbumin ?

Discussion in 'Health & Medical' started by MariBicara, Nov 29, 2017.

Tags:
  1. MariBicara

    MariBicara Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    51
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Kalau kita membicarakan tentang kandungan gizi di dalam susu, kalsium adalah yang paling sering dibicarakan.

    Memang tidak salah, kalsium adalah bagian dari zat gizi yang terdapat di dalam susu. Nah, lantas bukan berarti hanya kalsium saja yang terdapat di dalam susu. Protein di dalam susu pun tidak kalah besarnya.

    Protein di dalam susu sendiri terbagi jadi dua bagian.

    [​IMG]

    Pertama adalah kasein atau bentuk padat yang kurang lebih adalah 80 persen dan yang kedua adalah whey protein alias berbentuk cair yang sebanyak kurang lebih 20 persen.

    Susu murni sendiri punya kandungan protein whey yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu bubuk. Nah, kali ini yang menjadi pembahasan adalah protein whey. Salah satu yang termasuk ke dalam protein whey adalah alfa laktalbumin.

    Apa itu alfa laktalbumin ?

    Alfa laktalbumin adalah bagian dari protein whey di dalam susu yang ternyata memegang peranan penting dalam memberikan manfaat untuk kesehatan.

    Alfa laktalbumin tersusun atas asam amino dan yang tersebar berupa sistein serta triptofan. Sistein sendiri punya fungsi dalam respons imunitas tubuh. Sementara triptofan sendiri adalah komponen yang berperan dalam sistem saraf.

    Senyawa Alfa laktalbumin bisa menaikkan rasio triptofan pada asam amino netral yang lain, jadi bisa untuk menaikkan aktivitas serotnin di dalam otak, menurunkan kolesterol kotisol, hingga menjaga sistem ketahanan tubuh pada stres.

    Fungsi biologis dari Alfa laktalbumin adalah memegang peranan dalam metabolisme karbohidrat. Alfa laktalbumin diibaratkan jadi penunjuk jalan untuk galaktosa menuju ke tempat glukosa dan dengan begitu, sintesisi laktosa bisa terjadi.

    Nah, secara sederhana dan singkatnya kita sudah lebih paham tentu bahwa memang Alfa laktalbumin adalah bagian yang juga penting di dalam susu yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

    Alfa laktalbumin sendiri selain ada di dalam susu murni ataupun susu bubuk, secara alami juga ternyata ASI memiliki kandungan alfa laktalbumin.

    Oleh sebab itulah susu adalah bagian dari konsumsi penting untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Setelah 1 tahun, ibu bisa memberikan si kecil susu pertumbuhan dan Wyeth Nutritition S-26 Procal Gold bisa jadi pilihan susu pertumbuhan berkualita untuk si kecil.

    S-26 Procal Gold pun sudah dilengkapi dengan kandungan Alfa laktalbumin di dalamnya.
     
    Last edited: Dec 4, 2017
  2. edi sugianto

    edi sugianto Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    99
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Apa sgm juga ada kandungan alfa laktabumin ngak
     
  3. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    aku punya maag, kartanya penderita maag itu gaboleh minum susu krn bisa mnengiiritasi lambung, bnr tu gan? bukannya susu itu bergizi ya
     
  4. hendipermana

    hendipermana Member

    Joined:
    Apr 4, 2017
    Messages:
    45
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8

Share This Page