Apa Itu Cat Waterproof? Kenali Jenis Dan Manfaatnya!

Discussion in 'General Lifestyle' started by adira fairuz, Aug 8, 2023.

  1. adira fairuz

    adira fairuz New Member

    Joined:
    Oct 6, 2020
    Messages:
    73
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]
    Source : Pexels

    Sejak zaman dahulu penggunaan cat untuk keperluan interior atau eksterior telah menaikkan sentuhan estetika. Cat sendiri ada banyak jenis dan kegunaannya, contohnya cat waterproof. Lalu, apa itu cat waterproof?

    Jenis cat satu ini terbilang cukup populer dan belakangan ini makin sering jadi andalannya. Supaya tak penasaran, simak informasinya berikut ini!

    Mengenal Cat Waterproof

    Diserap dari bahasa Inggris yaitu tahan air, cat satu ini memang tahan terhadap air dan lebih mudah perawatannya.

    Pewarna tersebut didesain untuk mencegah masuknya air ke dalam pori-pori tembok, lantai, atau permukaan benda lain yang telah dicat. Pengaplikasian cat ini juga dapat digunakan untuk kamar mandi, dapur, basement, dan area lain yang lembap.

    Keunggulan dari Cat Waterproof

    Kemajuan jenis pewarna dan pelapis ini telah menjadi solusi bagi area yang rentan terhadap kelembapan berlebih. Pasalnya, lembap juga dapat membuat suatu permukaan mudah rapuh, mengelupas.

    Berikut beberapa keunggulan dari cat waterproof, seperti:

    1. Cegah kerusakan

    Cat waterproof menciptakan batas antara permukaan dan air, mencegah kelembapan masuk dan merusak tembok, lantai, dan lainnya.

    2. Meningkatkan kualitas udara

    Kelembapan dapat mengundang jamur dan lumut yang melepaskan spora pada udara, hal satu ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan pernapasan.

    Dengan mengaplikasikan cat anti-air, anda dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

    3. Mengurangi jamur dan lumut

    Karena kelembapan merupakan sumber utama jamur dan lumut, sehingga mengaplikasikan cat waterproof ini mampu menghentikan terbentuknya aneka mikroorganisme berbahaya.

    4. Tahan lama

    Cat tahan air juga mampu memperpanjang usia permukaan tembok, lantai dengan melindunginya dari air, robekan, serta keausan.

    5. Mudah dibersihkan

    Permukaan interior dengan cat tersebut juga lebih mudah saat dibersihkan. Anda hanya perlu mengusapnya dengan campuran air dan sabun saja.

    6. Ramah di kantong

    Keunggulan lain yang jadi alasan mengapa cat ini semakin populer adalah, harganya yang terjangkau dengan pilihan warnanya menarik.

    Jenis-jenis Cat Waterproof

    Sudah tahu apa itu cat waterproof? Kini, anda juga perlu mengetahui jenis-jenisnya berikut ini :

    - Masonry

    Didesain khusus untuk permukaan keras seperti bata dan semen, masonry terbuat dari material keramik, latex yang mampu mencegah air meresap dan jamur.

    - Acrolein elasticized

    Digunakan pada permukaan semen, acrolein merupakan jenis cat yang mengandung bahan toksik bahkan dapat merusak kulit, iritasi paru dan tenggorokan.

    Karena komposisinya yang keras, produksinya pun dicampur dengan cat akrilik.

    - Epoxy

    Selanjutnya cat epoxy sering diaplikasikan pada area lantai basement atau garasi karena kemampuan anti-air dan tahan lamanya. Epoxy terbuat dari resin plastik sehingga menghasilkan permukaan cenderung keras.
     
  2. lolPhotobooth

    lolPhotobooth New Member

    Joined:
    Nov 27, 2019
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    keunggulan waterproofing dengan teknologi nano, anti bocor terbaik untuk solusi kebocoran bangunan.
     
Loading...

Share This Page