Apa itu Internet of Things (IoT)

Discussion in 'General Discussion' started by Syamsoul, Jun 19, 2020.

  1. Syamsoul

    Syamsoul New Member

    Joined:
    Nov 14, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Mengenal IoT



    Monstermac.id Mengenal IoT. Sudah saat nya kalian tahu tentang IoT seperti apa? kenapa IoT ini berpengaruh di kehidupan sehari-hari kita. Bukan hanya di film-film menggunakan teknologi yang benar-benar keren tetapi secara nyata bisa di aplikasikan di dunia nyata ini.

    Internet dalam penggunaan sistem IoT nya sangat mempengaruhi. Jaringan Wi-Fi menjalankan semua kegiatan kita. Menjalankan mesin air, menemukan barang yang hilang pembayaran dll. Itu semua terhubung dengan smartphone anda. Segala sesuatu yang hanya dibayangkan kini dengan Internet Of Things (IoT), Semua itu bisa menjadi kenyataan. Begitulah konsep dari Internet Of Things (IoT).

    Sejarah
    Kevin Ashton pada tahun 1999 mengeluarkan konsep di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lagi lainnya.

    Pernah denger “The Next Big Thing” tentang teknologi informasi IoT diprediksi seperti itu saking banyaknya perusahaan yang menggunakannya. Internet of Things di kembankan perusahaan untuk mengembangkan program tersebut. Salah satu yang menyediakan program ini adalah Intel dengan IoT Developer Program mereka.

    Jika kita melihat dari artinya Internet of Things adalah Internet dari peralatan-peralatan/ perangkat-perangkat. Jika di artikan dengan mudah adalah bagaimana koneksi internet dari peralatan-peralatan yang biasa digunakan.

    Definisi Internet Of Things (IoT)
    Berikut ini merupakan penjelasan dari definisi Internet Of Things (IoT) dari beberapa sumber yang dirangkum:

    • Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation)
      Menurut Caragas, IoT adalah sebuah infrastruktur jaringan global, yang dapat menghubungkan perangkat keras dan virtual melalui eksploitasi data capture serta kemampuan komunikasi. Dalam Infrastruktur terdiri dari jaringan yang sudah ada dan internet serta pengembangan jaringannya.Sehingga, IoT ini menawarkan objek, sensor dan kemampuan koneksi agar dapat menyediakan layanan dan aplikasi kooperatif yang independen.
    • SAP (Systeme, Anwendungen and Produkte)
      Menurut SAP, bahwa dunia Internet Of Things (IoT) merupakan sebuah benda-benda perangkat keras yang diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, serta di mana benda-benda fisik tersebut dapat berperan aktif dalam proses bisnis.
    • ETP EPOSS
      Menurut ETT EPOSS, Bahwa IoT merupakan jaringan yang dibentuk oleh benda yang memiliki identitas, Pada dunia maya dengan cara beroperasi di ruang itu dengan menggunakan kecerdasan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna, konteks sosial dan lingkungan. Internet Of Things merupakan sebuah konsep yang memiliki fungsi untuk memperluas konektivitas pada Internet yang tersambung secara terus – menerus. Internet of Things atau biasa disebut dengan IoT sudah berkembang pesat diseluruh dunia.
    Unsur-Unsur yang harus ada di Internet Of Things
    Anda perlu mengetahui beberapa unsur yang masuk sebagai bahan dasar dari pembuatan Internet Of Things (IOT), perangkat-perangkat ini sangat mempengaruhi bagaimana Internet Of Things (IOT) bisa berjalan. Berikut ini unsur-unsur yang diperlukan dalam membentuk Internet Of Things (IOT)

    • Sensor – Sensor merupakan perangkat yang sangat canggih dimana alat ini bisa menangkap atau mendapatkan informasi terkait dari hal-hal tertentu seperti sensor gerak, suhu, udara, panas, dan lainnya.
    • Konektivitas – Konektivitas disini berfungsi sebagai penghubung dan pertukaran informasi yang terjadi pada Internet Of Things (IOT). Konektivitas ini biasanya yang dibutuhkan harus stabil namun tidak perlu dalam bentuk yang besar juga.
    • Perangkat yang Berukuran Kecil – Perangkat kecil ini dapat mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT. Dan teknologi memang seperti itu makin kecil makin murah dan lebih kuat.
    MonsterMac saat ini telah mendalami IoT. Dari produk MonsterMac salah satunya berhubungan dengan pertanian. Ada beberapa kategori yang buat oleh MonsterMac ini

    Security:

    • Smart IoT ATM Protection (SIAP)
    • Smart IoT Panic Button System (SIPANICS)
    Farming, Medical, & Tracking:

    • Smart Tani
    • Smart Infusion Medical System (SIMEDICS)
    • Smart IoT Parking System (SIPARKING)
    Artificial Inteligence:

    • Autonomous IoT Robotics
    • Inteligence Computer Vision
    Semoga dengan informasi ini anda dapat Mengenal IoT lebih dalam.
     
    Last edited by a moderator: Jun 19, 2020
  2. Surya Christian Irawan

    Surya Christian Irawan Member

    Joined:
    Jul 5, 2018
    Messages:
    45
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Terima kasih informasi nya, sangat bermanfaat.
     
