Apa itu Herd Immunity?

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, May 22, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Belakangan ini konsep herd immunity sedang ramai diperbincangkan. Herd immunity disebut sebagai salah satu cara yang dapat membantu melawan virus corona (COVID-19).

    herd immunity merupakan kondisi sebagian kelompok manusia yang telah memiliki kekebalan tertentu terhadap sebuah sebuah penyakit. Sehingga diyakini jika dalam sebuah negara herd immunity sudah terbentuk, maka akan sembuh dengan sendirinya. Namun sayangnya, menurut para ahli, konsep ini sangat berbahaya. Bahkan World Health Organization (WHO) mengatakan, tidak ada yang aman sampai semua orang selamat dari virus ini. Akan berbahaya jika sebuah negara mencapai herd immunity.

    [​IMG]

    Menurut Sugiyono peneliti mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), herd immunity adalah solusi terakhir. Ini adalah skenario terburuk dalam menangani Corona.

    "Herd immunity adalah skenario terburuk sebetulnya, jangan sampai kita terinfeksi semua karena biaya perawatan bisa menjadi lebih mahal," kata Sugiyono dikutip dari Antara News.

    Herd immunity membutuhkan jumlah orang yang terinfeksi dan sembuh dalam jumlah besar. Untuk kasus Corona yang belum ditemukan vaksinnya, ini akan menimbulkan risiko besar
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,182
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Wah berbahaya sekali, bisa banyak orang meninggal dan tidak terurus
     

Share This Page