Apa Itu Repotologi Dalam Modeling?

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by Goenawan2211, Apr 16, 2020.

  1. Goenawan2211

    Goenawan2211 Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Repotologi adalah proses pengambilan model dengan topologi yang buruk dan membuat salinan dari model itu tetapi dengan topologi yang baik. Pada dasarnya, proses memperbaiki model dengan topologi yang buruk.

    Repotologi biasanya digunakan ketika kamu membuat model 3D dengan cara scuplting, sehingga poly yang dihasilkan menjadi berantakan dan kamu harus memperbaikinya supaya proses berikutnya akan menjadi lancar

    TOPOLOGI YANG BAIK MEMILIKI BANYAK MANFAAT :

    Mudah

    Kamu dapat dengan mudah melakukan modifikasi pada model yang memiliki topologi yang bagus dibandingkan dengan model dengan topologi yang buruk dan berantakan. Ketika topologi kamu berantakan, akan susah untuk melakukan proses unwarp dan akan menyulitkan dirimu sendiri.

    Lancar

    Animator di tim produksi kamu akan sangat berterima kasih jika kamu menggunakan topologi yang baik ke dalam alur kerja pemodelan 3D kamu. Ketika vertex diatur dengan cara yang baik dengan bagaimana model mu ditekuk, animasi menjadi lebih mudah dan terlihat halus.

    Rapi

    Model 3D dengan topologi yang baik terlihat bagus jika kamu melihat wireframe dari model yang sama. Ini memiliki tampilan terorganisir yang bagus. Jika kamu bekerja dalam lingkungan tim, pasti lebih mudah bagi pemodel 3D lainnya untuk menggunakan model kamu saat kamu memiliki topologi yang bagus dan bersih.

    Memori

    Topologi buruk dengan ratusan vertex/edges/faces akan memonopoli ruang memori. Ga mungkin kan kamu memiliki ratusan vertex hanya untuk memodelkan sebuah kubus. Topologi yang baik memastikan bahwa kamu menggunakan vertex lebih sedikit, sehingga komputer kamu menjadi lebih ringan saat pengerjaan.
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    181
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    haduh kurang paham gan penjelasan mengenai topologi,, apalagi mengenai poly wkwkw, btw apa ada penjelasan lengkapnya lagi ?
     
  3. Goenawan2211

    Goenawan2211 Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    nanti saya coba buat bang hehehehe
     
  4. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    181
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    siap
    siap bang hehehe, btw latar belakangnya pernah jadi desain grafis ya ?
     
Loading...

Share This Page