  3. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    yup betul. selain itu IoT adalah salah satu istilah yang menarik bagi kebanyakan orang. Sekitar 87% orang belum pernah mendengar istilah 'Internet of Things' sebelumnya. Sebagian besar dari kita yang tahu sedikit tentang IoT, berpikir itu adalah masa depan. Tapi yang tidak kita ketahui tentang IoT adalah bahwa kita dikelilingi oleh perangkat IoT selama beberapa dekade dan merupakan pengguna aktifnya.

    Karena IOT, sekarang semakin banyak perangkat elektronik yang terhubung ke internet dan saling berbicara di belakang kita.

    Berikut adalah 9 fakta menarik tentang IoT yang membuktikan IoT menjadi hal besar berikutnya:

    1. IOT ada di sekitar kita selama beberapa dekade

    Pernahkah Anda mendengar tentang drone yang dikendalikan jarak jauh yang digunakan semua orang akhir-akhir ini?

    Ya, drone adalah contoh yang bagus untuk perangkat yang diaktifkan IoT. Tapi izinkan saya memberi tahu Anda, drone bukan di antara perangkat IOT pertama yang kita lihat sekarang.

    Salah satu contoh klasik paling awal dari perangkat yang diaktifkan IoT adalah dari awal tahun 1970-an ketika ATM pertama kami (Anjungan Tunai Mandiri Otomatis) online.

    Dan sudah puluhan tahun sejak kami menggunakan ATM yang terhubung ini.

    2. Bisnis besar sudah ada di sana

    Kembali pada tahun 2008, sudah ada lebih banyak objek yang terhubung ke Internet daripada jumlah orang di Bumi.

    Morgan Stanley melalui BI Intelligence memperkirakan bahwa kita akan dikelilingi oleh lebih dari 75 miliar perangkat IoT pada tahun 2020 yang secara kasar berarti 7 perangkat per orang hidup pada saat itu.

    3. Investasi $ 60 triliun

    GE (General Electric) menggunakan konsep IoT sejak bertahun-tahun dalam membangun teknologi mesin jetnya.

    GE mengklaim bahwa investasi dalam perangkat industri IoT (IIoT) akan mencapai $ 60 triliun selama 15 tahun ke depan.

    Dan sesuai IDC, pengeluaran seluruh dunia untuk IoT akan melampaui batas $ 1,7 triliun pada tahun 2020 yang sebesar $ 800 miliar tahun ini.

    4. Bisnis besar sudah di depan kurva

    Tahun lalu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forrester, ditemukan bahwa 23% dari bisnis perusahaan global besar memilih lebih banyak solusi IoT, dibandingkan dengan hanya 14% dari bisnis kecil dan menengah.

    5. Sisi gelap IoT

    Dengan meningkatnya perangkat IoT, pelanggaran keamanan menjadi hal yang memprihatinkan juga. Hampir setengah dari bisnis AS melaporkan bahwa data IoT mereka dikompromikan. Kelompok konsultan strategi Altman Vilandrie & Company mensurvei sekitar 400 pengambil keputusan TI di 19 industri. Dan ditemukan bahwa sekitar setengah dari perusahaan tersebut mengalami pelanggaran data terkait IoT.

    6. Pasar barang yang dapat dikenakan tumbuh dengan nilai $ 25 miliar pada tahun 2019

    Sesuai CSS Insight, pasar yang dapat dikenakan dapat tumbuh hingga $ 25 miliar pada tahun 2019. Perangkat yang dapat dikenakan ini seperti pelacak kebugaran, jam tangan pintar menghubungkan lebih banyak pelanggan reguler ke IoT. Era pakaian yang terhubung internet akan datang, perkiraan memperkirakan bahwa kita akan melihat pengiriman dalam 10,2 juta unit pada tahun 2020, yang hanya 140 ribu unit pada tahun 2013.

    7. Pasar rumah pintar $ 53 miliar

    Rumah pintar bukan hal masa depan lagi. Orang-orang sudah mulai mengadopsi peralatan rumah pintar seperti termostat Nest, Philips Hue, dan perangkat otomatisasi rumah lainnya. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama Zion, pasar otomatisasi rumah pintar dapat tumbuh hingga jumlah yang mengejutkan $ 53 miliar pada tahun 2022.

    8. ROI positif yang menjanjikan

    Sekitar 94% bisnis yang mengadopsi IOT dalam beberapa cara telah melihat pengembalian investasi mereka.

    9. Berkendara cerdas dan otomatis akan datang

    Kami akan mengalami internet mobil pintar yang terhubung dan mengemudi otomatis. Gartner mengatakan, pada tahun 2020, seperempat miliar kendaraan akan terhubung ke internet untuk meningkatkan layanan dalam kendaraan dan mengemudi otomatis.

    Ngomong-ngomong, Google telah membangun dan terus menguji mengemudi mandiri 10.000 mil per minggu.

    Kita dapat menyimpulkan bahwa "Internet of Things" jauh lebih besar daripada yang disadari siapa pun.
     
Loading...

Share This Page